Comscore Tracker

Ini Arti dari No Counter yang Sering Dipakai Gamers, Simak yuk!

Kamu yang gamer pasti udah tahu dong

Dewasa ini, makin banyak bermunculan istilah unik di media sosial. Istilah-istilah tersebut kemudian viral dan akhirnya banyak digunakan oleh orang-orang. Salah satu yang banyak diucapkan adalah no counter. Kira-kira, apa pengertian dari frasa tersebut?

Buat kamu yang bertanya-tanya no counter artinya apa, langsung temukan jawabannya di bagian berikut, kuy! FYI, no counter banyak digunakan para gamers, lho!

1. Ini, nih, arti no counter!

Ini Arti dari No Counter yang Sering Dipakai Gamers, Simak yuk!ilustrasi bermain game online (unsplash.com/Erik Mclean)

Seperti yang telah disinggung di bagian sebelumnya, no counter merupakan salah satu istilah yang populer di kalangan para gamers, terutama PUBG, Mobile Legends, hingga Free Fire. Terma tersebut kerap diucapkan untuk menyebutkan orang tertentu. Apa itu?

Berdasarkan berbagai sumber, no counter adalah sebutan untuk mereka yang menggunakan karakter kuat (OP [overpowered]) atau memiliki skill bermain yang mumpuni sampai-sampai gak ada yang bisa menaklukkannya. Dalam bahasa yang lebih sederhana, no counter artinya "gak ada lawan" atau "gak tertandingi".

Baca Juga: Bestie Artinya Apa? Ketahui Pengertiannya supaya Tahu Penggunaannya

2. Kalau counter artinya apa?

Ini Arti dari No Counter yang Sering Dipakai Gamers, Simak yuk!ilustrasi bermain game online (unsplash.com/Sean Do)

Terus, kalau counter artinya apa, dong? Nah, kata counter juga gak kalah populer dalam dunia game online.

Kalau kita lihat dari Cambridge Dictionary, counter artinya 'memberikan reaksi terhadap sesuatu dengan aksi atau opini yang berlawanan dengannya' atau 'untuk melindungi diri sendiri dari sesuatu'. Singkatnya, arti counter adalah melawan atau menentang.

Dalam dunia game, istilah yang satu ini sering bergandeng dengan kata attack sehingga jadi counter attack. Artinya adalah serangan yang berlawanan alias serangan balik. Hal ini juga seperti yang didefinisikan Urban Dictionary: Counter artinya sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang diserang (balik) dalam permainan atau perkelahian.

Counter yang mulanya dari game online, bertransformasi menjadi bahasa gaul di media sosial. Pengertian counter juga masih sama, yakni untuk menjelaskan sebuah situasi di mana kamu mendapatkan serangan balik. 

Adapun contoh penggunaan kata counter sebagai bahasa gaul dalam media sosial, adalah seperti

  • "Haha, kena counter dia."
  • "Terkonter dia."
  • "TERCOUNTER."

3. Istilah-istilah lain dalam game online yang perlu kamu ketahui

Ini Arti dari No Counter yang Sering Dipakai Gamers, Simak yuk!ilustrasi bermain game online (unsplash.com/Erik Mclean)

Gak cuma no counter dan counter saja yang populer di kalangan gamers. Berikut adalah istilah-istilah lain yang sering dipakai dalam game online:

  • HP: Kepanjangannya adalah health points atau hit points yang merujuk pada kondisi nyawa karakter dalam permainan.
  • Ult: Jurus pamungkas yang baru bisa diaktifkan setelah mengumpulkan energi tertentu.
  • Spam: Ketika kamu menggunakan jurus yang itu-itu saja sampai musuh malas berhadapan denganmu.2
  • AFK: Singkatan dari Away From Keyboard. Artinya, kamu untuk sementara waktu sedang tidak di depan keyboard untuk merespon orang lain.
  • Buff: Merupakan perubahan dalam sebuah game untuk menambahkan atau meningkatkan kekuatan fungsi tertentu (misalnya karakter atau item) guna menyeimbangkan game.
  • Nerf: Kebalikan dari buff, merupakan penurunan kekuatan maupun fungsi dari suatu karakter ataupun item lain supaya game tetap seimbang.
  • Grinding: Merujuk pada pemain yang lebih memilih menyelesaikan misi sampingan (side quest) daripada misi utama (main quest).
  • Leveling: Merupakan istilah ketika sedang berusaha menaikkan karaktermu ke level tertentu.
  • Push: Merujuk pada hal-hal yang mendorong menuju objektif tertentu dalam game.
  • GG: Kepanjangannya adalah Good Game yang secara harfiah berarti 'permainan yang bagus'. Istilah ini biasanya diucapkan untuk memuji seseorang atau tim atas permainannya yang bagus dan suportif.
  • Lag: Berasal dari bahasa Inggris lagging yang terjemahannya adalah 'tertinggal'. Kata ini digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana kamu mengalami kendala saat bermain—biasanya karena koneksi internet yang buruk—sehingga tidak bisa bermain secara optimal. Namun, istilah ini malah sering dikambinghitamkan apabila mengalami kekalahan.

Berdasarkan penjelasan di atas, no counter artinya seseorang yang menggunakan karakter kuat atau memiliki skill bermain game yang sangat baik sehingga tak mampu ditaklukkan. Apakah kamu termasuk orang yang sering memakai bahasa gaul ini?

Baca Juga: Sering Muncul di TikTok, Ini lho Arti dan Kepanjangan dari FYP

Topic:

  • Bella Manoban
  • Febriyanti Revitasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya