Comscore Tracker

Pengertian Kerajinan, Lengkap dengan Jenis dan Contoh-contohnya

Bahan utamanya gampang banget ditemukan

Tangan manusia bisa menyulap suatu benda menjadi barang yang bermanfaat dalam kehidupan daripada sebelumnya. Benda itulah yang dinamakan dengan kerajinan tangan.

Sebuah kerajinan pun bisa bernilai jutaan hingga puluhan rupiah, lho! Tentu saja hal itu dibarengi dengan hasil karya yang unik dan tingkat kerumitan yang tinggi.

Lantas, bagaimana pengertian kerajinan dan jenis-jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuatnya? Yuk, simak!

1. Apa itu kerajinan?

Pengertian Kerajinan, Lengkap dengan Jenis dan Contoh-contohnyailustrasi kerajinan tangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kerajinan adalah benda yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. Biasanya, hasil karya dari kerajinan ini punya nilai keindahan tersendiri sebagai hiasan rumah atau barang yang dipakai sehari-hari.

Bukan hanya itu, kerajinan menjadi bagian dari seni rupa terapan. Proses produksinya melibatkan sebuah tangan yang terampil dalam pembuatan benda-benda bermanfaat dalam keseharian.

2. Tujuan dari kerajinan

Pengertian Kerajinan, Lengkap dengan Jenis dan Contoh-contohnyaIlustrasi kerajinan tangan untuk meningkatkan sistem motorik (Unsplash/ Photo by Annie Spratt)

Selain bertujuan sebagai nilai guna dan keindahan, ada beberapa tujuan lainnya dari kerajinan:

1. Sebagai penghias. Kerajinan yang dibuat hanya sebagai hiasan pada benda atau pajangan tidak memiliki makna tertentu.

2. Sebagai benda pakai. Kerajinan yang dibuat berdasarkan tujuan agar bisa digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari.

3. Sebagai kebutuhan ritual. Kerajinan ini mengandung tanda atau simbol tertentu dan berfungsi sebagai benda magis yang berkaitan dengan kepercayaan.

4. Sebagai kebutuhan simbolik. Kerajinan ini biasanya berfungsi sebagai melambangkan hal tertentu yang berkaitan dengan spiritual.

5. Sebagai kebutuhan konstruktif. Kerajinan dibuat yang memiliki fungsi sebagai pendukung sebuah bangunan.

Baca Juga: Kerajinan Dompet Manik-Manik Dayak Tembus Paris Fashion Week Prancis

3. Kerajinan dari bahan lunak dan contohnya

Pengertian Kerajinan, Lengkap dengan Jenis dan Contoh-contohnyailustrasi kerajinan tanah liat (pexels.com/Anthony Shkraba)

Berdasarkan bahan lunak yang digunakan, kerajinan dari bahan ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bahan lunak alam dan buatan.

1. Bahan lunak alam

Bahan lunak alam adalah bahan kerajinan yang diperoleh dari alam dan diolah secara alami, tidak dicampur dengan bahan buatan lainnya. Contoh bahan lunak alam ini adalah tanah liat, kulit, getah nyatu, bubur tisu, dan flour clay.

2. Bahan lunak buatan

Bahan lunak buatan merupakan bahan yang diolah manusia dengan bahan kimia untuk mendapatkan hasil yang serupa dengan bahan alam. Contoh bahan lunak buatan di antaranya adalah lilin, sabun, fiberglass, dan sebagainya.

3. Contoh kerajinan dari bahan lunak

Kerajinan dari bahan lunak bisa menghasilkan berbagai karya. Misalnya, tanah liat yang dijadikan keramik, vas bunga, atau perlengkapan makan dan minum. Lalu, kerajinan dari sabun bisa diukir, lalu diberi pewarna dan motif tertentu, atau dicampur sedikit sagu dan air agar bisa dibentuk sesuai keinginan.

4. Kerajinan dari bahan keras dan contoh-contohnya

Pengertian Kerajinan, Lengkap dengan Jenis dan Contoh-contohnyaIlustrasi tukang kayu (pexels.com/Thijs van der Weide)

Kerajinan ada juga yang terbuat dari bahan keras dan juga dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Bahan keras alami

Kerajinan dari bahan ini tentunya menggunakan bahan baku alami yang bersifat keras dan telah mengalami proses pengolahan, tapi tidak mengubah wujud bendanya. Contoh bahan keras alami ini adalah kayu, rotan, bambu, kerang, dan sebagainya.

2. Bahan keras buatan

Kerajinan ini dibuat dari bahan yang telah melalui proses pengolahan berkali-kali hingga menjadi keras dan berubah bentuk untuk dijadikan bahan baku kerajinan. Contohnya adalah besi, logam, kaca, semen, kaleng, timah, dan sebagainya.

3. Contoh hasil kerajinan dari bahan keras

Hasil kerajinan dari bahan keras bisa menghasilkan banyak bentuk, seperti kayu untuk pajangan kayu, mainan, mebel, dan sebagainya. Kemudian, batu bisa berubah menjadi patung hiasan. Logam bisa menjadi perhiasan, wadah logam, atau medali. Perak bisa dijadikan miniatur, gantungan kunci, dan perhiasan.

5. Kerajinan bahan dasar limbah lunak organik

Pengertian Kerajinan, Lengkap dengan Jenis dan Contoh-contohnyailustrasi boneka dari kain perca (Pixabay.com/Alexa_Fotos)

Ternyata, limbah juga bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat, lho! Namun, hanya limbah lunak atau mudah dibentuk yang bisa digunakan. Ada pun dua jenis bahan limbah lunak untuk membuat kerajinan:

1. Limbah lunak organik

Umumnya, bahan ini berasal dari tumbuh-tumbuhan. Semua bagian tumbuhan yang bisa diolah menjadi produk kerajinan, bisa termasuk sebagai limbah organik. Namun, semua harus melalui proses pengolahan agar mendapat bahan baku yang sempurna. 

Contoh limbah jenis ini yang bisa dijadikan karya kerajinan adalah kulit jagung, kulit kacang, biji-bijian, jerami, kertas, dan pelepah pisang.

2. Limbah lunak anorganik

Jenis bahan limbah lunak anorganik ini umumnya berasal dari kegiatan industri, pertambangan, dan sampah rumah tangga. Contohnya adalah plastik kemasan, kotak kemasan, kain perca, karet sintetis, dan styrofoam.

3. Contoh hasil kerajinan dari bahan utama limbah lunak

Tak seperti kerajinan dari bahan lunak dan keras, kerajinan yang dihasilkan dari limbah lunak sangat beragam dan unik. Misalnya, limbah plastik bekas bisa berubah menjadi tas, wadah tisu, topi, payung, taplak, dan sebagainya.

Daun pelepah pisang bisa dijadikan tempat pensil dan wadan cangkir. Sedotan bekas bisa disulap menjadi bunga hiasan, hiasan gantung, atau boneka. Bukan hanya itu, kotak kemasan bekas dapat diubah jadi keranjang sampah, tas, hiasan dinding, hingga boneka.

Nah, itu dia pengertian kerajinan hingga contoh-contohnya. Dengan memanfaatkan sampah atau limbah yang masih terlihat bagus menjadi barang berguna, tentu akan mengurangi penumpukan sampah di bumi. Jadi, yuk, coba buat kerajinan sendiri!

Baca Juga: 5 Ide Peluang Bisnis Kerajinan Tangan Kreatif, Sulaplah Menjadi Cuan

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya