Comscore Tracker

Ini Rumus Perkalian Excel, Gak Perlu Manual Pakai Kalkulator!

Buktikan sendiri!

Microsoft Excel jadi software favorit bagi banyak orang. Aplikasi ini populer di kalangan siswa, mahasiswa, dan pegawai kantoran. Excel biasa digunakan untuk mengerjakan operasi dasar yang berkaitan dengan angka, data, grafik dan sebagainya.

Maka tak mengherankan apabila aplikasi ini memiliki banyak formula rumus yang dapat digunakan. Salah satunya adalah rumus perkalian Excel.

Rumus perkalian jadi formula paling dasar yang wajib untuk dipahami. Cara menerapkan rumus ini juga terbilang sederhana, cepat, dan mudah.

Rumus ini sangat membantu pengguna dalam mengolah data agar tidak perlu manual, sehingga dapat cepat diselesaikan. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk menggunakan rumus perkalian Excel. Simak materinya di bawah ini!

1. Rumus perkalian Excel sederhana

Ini Rumus Perkalian Excel, Gak Perlu Manual Pakai Kalkulator!Ilustrasi kerja (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Sesuai dengan namanya, rumus ini memang sangat sederhana dan mudah dipahami. Formula ini juga disebut sebagai rumus asterisk (*) karena dalam penerapannya, akan menggunakan simbol asterisk atau bintang (*).

Contohnya, jika akan mengalikan angka 5 dengan 4, maka rumusnya adalah =5*4. Rumus ini juga berlaku untuk mengalikan bilangan yang ada dalam cell. Misalnya, jika akan mengalikan angka dalam cell A1 dan A2, maka pada kolom hasil rumusnya yaitu =A1*A2.

Baca Juga: 5 Fungsi Dasar Excel, Penting untuk Pendidikan dan Karir

2. Fungsi PRODUCT dalam Excel

Ini Rumus Perkalian Excel, Gak Perlu Manual Pakai Kalkulator!Ilustrasi kerja (Pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Rumus ini cocok untuk mengalikan data dengan jumlah banyak secara otomatis. Menggunakan fungsi PRODUCT dapat mengerjakan perkalian data pada satu range sekaligus.

Contohnya, jika akan mengalikan angka pada cell B2 hingga B10, maka rumus Excel dapat ditulis sebagai berikut: =PRODUCT(C2:C10). Tanda titik dua (:) diartikan sebagai range atau rentang datanya, jadi bukan tanda bagi. 

3. Perkalian menggunakan nilai konstanta

Ini Rumus Perkalian Excel, Gak Perlu Manual Pakai Kalkulator!Ilustrasi kerja (Pexels.com/Jopwell)

Rumus ini sangat membantu jika akan mengalikan data dengan nilai konstanta. Nilai konstanta adalah nilai yang tidak berubah atau tetap. Penerapan formula ini hanya dengan menambah simbol $ pada rumus.

Sebagai contoh, ketika akan mengalikan angka pada kolom A2 dengan C4, maka rumusnya yaitu =A2*$C$4. Penggunaan simbol $ sebagai tanda bahwa angka pada cel C4 bersifat absolut atau tidak bisa diubah. Rumus ini dapat langsung diterapkan pada kolom lain dengan cara menyeret formula ke kolom selanjutnya.

4. Mengalikan dengan persentase

Ini Rumus Perkalian Excel, Gak Perlu Manual Pakai Kalkulator!ilustrasi seseorang mengoperasikan ms excel (freepik.com/rawpixels.com)

Menghitung persen tentunya sering dibutuhkan dalam proses pembuatan laporan. Excel memiliki cara cepat dalam mengalikan bilangan dengan persentase. Berikut ini caranya:

  • Langkah pertama, tuliskan terlebih dahulu persentase yang akan dikalikan, contohnya 30%
  • Kemudian, copy nilai persentase tersebut
  • lalu, drag kolom yang akan dikalikan menggunakan persentase
  • Klik kanan, kemudian pilih paste special
  • lalu, klik value dan multiply
  • Tekan OK

Demikian rumus perkalian Excel. Semoga dapat membantu dalam penulisan laporan maupun pendataan. Jangan lupa untuk dihafalkan, ya!

Baca Juga: Gak Nyangka, Lukisan Ini Dibuat Hanya Pakai Microsoft Excel

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya