Comscore Tracker

Takziyah Adalah Proses Melayat, Begini Hukumnya dalam Islam

Ada adab-adab bertakziyah yang harus diperhatikan

Saat mendapat berita duka, pasti kita segera melakukan takziyah, yaitu mengunjungi rumah orang yang sedang berduka. Bagi seorang muslim, kata tersebut pasti terdengar sangat tidak asing di telinga. Selain itu, takziyah juga dikenal sebagai proses melayat.

Lalu, apa arti takziyah yang sebenarnya dan bagaimana hukumnya dalam Islam? Yuk, cek jawabannya di bawah ini!

1. Apa itu takziyah?

Takziyah Adalah Proses Melayat, Begini Hukumnya dalam Islamilustrasi menenangkan teman yang sedang berduka (pexels.com/SHVETS Production)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, takziyah memiliki dua arti. Pertama, kunjungan untuk menyatakan turut berdukacita atau belasungkawa. Kedua, sesuatu yang menghibur hari orang yang mendapat musibah.

Jadi, seperti yang kita tahu sebelumnya, takziyah adalah berkunjung ke rumah orang yang tengah berduka. Pelayat yang datang memberikan kata-kata penenang bagi keluarga yang ditinggalkan dan juga doa bagi mereka yang meninggal.

Seperti dalam salah satu hadis yang mengisahkan seorang putri diminta tolong oleh seseorang untuk menemui Rasulullah untuk menyampaikan bahwa putranya telah meninggal dunia. Orang itu berharap beliau datang untuk melayat.

Akhirnya, Rasul pun mengirim seseorang untuk menyampaikan sebuah salam untuknya. Ia juga berpesan sesuatu:

"Sesungguhnya Allah berhak atas apa yang Dia ambil, baginya apa yang telah Dia berikan, dan segala sesuatu mempunyai ajal tertentu di sisi-Nya. Maka bersabarlah dan simpanlah (pahala kesabaranmu) di sisi Allah." (HR. Bukhari).

Maka dari itu, kegiatan takziyah adalah hal yang baik dan dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Pasalnya, secara tak langsung kita telah meringankan derita dan kesedihan keluarga orang yang ditinggalkan.

Baca Juga: 8 Ucapan Duka Cita Artis atas Tragedi Halloween Itaewon, Dunia Berduka

2. Hukum takziyah dalam Islam

Takziyah Adalah Proses Melayat, Begini Hukumnya dalam Islamilustrasi Alquran (Pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari)

Dalam Islam, hukum takziyah adalah sunah, baik itu bagi laki-laki, perempuan, anak kecil, maupun orang dewasa. Kegiatan baik ini bisa dilakukan setelah jenazah dimakamkan atau setelah tiga hari dimakamkan.

Landasan hukum itu berdasarkan ucapan Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dan Imam Al-Baihaqi. Rasul bersabda mengenai keutamaan seseorang yang melakukan takziyah bagi yang berduka, yaitu:

"Tidaklah seorang mukmin yang turut berbelasungkawa atas musibah saudaranya kecuali Allah SWT memakaikan padanya perhiasan kemuliaan di hari kiamat." (HR Ibnu Majah dan Baihaqi).

3. Tata cara bertakziyah

Takziyah Adalah Proses Melayat, Begini Hukumnya dalam Islamilustrasi menenangkan teman yang berduka (pexels.com/Alex Green)

Ternyata, dalam bertakziyah ada adab yang harus dipahami oleh setiap umat muslim. Imam Al Ghazali memberikan penjelasan tentang empat etika orang bertakziyah, yakni:

"Adab orang bertakziyah yakni menghindari sebanyak mungkin hal-hal yang tidak pantas atau tabu, memperlihatkan rasa duka, tidak banyak bicara, tidak mengumbar senyum karena berpotensi menimbulkan rasa tidak sedang berduka."

Selain itu, ada beberapa adab lain yang bisa diterapkan saat bertakziyah. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan.

  1. Menggunakan pakaian yang sopan, sederhana, dan dianjurkan berwarna gelap.
  2. Mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan doa kebaikan serta ampunan bagi orang yang meninggal.
  3. Hindari melakukan hal-hal berlebihan yang bisa merugikan keluarga yang berduka.
  4. Hindari pembicaraan yang membuat keluarga bersedih. Misalnya bergosip tentang hal buruk yang bisa menjadi fitnah.
  5. Tidak bercanda atau tertawa keras saat bertakziyah karena bisa memperlihatkan bahwa kita tak punya rasa berduka.
  6. Membawakan makanan atau minuman untuk keluarga yang ditinggalkan.
  7. Tidak membicarakan keburukan atau mengumbar aib orang yang telah meninggal.
  8. Ikut menyalati jenazah dan mengantarnya ke kuburan agar memperlancar proses kepulangannya ke Allah SWT.
  9. Memperlihatkan rasa duka yang mendalam.

Itu dia informasi terkait takziyah dan adab-adab yang harus dipahami sebagai umat muslim yang baik. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagimu, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Buruk Ini Gak Sadar Dilakukan saat Melayat, Ada yang Pernah?

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Febriyanti Revitasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya