Comscore Tracker

4 Tugas Malaikat Jibril yang Perlu Diketahui 

Macam-macam tugas malaikat Jibril selain menyampaikan wahyu

Mengingat kembali masa kecil, kita sering sekali diajarkan untuk menghafal nama-nama malaikat beserta tugasnya. Malaikat yang paling familiar dan mudah diingat adalah malaikat Jibril dengan tugasnya menyampaikan wahyu.

Padahal, tugas malaikat Jibril tidak hanya menyampaikan wahyu, lho! Yuk, simak tulisan berikut untuk mengetahui lebih lengkapnya!

1. Menjadi pemimpin para malaikat

4 Tugas Malaikat Jibril yang Perlu Diketahui ilustrasi mengajo (pexels.com/@abdghat)

Malaikat Jibril menjadi pemimpin para malaikat untuk turun ke bumi. Tepatnya, pada malam Lailatul Qadr di bulan Ramadan.

Pada malam tersebut, malaikat turun ke bumi. Mereka turun untuk memberikan keberkahan dan keselamatan.

2. Mendampingi manusia sakaratul maut

4 Tugas Malaikat Jibril yang Perlu Diketahui Ilustrasi orang sakit (Pexels.com/RODNAE Productions)

Allah memberikan tugas lain kepada Malaikat Jibril, yaitu mendampingi orang-orang yang sedang mengalami sakaratul maut dalam keadaan suci. Malaikat Jibril membawa rahmat dan kemudahan bagi orang yang sekarat dalam keadaan suci sebagai bentuk rasa menghormatinya.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Nawawi dalam kitab Nuruzh Zhalam, “Imam Jalaluddin Al-Suyuthi berkata bahwa Malaikat Jibril menghadiri kematian seseorang yang meninggal dalam keadaan punya wudu.”

Baca Juga: 5 Ciri Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Boleh Ada Patung?

3. Memenuhi dan menahan hajat doa

4 Tugas Malaikat Jibril yang Perlu Diketahui Ilustrasi ibadah di masjid (Pexels.com/Orest Sv)

Tugas malaikat Jibril lainnya, yaitu memenuhi dan menahan hajat orang yang berdoa. Hal ini sebagaimana diriwayatkan Imam Al-Baihaqi dari Tsabit, Rasulullah SAW bersabda:

“Telah sampai kepadaku bahwa Allah SWT mendelegasikan Malaikat Jibril dalam urusan memenuhi hajat hidup manusia. Apabila seorang mukmin berdoa, maka Allah pun berkata kepada Jibril; Wahai Jibril, tahan dulu untuk memenuhi hajatnya karena Aku sungguh sangat senang mendengar lantunan doanya. Apabila orang kafir berdoa, Allah pun berkata kepadanya; Wahai Jibril, penuhi apa yang menjadi hajatnya karena sesungguhnya Aku tidak suka mendengar lantunan doanya.”

4. Mengatur angin

4 Tugas Malaikat Jibril yang Perlu Diketahui Angin berembus di lereng Gunung Merapi terlihat dari kawasan Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Malaikat Jibril bertugas dalam mengatur atau mengurus angin. Semua hal yang berkaitan dengan angin, di bawah kendali malaikat Jibril.

Hal ini sebagaimana riwayat Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman, “Empat Malaikat yang mengurusi urusan dunia yaitu Jibril, Mikail, Malaikat Maut, dan Israfil. Jibril diserahi untuk mengatur angin dan para tentara (malaikat). Mikail diserahi untuk mengurus hujan dan tumbuh-tumbuhan. Malaikat maut diserahi untuk mencabut nyawa, sedangkan Israfil diserahi tugas menyampaikan perintah kepada mereka.”

Itulah tugas-tugas malaikat Jibril selain menyampaikan wahyu. Semoga memberikan pencerahan untukmu, ya!

Baca Juga: Mengenal Malaikat Izrail, Malaikat Pencabut Nyawa Semua Makhluk

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Febriyanti Revitasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya