Comscore Tracker

5 Online Course Buat Up Skills Kamu, Gratis dan Bisa dapat Sertifikat!

Nambah skill juga bentuk investasi diri, lho!

Sekarang ini banyak sekali platfom untuk upgrade skills yang berbasis online. Tentu ini sangat memudahkan kita, terutama dari segi waktu dan tempat. Karena fleksibilitasnya ini kita jadi bisa belajar kapan pun dan di mana pun. Selain itu, beragamnya program course hingga biaya pelatihan yang bisa kita pilih juga menjadi daya tarik tersendiri.

Selain bisa menjadi alternatif tempat belajar, mengikuti berbagai pelatihan pastinya akan sangat bermanfaat terutama untuk perkembangan karier kita ke depan. Terlebih, jika course-nya menyediakan pula sertifikat, secara gratis! Jadi, yuk langsung saja simak ulasan mengenai platform upgrade skill ini!

1.    Alison 

5 Online Course Buat Up Skills Kamu, Gratis dan Bisa dapat Sertifikat!tampilan website Alison (alison.com)

Alison menyediakan lebih dari tiga ribu jenis free online course mulai dari bidang IT, marketing, personal development, sampai bidang-bidang keilmuan seperti teknik, kesehatan, dll. Course ini terbagi menjadi dua tipe, yaitu certificate course dan diploma course. Certificate course rata-rata berdurasi 2-3 jam sedangkan diploma course rata-rata berdurasi 8-10 jam. Diploma course berdurasi lebih lama karena bahasannya lebih komprehensif.

Selain dua tipe di atas, tersedia juga program career guide. Program ini akan membantu untuk menguasai skill apa saja yang akan kamu butuhkan jika memilih berkarir di bidang tertentu.

Meski untuk mendapatkan sertifikat pelatihan di platform ini berbayar, tentu itu tidak akan menjadi halangan untuk tetap belajar, ya! Bagi kamu yang tertarik mencoba course-nya atau ingin tahu lebih lanjut, silakan kunjungi website Alison.

2. Coursera

5 Online Course Buat Up Skills Kamu, Gratis dan Bisa dapat Sertifikat!tampilan website Coursera (coursera.org)

Coursera adalah platform pembelajaran online yang menawarkan akses online course dan gelar baik dari universitas maupun perusahaan terkemuka. Platform ini terdiri dari 4.000 lebih course dengan topik beragam mulai dari business analytics, graphic design, data science, health, art, engineering, hingga language. Durasi course-nya bervariasi dari < 2 jam hingga > 3 bulan.

Ada banyak pelatihan bersertifikat yang bisa diikuti, baik yang gratis maupun berbayar. Nah, jika kalian tertarik mencoba course-nya dan ingin tahu lebih lanjut, silakan kunjungi website Coursera!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Tingkatkan Skill Medsos, Gak Sekadar Posting! 

3. Google Digital Garage

5 Online Course Buat Up Skills Kamu, Gratis dan Bisa dapat Sertifikat!ilustrasi mengikuti online course (learndigital.withgoogle.com/digitalgarage)

Google Digital Garage menyediakan tiga kategori online course, yaitu digital marketing, career development, dan data and tech. Durasi course-nya bervariasi dari kurang dari 2 jam hingga lebih dari 20 jam dan tersedia juga untuk beragam level mulai dari beginner, intermediate, sampai advanced.

Di platform ini ada dua kategori course untuk bisa mendapatkan sertifikat, gratis dan berbayar. Khusus untuk yang gratis, saat ini hanya tersedia untuk course fundamental digital marketing. Nah, bagi yang tertarik belajar di Google Digital Garage, kalian bisa kunjungi website-nya Google Digital Garage.

4. HubSpot Academy

5 Online Course Buat Up Skills Kamu, Gratis dan Bisa dapat Sertifikat!tampilan web HubSpot Academy (academy.hubspot.com)

HubSpot menyedikan online course gratis untuk yang ingin belajar marketing, sales, service, web design and development, serta data privacy. Mereka pun menyediakan sertifikat yang juga gratis. Cukup ikuti course sampai selesai, lalu kerjakan kuisnya. Setelah itu, kalian harus melewati program ujian sertifikasi dan latihan praktis. Jika sudah lulus ujian dan menyelesaikan latihan, selamat kamu akan mendapatkan sertifikatnya.

Jadi buat yang ingin belajar SEO, digital marketing, atau cara mengembangkan bisnis, bisa banget memulai langkah pertamanya belajar di sini. Karena HubSpot menyediakan juga pilihan kategori level dari mulai beginner, intermediate, sampai advanced. Durasi course dari HubSpot mulai dari yang kurang dari 30 menit sampai lebih dari 3 jam. Bagi kalian yang ingin belajar di HubSpot, kalian bisa mengunjungi website HubSpot Academy ya!

5. RevoU

5 Online Course Buat Up Skills Kamu, Gratis dan Bisa dapat Sertifikat!logo RevoU (revou.co)

RevoU menyediakan course mulai dari digital marketing, bussiness development, data analytics, sampai product management. Menariknya, RevoU ini memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Di sini terdapat program mini course yang akan berlangsung selama satu pekan dan free.

Kita juga akan diajarkan membuat project dan akan mendapat review dari RevoU-nya. Mini project ini bisa kita gunakan untuk membuat portofolio kerja kelak, lho! Lalu, jika kita lulus mengikuti ujian program mini course-nya kita juga akan mendapatkan sertifikat. Semakin menarik ya! 

Selain mini course ada pula full programnya yang berbayar dan berdurasi mulai dari tiga sampai enam bulan. Jika tertarik, kalian bisa mengunjungi akun instagramnya atau mengunjungi websitenya.

Itulah lima online course yang bisa kalian coba. Gratis dan bisa mendapat sertifikat juga. Dijamin akan menambah skills banget!

Baca Juga: 5 Skill yang Wajib Dimiliki Sebelum Lulus Kuliah, Sudah Kamu Kuasai?

Silvilla Sani Photo Verified Writer Silvilla Sani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya