Comscore Tracker

Kidventure Academy: Pendidikan Berbasis Entrepreneur dari Finlandia

Proses belajar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan

Perkembangan industri 4.0 memang sudah merambah ke berbagai aspek sosial, termasuk pendidikan. Dibutuhkan ketelitian dan perhatian khusus untuk menjadikan anak-anak Indonesia siap berkolaborasi dan berkompetisi di masa mendatang. Oleh sebab itu melatih kemampuan entrepreneurship sejak dini sangat penting dilakukan, agar anak siap menghadapi segala tantangan yang ada.

Kidventure Academy dan ACE Edventure Group dari Malaysia mengumumkan kolaborasinya di Indonesia yang akan dimulai dengan Kidventure Academy Preschool di Kensington Royal Suites, Kelapa Gading. Acara ini dihadiri oleh Iin Chandra (Principal of Kidventure Academy), Yulianti Gunawan (CEO Kidventure Academy CEO), Kati Rintakorpi (Ahli Pedagogi Finlandia), Anne Tham (ACE EdVenture Group CEO), Stuart Patton (Founder of Kide Science) dan Taina Mikkola (CEO and Founder of TinyApp). Pasti sudah penasaran kan keseruan belajar seperti apa sih yang ada di Kidventure Academy?

 

1. Kidventure Academy ajak anak belajar sambil bermain

Kidventure Academy: Pendidikan Berbasis Entrepreneur dari FinlandiaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Anak-anak Kidventure Academy akan mendapatkan sistem pembelajaran yang seru dan menyenangkan. Sekolah ini mengedepankan pendidikan non-konvensional yakni sebuah sistem belajar yang mengutamakan kegembiraan. Jadi, ketika belajar anak lebih terasa sedang bermain. Mulai dari metode, kurikulum, sampai bahan peraga saat belajar dipilih secara khusus. Kidventure Academy menawarkan program pendidikan berbasis kewirausahaan untuk anak usia 2-6 tahun. Di sini anak-anak akan menikmati suasana belajar yang sangat berbeda dari sekolah-sekolah yang pernah ada di Indonesia.

2. Diadaptasi dari sistem pendidikan Finlandia

Kidventure Academy: Pendidikan Berbasis Entrepreneur dari FinlandiaIDN times/Syarifah Noer Aulia

Finlandia memang sudah dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik ke-4 di dunia. Oleh sebab itu, Kidventure Academy diharapkan bisa mengubah wajah pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. "Kami menawarkan sistem pendidikan yang dibawa langsung dari Finlandia, namun tetap dikombinasikan dengan nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia. Sehingga, anak-anak bisa lebih kaya akan informasi dan inovatif dalam proses pembelajaran," ungkap Yulianti Gunawan, CEO dan Founder Kidventure Academy, saat ditemui IDN Times di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

3. Tanamkan Entreprenurship sejak dini melalui program Powerpreneur

Kidventure Academy: Pendidikan Berbasis Entrepreneur dari FinlandiaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Usia 0-5 tahun merupakan usia emas seorang anak. Perkembangan cara berpikir, mengasah kreativitas akan jauh lebih mudah dan tersimpan lebih lama. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa anak-anak akan memiliki inovasi dan daya kreasi tinggi ketika menapaki usia remaja atau dewasa. Sebagai orangtua millenial yang hidup berdampingan dengan teknologi harus menyadari bahwa menanamkan jiwa entrepreneurship di usia dini adalah langkah yang tepat.

Baca Juga: Vidi Aldiano sampai Nagita Slavia Ngobrol Pendidikan di Acara SMSG

4. Edukasi yang berteknologi dan bervariasi

Kidventure Academy: Pendidikan Berbasis Entrepreneur dari FinlandiaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Anak-anak Kidventure Academy akan mendapat berbagai pembelajaran yang telah dibagi dalam beberapa kelompok. Orangtua dan guru bisa saling bertukar informasi mengenai perkembangan anak melalui pedagogi 'TinyApp', yang merupakan hasil kolaborasi dari Taina Mikkola (CEO and Founder of TinyApp) dan Dr. Kati Rintakorpi (Ahli Pedagogi Finlandia). Pedagogi TinyApp juga akan melibatkan EdTech seperti mengajarkan coding melalui LEGO Education kepada anak-anak. Untuk anak usia 3-8 tahun, ada Kide Science yang memberikan pembelajaran melalui permainan teknologi. 

5. Sekolah impian Orangtua Millenial

Kidventure Academy: Pendidikan Berbasis Entrepreneur dari FinlandiaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Kidventure Academy Preschool merupakan yang pertama dalam melakukan gerakan kolaborasi ini sebagai suatu bentuk reinvent education di Jakarta. Orangtua dapat menantikan Kidventure Academy untuk SD dan SMP dengan program Finlandia-Asia berbasis entrepreneurial dalam tiga tahun ke depan. 

Kidventure Academy akan mulai diresmikan sekitar bulan Juli nanti, berbagai fasilitas akan tersedia di ruang sekolah. Masing-masing ruangan telah didesain secara khusus, sehingga bisa dimanfaatkan untuk ruang belajar anak. Tak ketinggalan seragam Kidventure Academy juga akan membuat anak tampil layaknya seorang ilmuan. 

Nah, semakin gak sabar kan mendaftarkan anak-anak ke Kidventure Academy, pengalaman seru belajar di sini akan membuat anak-anak tak ingin liburan dan ingin terus belajar di sekolah ini. 

Baca Juga: Ini 4 Perubahan Penting di Dunia Pendidikan Akibat Adanya Internet

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Pinka Wima

Just For You