Comscore Tracker

Menelusuri Jejak Reformasi lewat 'Dunia dalam Berita' di Museum Macan

Yuk, millennials memahami masa sebelum & sesudah reformasi

Kecintaan masyarakat terhadap seni semakin menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Perkembangan media sosial menjadi salah satu dorongan terbesar bagi kaum urban untuk menggali informasi tentang seni semakin dalam. Sebagai salah satu museum yang kerap menghadirkan seniman dari dalam dan luar negeri, Museum Macan kembali mempersembahkan pameran seni terbaru bertajuk 'Dunia dalam Berita' yang berlangsung pada 1 Mei - 21 Juli 2019. Seperti apa sih keseruan yang bisa dinikmati pengunjung saat melihat pameran yang satu ini?

1. Pameran seni kontemporer yang mengulas sejarah sosial Indonesia

Menelusuri Jejak Reformasi lewat 'Dunia dalam Berita' di Museum MacanIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Pameran ini menghadirkan berbagai ulasan seputar sejarah sosial yang terjadi pada pertengahan tahun 1990 hingga 2000-an. Pada masa ini merupakan masa terberat bagi Indonesia karena begitu banyak perubahan sosial maupun politik yang terjadi. Dampak dari reformasi 1998 kian menguatkan ide-ide baru untuk menyajikan kreativitas dalam bentuk pameran seni. Para perupa melihat bahwa peranan dalam kehidupan berdemokrasi dengan segala gagasan dan informasi bisa beredar secara luas. Hal ini yang mendorong sejumlah media baru untuk membuka akses terhadap budaya populer global.

2. Sepuluh perupa kontemporer terlibat dalam pameran 'Dunia dalam Berita'

Menelusuri Jejak Reformasi lewat 'Dunia dalam Berita' di Museum MacanIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Terdapat sepuluh perupa kontemporer dalam pameran seni ini. Di antaranya, Agus Suwage, FX Harsono, Heri Dono, I Gak Murniasih, I Nyoman Masriadi, Krisna Murti, Mella Jaarsma, S. Teddy D., Taring Padi, dan Tisna Sanjaya. Para perupa tersebut menyajikan berbagai karya mendalam tentang kehidupan sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia di masa reformasi.

Baca Juga: 7 Spot "Dunia dalam Berita" di Museum MACAN yang Instagramable Abis

3. Judul pameran merupakan representasi dari program acara TVRI

Menelusuri Jejak Reformasi lewat 'Dunia dalam Berita' di Museum MacanIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Televisi TVRI menjadi satu-satunya media yang merekam jejak sejarah Indonesia dari masa ke masa. Pada tahun 1990-an, TVRI memiliki program televisi yang berjudul 'Dunia dalam Berita'. Kemudian, pihak Museum Macan memutuskan untuk menjadikan nama program tersebut sebagai tema pameran seni. 'Dunia dalam Berita' juga menampilkan perupa dalam dua generasi yang berbeda, yakni perupa yang memiliki bahasa artistik seputar pengalamannya pada masa reformasi dan perupa yang lahir ketika masa itu terjadi untuk pembuatan gambar maupun grafis.

4. Masyarakat Indonesia harus memahami dan mengetahui kondisi negerinya sendiri.

Menelusuri Jejak Reformasi lewat 'Dunia dalam Berita' di Museum MacanIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Pameran seni ini seolah ingin menceritakan pada masyarakat luas tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada masa sebelum reformasi atau sesudahnya. Masyarakat harus tahu dan memahami bagaimana periode ini merupakan masa-masa yang sangat penting untuk perubahan Indonesia. Satu demi satu instalasi seni di sini bisa menerangkan kondisi maupun situasi yang terjadi kala itu. Perupa dengan sangat jeli menampilkan akses kebudayaan global melalui karakter visual.

5. Peran media sebelum menggenggam kebebasan

Menelusuri Jejak Reformasi lewat 'Dunia dalam Berita' di Museum MacanIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Pada masa sebelum reformasi, media mengalami situasi yang cukup sulit, di mana kebebasan untuk berpendapat tidak seperti saat ini. Karena pada dasarnya, semua informasi yang terkait kondisi pada masa itu dikontrol secara ketat oleh negara. Usai reformasi, berbagai platform seperti TV, radio, dan media cetak yang didirikan oleh swasta pun semakin ramai dan berani. Program 'Dunia dalam Berita' yang disiarkan TVRI menjadi tonggak perubahan politis, sosial, dan teknologi dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Nah, itulah keseruan yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke instalasi pameran seni 'Dunia dalam Berita'. Sudah ada rencana untuk akhir pekan ini? Bagaimana kalau ke Museum Macan dan menikmati 'Dunia dalam Berita' di sana? Have fun!

Baca Juga: Instalasi Digital Seru dan Mengedukasi di teamLab Future Park

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida

Berita Terkini Lainnya