Comscore Tracker

Ini Lho Waktu-waktu yang Paling Asyik untuk Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia, maka mulailah membaca!

Buku adalah sumber dari ilmu pengetahuan. Namun di zaman sekarang, yang semua sudah serba digital, sepertinya minat membaca generasi muda pun semakin menurun. Tapi tenang, jika kalian ingin memulai baca buku namun masih kesulitan untuk konsisten, cobalah baca buku di waktu-waktu berikut, dijamin sensasinya akan berbeda dan kamu jadi lebih semangat untuk membaca. 

1. Saat fajar, membaca akan lebih fokus karena suasana masih begitu tenang

Ini Lho Waktu-waktu yang Paling Asyik untuk Membaca Bukupexels.com/suliman sallehi

Suara ayam berkokok dan udara yang masih segar membuat pagi hari pasti terasa nikmat jika diselingi dengan membaca. Ditambah keadaan jalan yang masih sepi dan terhindar dari kebisingan kendaraan membuat otak akan lebih fokus jika ingin mendapatkan sebuah ilmu. Namun jangan sarapan terlebih dahulu jika ingin membaca buku karena ketika perut dalam keadaan penuh, maka kemageran dan rasa kantuk akan muncul.

2. Ketika turun hujan, saat suasana menjadi lebih syahdu pun asyik untuk kegiatan membaca

Ini Lho Waktu-waktu yang Paling Asyik untuk Membaca Bukupexels.com/nur andi ravsanjani gusma

Hujan merupakan sebuah obat untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Suasana hujan yang dingin dan tenang membuat imajinasi dan inspirasi tiba-tiba muncul. Hal itu dapat dibuktikan ketika hujan turun, kebanyakan dari kalian pasti teringat akan kenangan masa lalu, benar bukan?

Daya pikir otak ketika hujan akan meningkat tiga kali lipat karena suasana yang nyaman. Oleh karena itu, buku dan secangkir minuman hangat menjadi kombinasi yang sangat syahdu ketika hujan turun.

Baca Juga: 5 Buku untuk Calon Millennials Preneur, Wajib Baca Sekali Seumur Hidup

3. Sehabis mandi badan dan pikiran jadi lebih fresh, saat yang tepat sekali untuk melahap buku bacaan

Ini Lho Waktu-waktu yang Paling Asyik untuk Membaca Bukupexels.com/vitoria santos

Mandi menyebabkan pikiran menjadi fresh serta menghilangkan rasa kantuk. Keinginan untuk tidak membaca buku itu berasal dari rasa malas disertai perasaan bosan.

Kebanyakan orang yang tidak suka membaca buku beranggapan bahwa tulisan-tulisan kecil dan banyak itu yang membuat mereka cepat mengantuk. Oleh karena itu, sudah dijelaskan di atas bahwa obat dari kantuk adalah mandi. Sehabis mandi, hambatan-hambatan yang muncul ketika akan memulai baca buku itu akan hilang.

4. Bila mata masih terjaga saat dini hari, coba deh membaca sambil menikmati ketenangan malam

Ini Lho Waktu-waktu yang Paling Asyik untuk Membaca Bukupexels.com/JESHOOTS.com

Secara harfiah, dini hari dapat diartikan sebagai sebuah kesunyian dan waktu tidur bagi dunia. Kesunyian tersebut menimbulkan ketenangan dan kedamaian batin jika kita tetap terjaga.

Cobalah cari tempat yang nyaman dan terbuka atau langsung menghadap ke arah bintang-bintang. Jangan lupa ditemani kopi hangat serta camilan agar kegiatan membaca buku semakin menyenangkan.

5. Bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk produktif, salah satunya membaca!

Ini Lho Waktu-waktu yang Paling Asyik untuk Membaca Bukupixabay.com/sweetlouise

Setiap kali bangun tidur, otak akan terpacu untuk berpikir kegiatan yang mau dilakukan selanjutnya. Namun, hindari memegang ponsel ketika bangun tidur karena jika hal itu dilakukan maka kalian akan terasa malas dan ingin beranjak tidur lagi, benar kan?

Oleh karena itu, sebenarnya bangun tidur adalah waktu yang paling pas untuk produktif, baik itu bangun tidur di pagi, siang, sore, atau malam, semuanya sama saja. Kalian akan lebih mudah fokus dan akan merasakan kenikmatan dari membaca buku. 

Itulah beberapa waktu yang sangat pas untuk membaca sebuah buku. Jika kesulitan untuk mulai membaca, cobalah baca buku yang ringan-ringan saja seperti novel, komik, dan karya fiksi lainnya yang bisa menjadikan langkah awal untuk mencintai sebuah buku. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya