Comscore Tracker

Ingin IPK Tetap Stabil? Simak 5 Cara Jitu Untuk Mempertahankannya

Mendapatkan lebih sulit dari mempertahankan, lho!

Tujuan dari perkuliahan adalah mendapatkan hasil yang terbaik pada setiap semesternya. Tapi, meski terdengar sederhana, ini bukanlah hal yang mudah. Terkadang meraih sesuatu yang tinggi itu jauh lebih mudah daripada mempertahankan apa yang sudah ada. Sama halnya dengan IPK yang kita dapat, bagaimana cara kita mempertahankan dan mengembangkan itu lebih sulit dari mendapatkan.

Untuk kamu yang ingin memiliki IPK stabil yang didapat secara konstan pada setiap semester, boleh disimak 5 cara jitu ini!

1. Menetapkan target pada tiap semester

Ingin IPK Tetap Stabil? Simak 5 Cara Jitu Untuk MempertahankannyaPexels/rawpixel.com

Jangan sampai pada permulaan semester, kita tidak memiliki target sama sekali untuk mendapatkan IPK yang stabil. Hal ini tentu saja berkaitan dengan motivasi ke depannya agar proses pembelajaran tidak keluar dari jalur perencanaan yang telah dipersiapkan sebelumnya pada awal semester. Dengan menentukan target, kita akan tahu bagaimana kekurangan atau kelebihan dari hasil yang didapat pada akhir semester nanti.

2. Merencanakan proses belajar yang cocok pada tiap semester

Ingin IPK Tetap Stabil? Simak 5 Cara Jitu Untuk MempertahankannyaPexels/Anastasiya Gepp

Pada tiap semester tentunya memiliki bobot berbeda-beda yang dapat menentukan proses pembelajaran seperti apa yang cocok dan sesuai. Hal ini berkaitan dengan strategi pembelajaran untuk ke depannya.

Proses pembelajaran yang sesuai harus mampu diaplikasikan secara konstan pada tiap semesternya sehingga tujuan utama untuk mendapatkan hasil terbaik di semester ini dapat tercapai dengan sesuai.

Baca Juga: Kuliah Bukan tentang Gengsi, Jangan Pilih Jurusan karena 5 Alasan Ini

3. Mengurangi kegiatan di luar perkuliahan

Ingin IPK Tetap Stabil? Simak 5 Cara Jitu Untuk MempertahankannyaPexels/Stefan Lorentz

Hal ini berkaitan dengan organisasi yang kita jalankan di luar kegiatan perkuliahan. Tentunya kegiatan semacam ini memiliki peluang untuk menyita waktu kita sehingga berisiko pada hasil akhir indeks prestasi kumulatif semester kita.

Meski tidak selalu negatif, organisasi juga kita perlukan gunakan meningkatan rasa sosial, tetapi kita juga perlu mengetahui batasan agar tidak terlalu asyik dalam kegiatan di luar.

4. Jangan mudah berpuas diri

Ingin IPK Tetap Stabil? Simak 5 Cara Jitu Untuk MempertahankannyaPexels/Snapwire

Dalam proses pembelajaran jangan pernah merasa berpuas diri ketika mendapatkan nilai yang bagus. Justru seharusnya kita lebih berusaha untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan apa yang sudah kita dapat sebelumnya.

Apabila kita mudah berpuas diri dan tidak mempersiapkan segala sesuatu untuk semester ke depan, justru kita akan keteteran dan hal itu dapat menjatuhkan apa yang sudah didapat.

5. Berdoa dan berusaha secara maksimal

Ingin IPK Tetap Stabil? Simak 5 Cara Jitu Untuk MempertahankannyaPexels/Craig Adderley

Perencanaan dan strategi belajar tidak akan berdampak apa-apa jika pada akhirnya kita tidak melakukan tindakan yang nyata. Buah dari perencanaan dapat kita lakukan dengan tindakan yang nyata, tapi tetap jangan lupakan kegiatan vertikal kita dengan Tuhan yaitu berdoa.

Dengan berdoa dan berusaha secara maksimal, tentunya kita akan mendapatkan hasil yang terbaik. Seperti pepatah yang mengatakan usaha tidak akan mengkhianati hasil. Setuju?

Nah, 5 cara diatas dapat kamu coba untuk membantu mempertahankan atau meningkatkan kualitas dari indeks prestasi kumulatifmu ke depannya pada tiap semester. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Kamu Aktif di Organisasi? Perhatikan 5 Hal Ini Agar IPK Tetap Baik

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You