Comscore Tracker

7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson 

Kurikulumnya berbeda dengan kampus kebanyakan

Brown University adalah salah satu kampus Ivy League, kampus ini terletak di Providence pulau Rodhe, Amerika Serikat. Sejak 1764, Brown University mencetak banyak alumni ternama yang berprestasi. Salah satunya, aktris favorit kita semua, Emma Watson!

Kalau kamu penasaran dan pengen tahu informasi lebih lengkap tentang kampus ini, simak nih artikel berikut.

1. Berdiri sejak tahun 1764

7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson instagram.com/brownu

Kampus ini sudah berdiri sejak 300-an tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1764. Selain menjadi universitas, Brown University juga menjadi pusat riset terkemuka.

Brown University terletak di Providence, sebuah ibu kota negara bagian Rhode Island di Amerika Serikat. Saat ini, ada sekitar 7.043 mahasiswa sarjana 2.629 mahasiswa pascasarjana dan 585 siswa sekolah kedokteran yang menimba ilmu di dalamnya.

2. Lokasinya berdekatan dengan pusat kota dan pantai

7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson instagram.com/brownu

Kampus utama Brown University berada di the College Hill Historic District di Providence. Tempat ini dikenal dengan desain arsitekturnya yang khas juga banyaknya pemandangan karya seni.

Untuk menuju kampus ini, para calon mahasiswa bisa melewati Boston dan New York City. Selain itu, apabila penat, para mahasiswa juga bisa bervakansi ke pantai yang bisa ditempuh dengan 30 menit berkendara saja!

3. Punya segudang prestasi

7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson instagram.com/brownu

Terhitung sampai November 2019, terdapat 8 penghargaan Nobel yang diraih oleh Brown University melingkupi alumni, anggota fakultas, dan penelitinya.

Selain itu, ada banyak prestasi lainnya di beberapa bidang seperti memecahkan rahasia naskah dari Timbuktu, menyintesis senyawa baru untuk melawan penyakit TBC, menemukan instrumen musik yang baru, dan mengambil bagian untuk perubahan iklim dalam konvensi PBB.

Baca Juga: 6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra 

4. Ada 80+ konsentrasi jurusan yang bisa diambil

7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson instagram.com/brownu

Brown University terbagi menjadi beberapa bentuk sekolah yang tersebar di dalam 40 departemen ilmu, yaitu: The College, Graduate School, School of Engineering, School of Professional Studies, School of Public Health, dan Warren Alpert Medical School.

Khusus mahasiswa pendidikan sarjana ada sekitar 80 konsentrasi jurusan yang bisa diambil. Beberapa di antaranya merupakan bidang studi yang unik, seperti: Archaeology and the Ancient World; Cognitive Neuroscience; Early Modern World; Environmental Studies; Gender and Sexuality Studies; Theatre Arts and Performance Studies; dan Biomedical Engineering .

5. Menerapkan kurikulum baru yaitu open curricullum

7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson instagram.com/brownu

Salah satu keunggulan dari kampus yang satu ini adalah mereka memiliki kurikulum yang fleksibel. Ketika kebanyakan universitas lain menerapkan kurikulum tertutup, di mana para mahasiswa harus mengambil kelas yang sudah ditentukan, kampus jebolan Emma Watson ini berbeda.

Brown University memberi ruang untuk para mahasiswa untuk membangun rencana pendidikan mereka sendiri. Tujuan yang ingin diraih dari penerapan jenis kurikulum ini adalah creative thinking, keberanian untuk mengambil risiko, dan entrepreneurial problem-solvers.

6. Organisasi mahasiswa

7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson instagram.com/brownu

Kalau kamu pengen aktif berkegiatan di kampus, Brown University punya 400 organisasi mahasiswa di dalamnya! Beberapa di antaranya yang unik adalah: Anime Society; Brown Space Engineering; Ivy Film Festival; Oja! Modern African Dance; Sketchbook Literary Magazine; dan Sustainable Food Initiative.

Apabila kamu gak juga menemukan komunitas yang cocok dengan minat dan bakatmu, berdasarkan situs resmi Brown University, kamu juga bisa membangun komunitasmu sendiri lho! Seru banget kan?

7. Terdapat banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh mahasiswa

7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson instagram.com/brownu

Dari mulai fasilitas untuk menunjang kegiatan pembelajaran, fasilitas olahraga, hingga hiburan. Brown University memiliki banyak fasilitas yang tersedia di dalamnya, di antaranya adalah:

1. Tiga perpustakaan (Rockefeller library, John Hay library, John Carter Brown library)

2. Galeri seni dan museum (Bell Gallery & Haffenreffer Museum of Anthropology)

3. Pusat kesehatan dan olahraga (Nelson fitness center, club sports, intramural sports)

4. Asrama

5. Restoran atau tempat makan (Brown Dining)

Itu dia 7 fakta unik dari Brown University alias kampus almamater Emma Watson! Semoga membantu ya.

Baca Juga: Yuk Intip Almamater Rara Sekar, Victoria University of Wellington 

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya