Comscore Tracker

6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra 

Selain di Australia, punya 4 kampus internasional juga

Pada Minggu (2/2) lalu, Oskar Mahendra dan Kevin Lilliana melangsungkan resepsi pernikahan mereka. Setelah ditelusuri, Oskar merupakan alumni dari salah satu kampus ternama yaitu Monash University.

Kalau kamu penasaran dengan kampus tersebut, berikut ini IDN Times sajikan 6 fakta tentang Monash University. Check this out!

1. Selain di Australia, Monash University punya cabang kampus international di dua benua lainnya

6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra monash.edu

Selain bertempat di Australia, Monash University juga melebarkan sayapnya dengan membuka empat cabang kampus internasional yang tersebar di dua benua. Cabang itu ada di Asia (Malaysia, Tiongkok, India) dan Eropa (Italia).

Kampus yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia, memiliki 8 program di dalamnya. Program itu adalah School of Arts and Social Sciences, School of Business, School of Engineering, School of Information Technology, Jeffrey Cheah School of Medicine and Health Sciences, Department of Psychology, School of Science, dan School of Pharmacy.

Selain itu, Monash University juga bermitra dengan Southeast University (SEU) untuk menciptakan Joint Graduate School dan Joint Research Institute di Suzhou, Tiongkok.

Kampus yang ketiga, berada di India dan merupakan hasil kerja sama Monash University dan Institute of Technology Bombay (IITB).

Kampus terakhir adalah "The Prato Centre" yang berlokasi di Italia. Kampus ini menjadi tempat untuk program akademik internasional dan kolaborasi riset.

2. Monash University Australia merupakan kampus terbesar di Australia

6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra wikipedia.org

Dilansir dari universityrankings.com.au, Monash University Australia punya sekitar 64.000 mahasiswa yang menempuh studi di dalamnya. Para mahasiswa dari berbagai jurusan itu, tersebar ke dalam beberapa bagian kampus yang tersebar di Australia.

Kampus pertama yaitu Clayton Campus, merupakan kampus terbesar yang menampung kurang lebih 26.000 mahasiwa. Kampus yang dibangun tahun 1958 ini, memiliki 8 fakultas yaitu Arts; Business and Economics; Education; Engineering; Information Technology; Law; Medicine, Nursing & Health Sciences; dan Science.

Kampus kedua adalah Caulfield Campus yang dulunya disebut sebagai Caulfield Technical School. Kampus ini memiliki 5 fakultas.

Kampus yang ketiga, ada Peninsula Campus yang berfokus di bidang pendidikan, perawatan, kesehatan, dan administrasi bisnis.

Terakhir, ada Parkville Campus, pusat dari Faculty of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences dan the Monash Institute of Pharmaceutical Sciences.

3. Ada bermacam-macam fasilitas di Monash University Australia. Selain aneka ragam perpustakaan, ada transportasi juga lho!

6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra monash.edu

Terdapat berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh mahasiswa Monash University Australia. Salah satunya adalah berbagai macam perpustakaan seperti Hargrave-Andrew Library, Sir Louis Matheson Library, Law Library dan Caulfield Library.

Selain itu, kampus ini juga menyediakan pusat kesehatan dan olahraga, transport & shuttle services, pusat makanan dan perbelanjaan, juga Monash University Museum of Art (MUMA).

Baca Juga: Intip Kampus Victoria University of Wellington, Almamater Rara Sekar

4. Ada beberapa servis pelayanan khusus untuk mahasiswanya

6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra instagram.com/monash_uni

Kampus yang meraih peringkat ke-58 di Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings 2020 ini, juga menyediakan berbagai layanan jasa untuk para mahasiswa.

Beberapa di antaranya adalah layanan konseling kesehatan, layanan disabilitas, asisten keuangan, accomodation and housing, dan layanan legal.

5. Mengadaptasi nama tokoh penting di Australia

6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra monash.edu

Moto yang diusung oleh kampus ini adalah "Ancora Imparo" yang berarti i am still learning (aku masih belajar). Moto ini untuk merayakan pentingnya ambisi dan pencarian ilmu tanpa henti.

Nama kampus ini pun, mengadaptasi nama Sir John Monash. Ia adalah seorang tokoh penting yang bergerak di bidang engineering, militer, dan administrasi publik.

6. Punya sederet nama alumni ternama

6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra instagram.com/oskarmahendra

Selain Oskar Mahendra yang saat ini menjabat sebagai Enterprise Sales Manager di Biznet, kampus ini juga punya alumni yang gak kalah kece dan berprestasi.

Daftar alumni tersebut adalah Boediono (Wakil Presiden Indonesia ke-11), Alyssa Soebandono (aktris dan presenter), Mahendra Siregar (Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia ke-7), dan Valerina Daniel (model, jurnalis, dan peraih Penghargaan Alumni Australia atas keunggulan dalam bidang Jurnalisme dan Media). 

Itulah fakta tentang Monash University. Semoga informasinya bisa membantumu yang pengen kuliah di luar negeri, ya!

6 Fakta tentang Monash University, Almamater Oskar Mahendra IDN Times/Alfi Syahrin

Baca Juga: Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvati

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya