Comscore Tracker

25 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu, Pelajari Yuk!

Sudah tahu arti FYP?

Jalinan komunikasi kita semakin dimudahkan dengan kehadiran media sosial. Termasuk lewat aplikasi chatting, di mana kita bisa bercakap-cakap dengan mudah tanpa batasan jarak dan waktu.

Akhirnya muncullah beragam istilah unik dari internet. Beberapa istilah itu merupakan singkatan kekinian yang diadaptasi dari bahasa Inggris.

Yuk pelajari 25 singkatan gaul dalam bahasa Inggris dalam artikel ini. Sudah disertai dengan maknanya, lho!

1. Beberapa akronim dalam bahasa Inggris ini juga bisa disebut sebagai internet slang. Kira-kira, berapa istilah yang sudah kamu ketahui?

25 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu, Pelajari Yuk!ilustrasi chatting (pexels.com/@ron-lach)

AFK merupakan akronim dari away from keyboard. Biasanya singkatan ini dipakai ketika seseorang sedang online dan ingin memberi informasi bahwa dia gak bisa menjawab pesan untuk sementara waktu.

AKA adalah kependekan dari as known as. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia, artinya adalah 'juga dikenal sebagai'. Umumnya, dipakai ketika suatu subjek memiliki nama sebutan lain. 

ASAP atau as soon as possible adalah salah satu akronim paling populer. Dalam bahasa Indonesia artinya adalah 'sesegera mungkin' atau 'secepat mungkin'. Dapat dipakai ketika kita ingin meminta sesuatu dan berharap hal itu dikerjakan segera

BRB adalah singkatan dari be right back. Artinya adalah 'segera kembali'. Cocok juga digunakan kalau kamu ingin menginformasikan ke lawan bicara di internet kalau kamu ingin izin sebentar, tapi akan segera kembali ke percakapan.

BTW adalah kependekan dari by the way. Pasti kamu sudah familiar dengan istilah ini, kan? Di bahasa Indonesia artinya adalah 'omong-omong'.

2. Dengan mempelajari singkatan-singkatan gaul dalam bahasa Inggris ini kamu gak akan terkecoh dengan artinya. Yuk, pelajari bersama!

25 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu, Pelajari Yuk!ilustrasi chatting (pexels.com/@olly)

CMIIW merupakan kependekan dari correct me if I’m wrong. Artinya adalah 'koreksi aku jika aku keliru'. Istilah ini dapat dipakai kalau kamu ingin mendapat konfirmasi dari orang lain tentang suatu hal.

COD memiliki kepanjangan cash on delivery. Artinya adalah 'bayar di tempat' dalam bahasa Indonesia. Istilah ini umum dipakai ketika seorang konsumen berbelanja online dan ingin melakukan pembayaran usai penerimaan barang.

DIY adalah singkatan dari do it yourself. Istilah ini sering dipakai untuk mendeskripsikan kerajinan tangan atau hasil karya buatan sendiri. Kamu pernah menyaksikan tutorial DIY gak di internet?

DM atau direct message memiliki arti pesan langsung. Kalau kamu ingin mengobrol secara langsung terhadap seseorang di media sosial atau grup diskusi online, kamu bisa menghubunginya lewat DM.

ETA adalah singkatan dari estimated time of arrival. Dalam bahasa Indonesia bisa dimaknai sebagai 'perkiraan waktu kedatangan'. Biasanya dipakai saat ingin memberitahu jam berapa kita akan tiba di suatu tujuan.

3. Agar mudah memahami setiap singkatan, kamu perlu mengetahui kepanjangan dari setiap akronim tersebut. Apa saja contoh singkatannya?

25 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu, Pelajari Yuk!ilustrasi chatting (pexels.com/@mart-production)

FU adalah kependekan dari follow up. Artinya adalah menindaklanjuti. Kamu bisa gunakan istilah ini saat akan membahas sesuatu yang belum rampung dan perlu diselesaikan.

FYI merupakan singkatan dari for your information. Artinya adalah 'sebagai informasi untuk kamu'. Coba deh gunakan istilah ini di awal kalimat saat ingin memberikan informasi tambahan kepada seseorang.

FYP atau for your page awalnya muncul dari media sosial bernama TikTok. Istilah ini merujuk kepada halaman beranda di TikTok untuk menunjukkan deretan video yang sedang populer atau sesuai selera pengguna TikTok.

GWS memiliki kepanjangan get well soon. Dapat diartikan sebagai 'semoga cepat sembuh' dalam bahasa Indonesia. Bisa kamu pakai saat ingin chat seseorang yang sedang sakit.

IDK merupakan kependekan dari I don’t know. Kalau diterjemahkan, artinya adalah 'aku tidak tahu'. Biasa dipakai sebagai jawaban untuk suatu hal yang gak kita ketahui kebenarannya.

Baca Juga: 9 Padanan Istilah Bahasa Indonesia vs Bahasa Inggris dalam Dating Apps

4. Dengan menguasai singkatan dalam bahasa Inggris, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Salah satunya memperlancar komunikasi

25 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu, Pelajari Yuk!ilustrasi chatting (pexels.com/@ivan-samkov)

IMO merupakan singkatan dari in my opinion. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah 'menurut pendapat saya'. Kamu bisa gunakan istilahnya saat akan mengutarakan opini.

IRL atau in real life merupakan salah satu internet slang yang cukup terkenal. Biasanya dipakai oleh seseorang yang ingin menunjukkan kebenaran atau membandingkan dunia nyata di dunia maya.

KEPO adalah kependekan dari knowing every particular object. Hayo, sudah tahu belum? Kata ini dipakai untuk mendeskripsikan seseorang yang ingin mengetahui detail informasi dari sesuatu.

OOTD adalah singkatan dari outfit of the day. Kamu bisa menemukan istilah ini dengan mudah di Instagram. Sering dipakai untuk membahas pakaian yang sedang digunakan seseorang di hari itu.

SMH merupakan singkatan dari shake my head. Cocok jadi kalimat ekspresif saat kamu merasa marah atau kecewa sampai cuma bisa menggelengkan kepala.

5. Kebanyakan akronim ini mulai populer digunakan sejak teknologi internet ditemukan. Jangan lupa catat daftar istilahnya, ya!

25 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu, Pelajari Yuk!ilustrasi chatting (pexels.com/@katerina-holmes)

TBH merupakan singkatan dari to be honest. Atau, dapat diartikan sebagai 'sejujurnya' dalam bahasa Indonesia. Kalau kamu sedang ingin bersikap terbuka dan jujur akan perasaanmu, coba deh pakai istilahnya!

TGIF adalah kependekan dari thank God it’s Friday. Istilah ini dapat dimaknai sebagai 'Syukurlah hari ini hari Jum'at!' dalam bahasa Indonesia. Para kaum pekerja biasanya menggunakan istilah ini untuk menyambut akhir pekan yang ceria.

TMI dapat diartikan sebagai too much information atau 'terlalu banyak informasi' dalam bahasa Indonesia. Bisa digunakan saat kamu menggambarkan informasi yang sebenarnya gak terlalu penting untuk diketahui.

VC atau video call punya arti 'panggilan video' dalam bahasa Indonesia. Teknologi ini cocok buat kamu yang sedang ingin mengobrol secara online, tapi ingin mendengar suara dan melihat wajah lawan bicaramu.

WDYT adalah singkatan dari what do you think. Dapat diartikan sebagai 'bagaimana pendapatmu?' dalam bahasa Indonesia. Kalimat tanya ini bisa dipakai saat kamu ingin menanyakan opini orang lain.

Itu dia beberapa istilah atau internet slang dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari. Kamu sudah paham arti-artinya belum, nih?

Baca Juga: 9 Padanan Kata Bahasa Indonesia dari Bahasa Inggris, Tahu Lokapasar?

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya