Comscore Tracker

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!

Sering muncul dalam drakor, nih!

Menghafal kosakata merupakan salah satu hal penting dalam belajar bahasa asing. Ada berbagai metode yang bisa kamu gunakan untuk menghafal kosakata beserta artinya. Kamu bisa mulai menghafal kosakata dari topik yang menarik seperti makanan.

Contohnya 10 kosakata bahasa Korea yang berkaitan dengan makanan ini. Dijamin langsung nempel di otak!

1. 음식 Eum-sik

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!unsplash.com/jakub kapusnak

Dalam bahasa Korea, makanan disebut dengan 음식 (eum-sik). Kosakata ini juga bisa digabung dengan kata lain. Misalnya, menambahkan nama negara di depan untuk merujuk jenis makanan dari wilayah tertentu.

Untuk menyebut makanan Korea, kamu bisa ucapkan 한국 음식 (Han-guk eum-sik) atau biasa disingkat 한식 (han-sik). Kalau 인도네시아 음식 (Indonesia eum-sik) artinya makanan Indonesia. Cukup mudah diingat, kan?

2. 배고파 Bae-go-pa

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!dramabeans.com

Siapa nih dari kamu yang kerjaannya lapar terus? Mungkin mulai sekarang bisa gunakan kata 배고파 (bae-go-pa) yang artinya lapar.

Untuk bahasa yang lebih formal bisa tambahkan kata yo di belakang menjadi 배고파요 (bae-go-pa-yo). Bahasa formal ini digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua atau tingkat status yang lebih tinggi.

3. 배불러 Bae-bul-leo

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!soompi.com

Lawannya lapar, berarti kenyang! Nah, dalam bahasa Korea kenyang diucapkan dengan kata 배불러 (bae-bul-leo).

Kosakata ini digunakan saat perut terasa penuh dan tak bisa makan lebih banyak lagi. Jangan cuma dihapal, kamu bisa mulai praktikkan pengucapannya, ya!

4. 맛있다 Ma-shit-da

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!sbs.co.kr

Buat kamu yang hobi nonton drama Korea, mungkin tak asing dengan ungkapan ini. Kata 맛있다 (ma-shit-da) digunakan untuk mengekspresikan makanan lezat.

Kalau makanan yang kamu makan enak banget, ucapkan 너무 맛있다 (ne-omu ma-shit-da). Dalam bahasa Korea, 너무 (neo-mu) bermakna 'sangat'.

5. 요리 Yoo-ri

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!hancinema.net

Sebelum disantap, tentu makanan harus diolah dan dimasak terlebih dahulu. Kalau Indonesia ada kata masak, Korea menyebutnya 요리 (yoo-ri).

Jangan cuma tahu artinya, mungkin kamu bisa mulai belajar masak makanan Korea, nih! Apa makanan Korea yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Dekor Kamar ala Drama Korea, 8 Barang Ini Wajib Ada!

6. 식당 Sikdang dan 맛집 Matjib

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!koreadramaland.com

Orang Korea menyebut restoran dengan kata 식당 (sik-dang). Sementara restoran dengan spesialisasi menu tertentu menggunakan akhiran 집 (jib) yang secara harfiah bermakna rumah.

Contohnya 고기 집 (go-gi jib) yang berarti restoran spesialis menu daging atau 치킨 집 (chi-kin jib) yang artinya restoran ayam goreng. Ada pula istilah 맛집 (mat-jib) yang digunakan untuk menyebut restoran terkenal dengan menu makanan lezat.

7. 반찬 Ban-chan

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!pexels.com/Vicky Tran

Saat makan di restoran Korea, umumya akan disajikan 반찬 (ban-chan) atau side dishes. Banchan alias lauk pelengkap biasanya terdiri dari beberapa jenis dan dihidangkan dengan porsi kecil.

Salah satu banchan yang paling populer adalah kimchi. Apapun menunya, biasanya orang Korea akan menambahkan kimchi yang bercita rasa pedas-asam sebagai pelengkap.

8. 디저트 Di-jeo-teu

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!dramabeans.com

디저트 (di-jeo-teu) memiliki arti dessert atau makanan penutup. Kata ini merupakan bentuk dari kata bahasa Inggris, dessert.

Meski hampir mirip, pengucapannya berbeda. Jadi ingat-ingat, setelah makan jangan lupa santap 디저트!

9. 밥 Bab

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!soompi.com

Sama seperti Indonesia, orang Korea juga tak bisa lepas dari nasi! Di Korea, nasi menjadi makanan pokok yang disantap setiap hari. Dalam bahasa Korea, 밥 (bab) berarti nasi.

Tapi, kata 밥 (bab) juga bisa bermakna 'meal' atau makan. Misalnya, saat ingin bertanya seseorang sudah makan atau belum, digunakan ungkapan 밥 먹었어? (bab meo-go-sseo?).

10. 잘 먹겠습니다 Jal meok-ge-seub-ni-da

10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!koreaboo.com

Kalau ini bukan kata, tapi ungkapan yang dilontarkan orang Korea sebelum makan. 잘 먹겠습니다 (Jal meok-ge-seub-ni-da) berarti 'saya akan menikmati makanan ini'. Nah, kalau selesai makan, kamu bisa ucapkan 잘 먹었습니다 (jal meok-geo-seub-ni-da) yang artinya 'Terima kasih untuk makanannya'.

Itulah beberapa kosakata bahasa Korea tentang makanan yang bisa jadi tambahan pengetahuan baru buatmu. Mana nih kata yang paling sering kamu dengar?

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Bagi Lulusan Sastra Korea, Pekerjaannya Modern Banget!

Topic:

  • Ulfa Luthfia Hidayatty
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya