Comscore Tracker

5 Tips untuk Mahasiswa agar Semangat Belajar Mandiri, Kuatkan Motivasi

Gak cuma materi kuliah, kamu juga bisa belajar hal lain 

Sebagai mahasiswa, sudah saatnya membiasakan diri untuk belajar secara mandiri. Kamu harus belajar sesuatu yang relate dengan dunia mahasiswa tanpa harus menunggu suapan dari dosen atau pihak pengajar. Tapi, bukan berarti itu mudah. Sebab, belajar mandiri memang butuh motivasi kuat.

Berikut ini ada beberapa tips agar kamu bersemangat menjalani proses belajar mandiri di dunia kuliah. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Memiliki motivasi intrinsik yang kuat

5 Tips untuk Mahasiswa agar Semangat Belajar Mandiri, Kuatkan Motivasiilustrasi belajar mandiri (pexels.com/Roxanne Minnish)

Motivasi intrinsik atau motivasi yang berasal dari diri sendiri wajib kamu miliki. Apa niat terbesar yang kamu miliki sehingga belajar mandiri harus dilakukan? 

Motivasi intrinsik bisa berupa keinginan untuk sukses, membanggakan orangtua, minimalkan biaya kuliah, hingga mengejar beasiswa dan persiapan untuk S2. Dengan memiliki motivasi itu, semangat belajar akan segera datang dalam dirimu. 

2. Memiliki visi yang besar

5 Tips untuk Mahasiswa agar Semangat Belajar Mandiri, Kuatkan Motivasiilustrasi dua wanita wisuda (pexels.com/Garret Schappacher)

Visi besar membutuhkan misi yang juga besar. Tujuan hidup yang tinggi harus dicapai dengan langkah matang agar sampai pada puncak harapan. 

Milikilah visi besar dalam hidupmu selagi masih berstatus sebagai mahasiswa. Sekiranya ambisi besar itu tak tercapai, jangan malu sebab kamu sudah terbiasa bekerja keras dan penuh strategi.

Baca Juga: Lakukan 5 Tips Ini saat Semangat Belajar Mulai Menurun

3. Memiliki minat spesifik di bidang tertentu

5 Tips untuk Mahasiswa agar Semangat Belajar Mandiri, Kuatkan Motivasiilustrasi Belajar dengan serius (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi seorang spesialis akan menarik perhatianmu seiring bertambahnya usia dan pengalaman. Ya, mengetahui banyak hal tapi tak menguasai satu pun secara mendalam hanya membuat status kompetensi tidak jelas. 

Jika kamu memiliki minat di bidang tertentu, kamu cenderung semangat mempelajarinya. Meski itu di luar topik jurusan yang kamu tekuni saat ini, pasti kamu akan menerapkan kemampuan itu ke perkuliahan sehari-hari. 

4. Menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua

5 Tips untuk Mahasiswa agar Semangat Belajar Mandiri, Kuatkan Motivasiilustrasi ayah dan anak laki-laki (pexels.com/Alena Darmel)

Memiliki jalinan komunikasi yang baik dengan orangtua umumnya juga berdampak ke semangat belajar. Sebab, apa yang kamu jalani tak lepas dari peran orangtua. 

Bahkan, apa yang kamu jalani saat ini, pada ujungnya juga untuk memberi kebahagiaan dan kebanggaan pada mereka. Itu sebabnya, dengan konsisten berkomunikasi dan diskusi, semangat belajar mandiri akan terus tumbuh tanpa dipaksa. 

5. Berteman dengan kelompok yang punya semangat yang sama

5 Tips untuk Mahasiswa agar Semangat Belajar Mandiri, Kuatkan Motivasiilustrasi belajar kelompok (pexels.com/Yan Krukov)

Di kelilingi oleh orang-orang dengan semangat yang sama juga akan berdampak pada semangat belajar mandiri. Bukan hanya belajar tnbtang materi kuliah, tapi juga kegiatan ekstrakurikuler yang kalian minati. 

Bertemanlah dengan mahasiswa yang senang belajar mandiri juga. Dengan demikian, kebersamaan yang kalian lalui bukan hanya perihal canda dan tawa, tapi juga pembelajaran efektif. 

Hal pertama yang harus kamu miliki untuk semangat belajar mandiri adalah motivasi dan visi hidup. Dengan begitu, kamu akan bersemangat belajar apa saja yang relate dengan dunia mahasiswa tanpa dipaksa. 

Baca Juga: 5 Alasan Pendidikan Jadi Aset Penting di Hidupmu, Semangat Belajar!

Uswatun Niswi Photo Verified Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya