Comscore Tracker

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel Online

Gak cuma dapat ilmu, lho!

Buat anak sekolah, mengikuti program bimbingan belajar (bimbel) adalah hal yang lumrah dijalani. Menjelang masa-masa ujian nasional dan kelulusan, peminat bimbel bahkan semakin melonjak. Seiring dengan kecanggihan teknologi, kamu pun bisa mengikuti bimbel online. Yuk, kita simak keunggulan ikut bimbel online berikut ini!

1. Materi yang dibawakan tersaji dengan interaktif dan menarik. Ada yang pakai animasi, video, sampai games apik

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel OnlineIDN TImes/Febriyanti Revitasari

Jika kamu adalah tipikal anak yang cepat bosan dengan pelajaran di kelas, ikut bimbel online bisa jadi solusi. Dengan ikut bimbel tersebut, cara mengajar dan membawakan materi tak lagi sekonvensional biasanya. Ruangguru, misalnya. Ia memperkaya direktori kontennya dengan puluhan ribu materi video belajar, lengkap dengan animasi dan pendekatan belajar yang lebih menarik.

Di tahun ajaran baru 2019/2020 ini, sejumlah fitur diluncurkan. Misalnya, fitur Smart Recommendation yang bisa mendeteksi kelemahan pelajar dan rekomendasi materi belajar yang dibutuhkan. Ada juga fitur Adventure yang membuat pengalaman belajar terasa seperti sebuah permainan games. Masih ada lagi fitur Live Teaching dan Social Learning.

"Banyak siswa yang gak tahu kemampuannya di mana. Kalau dibiarkan, makin gak tahu. Dengan bank soal dan kuis, jadi tahu di mana kemampuannya," ungkap Belva Devara, CEO Ruangguru.

2. Fleksibel, bisa dipelajari kapan saja dan di mana saja. Di sela-sela istirahat atau berbaring pun bisa dilakukan

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel OnlineIDN Times/Febriyanti Revitasari

Berbeda dengan bimbel konvensional yang mengharuskan kita datang ke sebuah tempat, bimbel online justru bisa dibawa ke mana dan kapan saja bermodalkan aplikasi di ponsel. "Saat ini, aku sekolah di Manado, tetapi kegiatanku banyak yang dilakukan di Jakarta. Supaya aku tetap bisa mengikuti pelajaran di sekolah, aku menggunakan aplikasi Ruangguru setiap harinya," tutur Anneth Delliecia Nasution, juara Indonesia Idol Junior 2018.

3. Biayanya cenderung terjangkau & siapa saja bisa bergabung. Mau kamu buruh pabrik atau babysitter, semua bisa belajar

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel OnlineIDN Times/Febriyanti Revitasari

Ya! Hal itu tidaklah mengada-ada. Dalam acara "Press Conference Ruangguru 5 Tahun", Muhammad Iman Usman (Co-Founder & Chief of Product Ruangguru.com) menceritakan pengalaman menyentuh hati tersebut.

"Ada buruh pabrik, gak sekolah formal. Dia ikut kejar paket C dan belajar dari Ruangguru. Sekarang, ia diterima di UI," ungkap laki-laki kelahiran 21 Desember 1997 tersebut. Tak hanya itu, salah satu murid aplikasinya pun ada yang berprofesi sebagai babysitter. Giat belajar dengan aplikasi Ruangguru, kini ia lolos menjadi mahasiswa UNJ.

4. Kegiatan dari bimbel online bukan sekadar mengajar, melainkan melibatkan performance menarik bak presenter televisi

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel OnlineIDN Times/Febriyanti Revitasari

Karena tidak berhadapan langsung dengan muridnya, maka guru-guru yang mengajar dalam bimbel online pun punya kualifikasi berbeda. Sadar dirinya akan ditonton banyak orang, mereka dituntut bisa menyajikan materi dengan menyenangkan dan tidak membuat bosan bak presenter televisi.

"Mengajar di depan kamera bukan hanya teaching, tapi juga performance," ungkap Belva. Dari situ, bukan tidak mungkin jika bermunculan idola-idola baru yang datang dari kalangan guru, seperti halnya orang-orang mengidolakan penyanyi ternama.

Baca Juga: 10 Fakta Belva Devara, Sang CEO Ruangguru Idola Baru Para Cewek

5. Guru yang mengajar dipilih secara selektif. Bukan hanya menguasai ilmunya, melainkan yang sangat berkualitas & berprestasi

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel OnlineIDN Times/Febriyanti Revitasari

Tidak main-main, guru bimbel online tidak hanya menguasai ilmu dan tampil menyenangkan, lho! Pastinya, mereka telah dipilih secara ketat lewat jalur seleksi khusus untuk memastikan kualitasnya.

Ruangguru sempat menyelenggarakan ajang Indonesia Teacher Prize 2019 yang diikuti oleh ribuan guru dari seluruh Indonesia. Gunanya adalah mencari guru-guru terbaik untuk mengajar di aplikasi Ruangguru. "Saat ini, pengajar-pengajar di Ruangguru termasuk pemenang Olimpiade Sains Internasional, penulis best seller buku pendidikan, dan lulusan universitas top dunia," bocor Belva.

6. Materi-materi yang diberikan sinkron dengan kurikulum sekolah yang saat ini berlaku. Jadi, jangan khawatir!

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel OnlineIDN Times/Febriyanti Revitasari

Setidaknya, ada tiga jenis kurikulum pendidikan di Indonesia. Mereka adalah KTSP, K13, dan K13 revisi. "Nanti dilihat, kurikulumnya apa. Jadi, materi pembelajarannya sesuai kurikulum sekolah. 100 persen sinkron," ungkap Belva tentang keunggulan aplikasi bimbel online besutannya.

7. Di momen tertentu, kamu yang berlangganan akan mendapat diskon dan promo yang jarang ditemui pada bimbingan belajar konvensional

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel OnlineIDN Times/Febriyanti Revitasari

Tak jarang, bimbel online melakukan kerja sama dengan beberapa merchant atau brand menarik. Tentunya, ini menambah manfaat bagi murid yang telah bergabung dan mendaftar. Salah satu contohnya adalah melakukan pembayaran langganan paket bimbel Ruangguru di Indomaret. Dari pembayaran tersebut, berkesempatan mendapat bonus berupa barang kebutuhan sehari-hari.

Tidak cuma itu, pembayaran kartu kredit bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan. "Ada kuis pada tayangan primetime dengan hadiah yang menarik," ungkap Iman Usman. Khusus bulan Juli ini, Ruangguru memberikan promo spesial berupa diskon 50% dengan kode diskon JADIJUARA.

8. Memiliki brand ambassador yang membuatmu semakin bersemangat menyimak materi setiap saat

Buruh Pabrik Pun Bisa Masuk UI, Ini 10 Keunggulan Ikut Bimbel OnlineIDN Times/Febriyanti Revitasari

Siapa yang jadi tambah semangat belajar kalau mendapat teladan dari idolanya? Kiranya, itulah yang dilakukan Ruangguru dengan penunjukan brand ambassador baru dari aplikasinya. Jika sebelumnya ada Iqbaal Ramadhan, Misellia Ikwan, Jess No Limit, hingga Anthony Sinisuka Ginting, pada medio Juli ini akan diperkenalkan sosok-sosok baru yang akan menginspirasimu.

Sebelum itu, akan ada perayaan "Ruangguru Festival Tahun Ajaran 2019/2020" yang dimeriahkan sejumlah brand ambassador Ruangguru. Baru selang beberapa hari kemudian, digelar puncak perayaan "Ruangguru 5 Tahun" yang memperkenalkan brand ambassador baru, yaitu Anneth Idol dan Nashwa Idol.

Itu dia keunggulan ikut bimbel online. Gimana? Kamu tertarik membuktikan sendiri keunggulan-keunggulan tersebut?

Baca Juga: Buat Kamu yang Capek Belajar Bahasa Inggris, Kisah Iman Usman, CEO Ruangguru.com Ini akan Menginspirasimu!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Elfida

Just For You