Comscore Tracker

5 Alasan Aktif Berorganisasi Saat Kuliah Bisa Jadi Modal Masa Depan

Yakin cuma mau jadi mahasiswa kupu-kupu?

Bagi kamu yang aktif berorganisasi saat duduk di bangku pendidikan, kamu merupakan salah satu yang telah mengambil langkah yang tepat. Untuk kamu yang belum aktif berorganisasi, segera bergabung ke salah satu organisasi terbaik di kampusmu ya. Mengapa demikian? Berorganisasi memberikan banyak manfaat lho, mulai dari mengasah softskill dan menambah pengalaman, sampai memperluas jaringan. Berikut 5 alasan kenapa kamu harus aktif berorganisasi:

1. Mengasah softskill dan menambah pengalaman dengan berorganisasi

5 Alasan Aktif Berorganisasi Saat Kuliah Bisa Jadi Modal Masa Depanpixabay.com/nikolayhg

Pastinya, kamu tahu mengenai hardskill dan softskill, kedua hal ini merupakan kemampuan dasar yang perlu kamu miliki. Kamu bisa mendapatkan hardskill dengan mengenyam pendidikan, tetapi tidak dengan softskill. Softskill merupakan kemampuan manajemen, mengatur bawahan, membuat keputusan, bekerja sama dalam tim, dan sebagainya.

Semua organisasi selalu menyimpan edukasi softskill yang sama baiknya. Selain softskill, kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman di organisasi, mulai dari mengelola acara, bekerja sama dengan perusahaan sebagai sponsor, dan sebagainya. Hal-hal tersebut tidak akan pernah kamu dapatkan jika kamu hanya berkutat di bangku kuliah.

2. Memperluas jaringan dengan berorganisasi

5 Alasan Aktif Berorganisasi Saat Kuliah Bisa Jadi Modal Masa DepanPixabay

Dengan berorganisasi, kamu memiliki kesempatan untuk mempunyai teman di luar kelasmu, bahkan di luar jurusanmu. Dengan demikian, kamu dapat memperluas jaringanmu, siapa yang tahu ketua organisasi atau rekan satu divisimu kelak menjadi wirausahawan sukses.

Selain itu, organisasi terdiri dari banyak orang dan di dalamnya terdapat berbagai macam karakter manusia. Dengan berorganisasi kamu akan bertemu berbagai macam karakter itu, dan belajar memahami sekaligus bekerja bersama mereka. Dan ketika menghadapinya di dunia kerja nanti, kamu sudah bisa menjadi profesional yang mengedepankan kepentingan bersama di atas segala-galanya.

3. Berorganisasi dapat mengembangkan minat dan bakat

5 Alasan Aktif Berorganisasi Saat Kuliah Bisa Jadi Modal Masa DepanBNEC

Salah satu hal yang penting dalam berorganisasi yaitu organisasi yang cocok dengan minat kita. Dengan memilih organisasi yang cocok dengan minat, kita akan melakukan segala kegiatannya dengan perasaan yang riang dan tanpa beban. Selain itu juga dapat dijadikan media pengembangan bakat kita.

Banyak orang yang menemukan passion atau bakat tersembunyinya setelah mereka bergabung dalam organisasi, misalnya mahasiswa jurusan teknik sipil yang bergabung dalam klub fotografi, ternyata setelah menggunakan kemampuannya, ia baru menyadari bahwa ia menyukai dunia fotografi.

Baca Juga: Buat Calon Mahasiswa, Ini 8 Beasiswa Kuliah yang Layak Kamu Coba

4. Menambah nilai CV dengan berorganisasi

5 Alasan Aktif Berorganisasi Saat Kuliah Bisa Jadi Modal Masa Depanpexels.com

Sudah jadi rahasia umum juga bahwa mencantumkan pengalaman berorganisasi dalam CV akan menambah nilai jualmu di hadapan sang reviewer personalia. Dengan punya pengalaman berorganisasi, perusahaan yang merekrutmu pasti akan mempertimbangkanmu baik-baik, karena itu artinya kamu dianggap sudah punya pengalaman dalam bekerja dalam kelompok, alias punya softskill.

IPK itu penting untuk dipertahankan, untuk menunjukkan bahwa kamu serius dalam studimu, tapi jangan sampai kamu mendewakkan IPKmu sehingga tidak mengembangkan diri di luar perkuliahan. Beberapa interviewer perusahaan bahkan lebih banyak menanyakan kegiatan organisasi ketimbang pelajaran yang dipelajari di bangku kuliah. Beberapa beasiswa seperti program Astra1st juga memiliki persyaratan bahwa kamu harus aktif berorganisasi.

5. Belajar menjadi pemimpin dengan berorganisasi

5 Alasan Aktif Berorganisasi Saat Kuliah Bisa Jadi Modal Masa DepanPexels.com/Rawpixel.com

Dengan berorganisasi, kamu bisa belajar menjadi pemimpin, misalnya dengan menjadi ketua panitia acara, ketua divisi, bahkan ketua organisasi tersebut. Kamu bisa belajar dan meningkatkan kemampuan kepemimpinanmu sebelum masuk ke dunia profesional. Dan ketika bekerja nanti, kamu sudah siap menjadi pemimpin. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Perlu Dipersiapkan Bagi Calon Mahasiswa Sebelum Kuliah

Yese Mia Photo Community Writer Yese Mia

I'm a cheerful blogger! I'm interested in education, interior, animal, fashion, and lifestyle. Contact me: yesemia24@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You