Comscore Tracker

6 Kosakata Khao dalam Bahasa Thailand, Bisa Dihafal dalam Sehari!

Ternyata artinya beragam, lho

Kunci sukses dalam belajar bahasa adalah konsisten dan disiplin. Hal tersebut juga perlu diterapkan saat sedang belajar bahasa Thailand. Dalam bahasa resmi Negeri Gajah Putih ini, banyak penulisan aksorn yang hampir sama, lho.

Memungkinkan untuk menghafal beberapa kosakata dalam sehari, di bawah ini ada enam kosakata "khao" dengan makna yang berbeda. Yuk, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. เขา (khăo) = dia

6 Kosakata Khao dalam Bahasa Thailand, Bisa Dihafal dalam Sehari!ilustrasi sedang makan bersama (pexels.com/cottonbro)

เขา (khăo) merupakan kata ganti umum untuk orang ketiga atau dia. Namun, kata ini tidak dispesifikasikan apakah ditujukan pada laki-laki atau perempuan. Penulisannya pun tidak menggunakan tanda nada.

Contohnya เขากินเผ็ดได้ (khăo kin phèt dâai). Artinya, "dia bisa makan pedas."

2. เข่า (khào) = lutut

6 Kosakata Khao dalam Bahasa Thailand, Bisa Dihafal dalam Sehari!ilustrasi lutut (pexels.com/Tofros.com)

Cara pengucapan lutut adalah khào. Kali ini ditulis dengan huruf konsonan dan vokal yang sama dengan เขา (khao) yang artinya dia. Namun, yang membedakan ialah tanda nada rendah ( ่) atau low tone.

Contoh penggunaan เข่า (khào) yaitu เข่าของฉันเจ็บ (khào khŏng chăn jèp). Artinya, "lututku sakit."

3. เข้า (khâo) = masuk

6 Kosakata Khao dalam Bahasa Thailand, Bisa Dihafal dalam Sehari!ilustrasi mengikuti pelajaran (pexels.com/RODNAE Productions)

Jangan sampai keliru untuk penulisan khao yang satu ini, ya. เข้า (khâo) yang artinya masuk ditulis dengan menggunakan tanda nada jatuh ( ้) atau falling tone.

Jika dalam kalimat contohnya วันนี้เขาเข้าโรงเรียน (wan níi khăo khâo rong riian). Artinya, "hari ini dia masuk sekolah." Mudah, bukan?

4. ขาว (khăao) = putih

6 Kosakata Khao dalam Bahasa Thailand, Bisa Dihafal dalam Sehari!ilustrasi dinding berwarna putih (pexels.com/Pixabay)

Berbeda dengan penulisan sebelumnya, karena di akhir kata ini menggunakan ว (wo waen). ขาว (khăao) yang artinya putih dilafalkan dengan vokal a panjang, sedangkan าว sendiri dibaca ao atau aw. Untuk menandakan warna, biasanya terdapat kata สี (sii) di depan kata.

Contohnya yaitu ผนังเป็นสีขาว (phà-năng pen sii khăao). Artinya, "dindingnya berwarna putih."

Baca Juga: Yuk, Belajar Bersama! 12 Kosakata Nama Tempat dalam Bahasa Thailand

5. ข้าว (khâao) = nasi

6 Kosakata Khao dalam Bahasa Thailand, Bisa Dihafal dalam Sehari!ilustrasi semangkuk nasi (pexels.com/Ann Lee)

Mirip dengan penulisan pada warna putih dalam aksorn Thailand, namun ข้าว (khâao) yang artinya nasi ditulis dengan menggunakan tanda nada jatuh ( ้) atau falling tone.

Contoh kalimatnya yakni เขากินข้าวกับแม่ของเขา (khăo kin khâao kàp mâe khŏng khăo). Artinya, "dia makan bersama ibunya." Bingung?

6. ข่าว (khàao) = berita

6 Kosakata Khao dalam Bahasa Thailand, Bisa Dihafal dalam Sehari!ilustrasi membaca koran (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Last but not least, ada ข่าว (khàao) yang artinya berita. Kata ini ditulis dengan menggunakan tanda nada rendah ( ่) atau low tone pada konsonan ข (kho khai) dan diikuti dengan vokal าว (ao).

Contohnya pada kalimat ฉันได้ยินข่าวดี (chăn dâai yin khàao dii). Artinya, "aku mendengar berita/kabar bagus."

Wah, ternyata khao memiliki arti yang beragam dalam bahasa Thailand. Kosakata di atas bisa kamu hafalkan dalam waktu sehari, lho. Jika sehari saja sudah hafal enam kosakata, maka dalam waktu tiga bulan kosakata bahasa Thailand yang kamu kuasai sudah banyak, nih!

Baca Juga: 9 Kosakata Bahasa Thailand Buat Kamu yang Doyan Belanja, Hafalin Yuk!

Yeoli Choco Photo Verified Writer Yeoli Choco

Be kind, proud, and love yourself :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya