Comscore Tracker

26 September Hari Bahasa Eropa: Sejarahnya

Melestarikan bahasa dan budaya Eropa

Hari Bahasa Eropa atau European Day of Languages diperingati setiap 26 September. Peringatan ini pertama kali diadakan oleh Dewan Eropa dan Uni Eropa sebagai tanda untuk merayakan keberagaman bahasa dan budaya di Eropa.

Negara Eropa memiliki 200 bahasa Eropa, 24 bahasa resmi Uni Eropa, dan 60 bahasa regional. Dengan keberagaman yang ada, peringatan ini diadakan setiap tahunnya. Jika kamu ingin merayakan atau mengetahui sejarah dan tujuannya, simak penjelasan berikut.

1. Sejarah Hari Bahasa Eropa

26 September Hari Bahasa Eropa: SejarahnyaBendera Uni Eropa di gedung Berlaymont kantor Komisi Eropa di Brussels, Belgia (unsplash.com/@guillaumeperigois)

Sejarah Hari Bahasa Eropa pertama kali dicetuskan oleh Dewan Eropa saat Konferensi Final Proyek pada April tahun 1997. Gagasan ini akhirnya mendapatkan dukungan dari negara-negara anggota. Pada tanggal 8 Juni 2000, Committee Of Ministers mendeklarasikan bahwa tahun 2001 sebagai Hari Bahasa Eropa sebagai kampanye akan kekayaan bahasa di benua tersebut.

Sejak itu, Hari Bahasa Eropa diperingati pada 26 September setiap tahunnya. Peringatan ini diadakan untuk mempromosikan bahasa dan budaya di benua Eropa dengan berbagai acara besar yang diselenggarakan oleh mereka.

2. Tujuan Hari Bahasa Eropa

26 September Hari Bahasa Eropa: Sejarahnyailustrasi peta Eropa (Pexels.com/Pixabay)

Hari Bahasa Eropa atau European Day of Languages memiliki tujuan untuk mendorong pembelajaran bahasa di Eropa. Selain itu, peringatan ini juga memiliki tujuan lainnya, yakni:

  • Mempromosikan keberagaman linguistik dan budaya di Eropa
  • Mendorong pembelajaran bahasa Eropa di dalam atau luar sekolah
  • Menginformasikan masyarakat tentang pentingnya pembelajaran bahasa
  • Mempromosikan pluralisme dan pertukaran informasi antar budaya.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Janji lewat Telepon dalam Bahasa Inggris, Tanpa Gagap!

3. Cara memperingati Hari Bahasa Eropa

26 September Hari Bahasa Eropa: Sejarahnya(Ilustrasi rasa cinta terhadap Uni Eropa) ANTARA FOTO/Reuters/Phil Noble

Hari Bahasa Eropa diadakan di seluruh Eropa dengan berbagai kegiatan seru yang bisa diikuti oleh masyarakat. Berikut ini beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan saat hari penting ini berlangsung:

  • Membaca literatur bahasa lain
  • Menonton film bertema komunikasi lintas budaya atau intralinguistik
  • Mempelajari bahasa baru secara langsung atau online
  • Mengikuti program yang disediakan pemerintah, seperti website Hari Bahasa Eropa, bermain game seru, kuis, mengetahui fakta bahasa, atau belajar bahasa lain.

Nah, itu dia sejarah lengkap 26 September diperingati sebagai Hari Bahasa Eropa. Momen ini diadakan setiap tahunnya untuk tetap mengingat sekaligus melestarikan bahasa dan budaya Eropa.

Baca Juga: 30 Kata-kata Bahasa Inggris yang Cocok untuk Bio Instagram, Coba deh!

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya