Comscore Tracker

Apa itu Jamet? Begini Penjelasan Lengkapnya

Bahasa gaul yang viral di TikTok

Istilah jamet sedang populer di kalangan masyarakat. Ungkapan ini diberikan kepada orang-orang tertentu yang memiliki ciri-ciri seperti "jamet" di media sosial.

Meski sudah dikenal sejak lama, istilah jamet ini muncul lagi berkat aplikasi TikTok. Namun, ternyata masih banyak yang belum mengenal apa itu jamet? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

1. Apa itu jamet?

Apa itu Jamet? Begini Penjelasan LengkapnyaIlustrasi Remaja Perempuan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jamet merupakan singkatan yang berasal dari kata "Jawa Metal" atau "Jajal Metal". Istilah ini digunakan tanpa mendiskreditkan pihak mana pun. Namun, itulah makna sebenarnya dari singkatan jamet.

Istilah ini digunakan untuk orang-orang yang memiliki penampilan seperti personel band metal, aksesori, dan riasan khas yang memberikan kesan unik atau biasa disebut alay. Tidak berdasarkan suku atau ras tertentu, semua orang bisa dinilai jamet apabila memenuhi kriteria tersebut.

Jika melihat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jamet belum masuk di dalamnya. Istilah ini hanya digunakan oleh masyarakat untuk menggambarkan orang dengan penampilan mirip metal.

Baca Juga: 9 Tips Base Makeup ala Abelle TikTok, Bikin Riasan Makin Menawan!

2. Viral usai tren Goyang Dinding Padinding

Apa itu Jamet? Begini Penjelasan LengkapnyaIlustrasi TikTok. IDN Times/Arief Rahmat

Istilah jamet kembali populer berkat tren goyang Dingding Padingding di TikTok. Tren ini dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki penampilan mirip, lalu akhirnya banyak yang mengikuti goyangan tersebut.

Berkat goyangan viral itu, kata jamet kian populer di masyarakat. Bahkan, banyak orang mengartikan jamet sebagai konotasi negatif untuk menjelekkan orang lain. Namun, sebaiknya kita harus tetap bijak bermain media sosial agar tidak sampai menyakiti hati orang lain. Sebab, semua orang bebas untuk berekspresi dan menampilkan konten kreatifnya.

Kebebasan konten merupakan hak dari semua masyarakat. Jadi, jangan takut untuk berkarya, ya!

3. Menjadi istilah gaul yang populer saat ini

Apa itu Jamet? Begini Penjelasan Lengkapnyailustrasi anak gaul (Pexels.com/Huy ProShoot)

Remaja saat ini sering mengikuti hal-hal yang tengah viral di media sosial. Selain kata jamet, ternyata ada kata-kata lainnya yang biasa digunakan oleh mereka.

Penggunaan kata ini memang terlihat kekininan. Namun, tetap harus bijak dalam menggunakannya agar tidak jangan sampai menyakiti hati orang lain. Berikut kata-kata lainnya yang tengah populer di masyarakat.

  • Kuproy: Kuproy sering disandingkan bersama jamet, menjadi Jamet Kuproy. Kuproy adalah kependekan dari 'kuli proyek'. Jika digabungkan, keduanya memiliki arti “Jajal Metal Kuli Proyek”.
  • Hyung: Istilah panggilan untuk laki-laki yang lebih tua di Korea Selatan. Di Indonesia, kata ini sering digunakan untuk memanggil orang lain.
  • Bengek: Istilah ini digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang menggelikan hingga membuat tertawa.
  • Prik: Plesetan dari freak yang memiliki arti aneh, digunakan untuk menunjukkan rasa jijik atau kotor.
  • Prenjon: Plesetan dari friendzone yang artinya zona teman. Situasi ini digambarkan saat hubungan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada perasaan.
  • Bestie: Berasal dari kata bahasa Inggris best friend yang memiliki arti teman dekat.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu jamet, sebuah istilah gaul yang populer berkat aplikasi TikTok. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 9 Ungkapan Gaul untuk Bayar Masing-masing, Bukan Split Bill

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Lea Lyliana
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya