Comscore Tracker

4 Contoh Surat Rekomendasi Pindah Sekolah

Tempat belajar baru untuk si kecil

Seorang siswa yang sedang bersekolah dapat pindah sekolah dengan alasan tertentu. Perpindahan sekolah ini diajukan oleh orangtua kepada pihak sekolah untuk mutasi siswa dari sekolah lama beralih ke sekolah baru.

Dalam hal ini, ada beberapa alasan pengajuan pindah sekolah, mulai dari mengikuti kota dinas orangtua, pindah rumah, hingga alasan lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan. Orangtua wajib memiliki pertimbangan yang matang dalam memindahkan sekolah anak.

Dalam proses mutasi pindah sekolah, dibutuhkan surat rekomendasi atau surat keterangan sebagai bukti perpindahan sekolah siswa. Jika kamu masih bingung untuk membuatnya, ikuti contoh surat rekomendasi pindah sekolah berikut ini, yuk!

1. Surat rekomendasi pindah sekolah

4 Contoh Surat Rekomendasi Pindah SekolahSurat rekomendasi pindah sekolah (dok. disdik Salatiga)

Surat rekomendasi pindah sekolah dibuat setelah pihak sekolah lama telah menyetujui perpindahan sekolah siswa. Surat tersebut berisi data diri lengkap siswa dan juga data mutasi siswa.

Dalam data mutasi, sekolah lama mencantumkan surat izin mutasi, sekolah tujuan, dan juga alasan mutasi siswa. Surat rekomendasi pindah sekolah wajib ditandatangani oleh kepala sekolah terkait agar tidak diragukan keabsahannya.

2. Surat keterangan pindah sekolah

4 Contoh Surat Rekomendasi Pindah SekolahSurat keterangan pindah sekolah (dok. disdik Salatiga)

Surat keterangan pindah sekolah dibuat setelah orangtua siswa mengajukan perpindahan sekolah anak ke sekolah lainnya. Surat ini menjadi keterangan bahwa sekolah lama telah mengajukan perpindahan siswa ke sekolah baru.

Surat ini berisi nama siswa dan nama orangtua siswa yang mengajukan permohonan pindah sekolah. Saat siswa sudah diterima, orangtua wajib mengisi data yang ada di bawah surat dan menyerahkannya ke sekolah lama sebagai bukti bahwa siswa telah diterima.

Baca Juga: 7 Contoh Surat Izin Orangtua untuk Kegiatan Anak

3. Surat keterangan dari sekolah yang menerima siswa baru

4 Contoh Surat Rekomendasi Pindah SekolahSurat keterangan (dok. disdik Salatiga)

Sekolah yang menerima siswa baru wajib membuat surat keterangan. Surat ini dibuat sebagai bukti bahwa sekolah baru siap menerima siswa baru di sekolah tersebut.

Dalam surat keterangan, orangtua siswa wajib melengkapi beberapa persyaratan yang diajukan oleh sekolah baru. Persyaratan ini mulai dari surat permohonan pindah sekolah dari orangtua dan sekolah lama, rapot, NISN, akta kelahiran, dan Kartu Keluarga.

4. Surat permohonan pindah sekolah dari orangtua

4 Contoh Surat Rekomendasi Pindah Sekolahilustrasi surat pindah sekolah dari orangtua (IDN Times/Zihan Berliana)

Surat permohonan pindah sekolah dari orangtua ini ditulis oleh orangtua siswa yang ditujukan untuk pihak sekolah lama. Dalam surat ini, orangtua menjelaskan alasan perpindahan sekolah siswa.

Alasan pindah sekolah ini ada bermacam-macam. Mulai dari mengikuti kota dinas orangtua, pindah rumah, atau alasan lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan oleh orangtua. Mereka juga wajib untuk menyebutkan sekolah baru anak dalam surat tersebut.

Nah, itu dia contoh surat rekomendasi pindah sekolah yang bisa dibuat oleh orangtua dan sekolah terkait mengenai perpindahan sekolah siswa. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 9 Contoh Surat Keterangan untuk Berbagai Keperluan

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya