Comscore Tracker

Doa Rezeki Setelah Shalat Subuh

Membuka pintu rezeki

Doa rezeki setelah shalat subuh sangat baik dipanjatkan untuk membuka pintu rezeki dan memohon kemudahan sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Sebuah doa tentunya harus dibarengi dengan niat dan usaha agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurut Ibnul Qoyyim Rahimahullah, "Doa adalah sebab terkuat bagi seseorang agar bisa selamat dari hal yang tidak ia sukai dan sebab utama meraih hal yang diinginkan." Lalu, bagaimana bacaan doa rezeki setelah shalat subuh? Simak dalam artikel berikut ini.

1. Doa rezeki setelah shalat subuh

Doa Rezeki Setelah Shalat SubuhiIlustrasi salat (IDN Times/Aditya Pratama)

Berikut ini doa rezeki setelah shalat subuh yang diucapkan oleh Rasulullah SAW setelah mengucapkan salam:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad).

Selain itu, dalam hadis ‘Ali, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, berikut ini doa rezeki setelah shalat subuh yang bisa dilantunkan:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

Agar dimudahkannya rezeki di pagi hari, kamu juga dapat melantunkan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلَائِكَتَكَ وَجَمِيعَ خَلْقِكَ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ

Allahumma inni ashbathu usyhiduka wa usyhidu hamalata 'arsyika wa malaikatika wa jami'a khalqika annaka antallahu la ilaha illa anta wa anna Muhammadan 'abduka wa rasuluka.

Artinya: "Ya Allah, aku telah berpagi, aku persaksikan Engkau, dan aku persaksikan kandungan 'arys-Mu, malaikat-malaikat-Mu serta seluruh makhluk-Mu bahwa Engkau adalah Allah, tiada tuhan selain-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan Rasul-Mu. (HR. Abu Daud, Sunan Abi Dawud, Kitab Al-Adab, Bab Ma Yaqulu Idza Ashbaha, nomor: 4407).

Baca Juga: Doa Setelah Iqomah, Bisa Menambah Pahala

2. Mengucapkan istigfar

Doa Rezeki Setelah Shalat Subuhilustrasi menyebut istigfar (Pexels.com/Thirdman)

Selain membaca doa rezeki setelah shalat subuh, kamu juga bisa mengucapkan istigfar kepada Allah SWT. Berikut ini manfaat dari mengucapkan istigfar sesudah shalat:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

“Maka aku katakan kepada mereka: "Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).

3. Bersabar

Doa Rezeki Setelah Shalat SubuhIlustrasi sabar (Pexels.com/PNW Production)

Sikap sabar adalah sebagian dari iman. Jika kita bersabar, niscaya Allah akan memberikan rezeki yang terbaik untuk umat-Nya. Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma berkata,

ما من مؤمن ولا فاجر إلا وقد كتب الله تعالى له رزقه من الحلال فان صبر حتى يأتيه آتاه الله تعالى وإن جزع فتناول شيئا من الحرام نقصه الله من رزقه الحلال

“Seorang mukmin dan seorang fajir (yang gemar maksiat) sudah ditetapkan rezeki baginya dari yang halal. Jika ia mau bersabar hingga rezeki itu diberi, niscaya Allah akan memberinya. Namun jika ia tidak sabar lantas ia tempuh cara yang haram, niscaya Allah akan mengurangi jatah rezeki halal untuknya.” (Hilyah Al-Auliya’, 1: 326).

Baca Juga: Bacaan Azan Subuh, Lengkap dengan Makna dan Doanya

4. Meningkatkan silaturahmi

Doa Rezeki Setelah Shalat Subuhilustrasi silaturahmi (Pexels.com/Monstera)

Jika kamu meningkatkan silaturahmi, rezekimu akan semakin dilapangkan. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasul Ahallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Memperbanyak sedekah

Doa Rezeki Setelah Shalat SubuhSeorang wanita yang memberikan sedekah kepada fakir miskin (pixabay.com/Kimthecoach)

Selain itu, kamu bisa melakukan sedekah jika memiliki rezeki yang lebih sebagai bentuk kepedulian kepada sesama. Rezeki yang telah diberikan, tentunya dapat diganti oleh Allah SWT pemberi rezeki sebaik-baiknya. Allah SWT berfirman,

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Itu dia doa rezeki setelah shalat subuh yang bisa kamu panjatkan untuk membuka pintu rezeki sebelum memulai hari. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perbedaan Salat Gaib dan Salat Jenazah

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya