Comscore Tracker

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Bagian yang tak kalah penting dari sejarah Indonesia

Jauh sebelum negara Indonesia merdeka, Indonesia terdiri dari berbagai macam kerajaan dengan aliran, raja, dan agama yang berbeda-beda, salah satunya adalah kerajaan Hindu Budha.

Perkembangan kerajaan Hindu Budha di Indonesia tak lepas dari jalur maritim negara kita yang memudahkan negara lain untuk singgah, seperti India, China, atau Timur Tengah. Munculnya kerajaan tersebut tentunya disertai dengan penyebaran agama Hindu Budha di Indonesia.

Kerajaan-kerajaan ini cukup berkembang besar di Indonesia pada masanya. Beberapa di antaranya masih memiliki peninggalan yang bisa kita lihat hingga saat ini. Untuk menambah ilmu pengetahuanmu, kenali kerajaan Hindu Budha di Indonesia berikut ini.

1. Kerajaan Kutai

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiailustrasi kerajaan Kutai (dok. iphpedia)

Kerajaan Kutai adalah kerajan Hindu yang berdiri pada abad ke-4 dan menjadi kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan ini terletak di hulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Kerajaan ini pernah dipimpin oleh lima raja selama masa kejayaannya, yakni raja Kudungga, Aswawarman, dan Mulawarman. Beberapa penginggalan kerajaan Kutai adalah prasasti Yupa, Arca Bulus, 12 batu, dan kalung emas.

2. Kerajaan Tarumanegara

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiailustrasi kerajaan Tarumanegara (dok. Sejarah Cirebon)

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan yang didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman yang terletak di dekat Sungai Citarum. Kini daerah tersebut menjadi daerah Lebak, Banten. Daerah kekuasaan kerajaan ini meliputi Banten, Jakarta, dan Cirebon.

Raja yang pernah memimpin kerajaan Tarumanegara adalah Wisnuwardhana, Indrawarman, Candrawarman, dan Purnawarman yang memimpin pada puncak kejayaan kerajaan ini. Ada pula penerusnya, seperti Suryawarman, Kertawarman, Sudhawarman, Hariwangsawarman, Nagajayawarman, dan Linggawarman. Peninggalan kerajaan Tarumanegara adalah Candi Ciaruteun.

3. Kerajaan Kalingga

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiailustrasi peninggalan kerajaan Kalingga (dok. Sejarah Cirebon)

Kerajaan Kalingga merupakan kerajaan Hindu Budha yang berdiri pada abad ke-6 Masehi. Kerajaan ini pertama kali muncul di pantai utara Jawa Tengah bersamaan dengan Kerajaan Kutai dan Tarumanegara.

Beberapa raja yang pernah berkuasa, yaitu Wasumurti, Wasugeni, Wasudewa, Wasukawi, Kiratasingha, Kartikeyasingha, Wasuwari (Ratu Shima). Setelah Ratu Shima wafat, kerajaan Kalingga dibagi menjadi dua kekuasan, utara dan selatan.

Baca Juga: 5 Fakta Ayam Betutu, Kuliner Bali Hasil Warisan Kerajaan Majapahit

4. Kerajaan Mataram Hindu (Mataram Kuno)

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiailustrasi peninggalan kerajaan Mataram (dok. Museum Nusantara)

Pernahkah kamu melihat Candi Borobudur? Candi tersebut ternyata peninggalan kerajaan  Mataram Hindu atau dikenal dengan sebutan lain sebagai Mataram Kuno. Kerajaan ini telah berkuasa pada abad ke-8 Masehi di Jawa Tengah dan akhirnya pindah ke Jawa Timur pada abad ke-10 Masehi.

Raja yang pernah berkuasa adalah Raja Sanjaya (Rakai Pikatan) dan Pancapana (Rakai Panangkaran). Kerajaan ini berdiri sebagai penerus kerajaan Kalingga.

5. Kerajaan Kediri

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiailustrasi Pura Mandara Giri Semeru Agung (Pixabay.com/astama81)

Kerajaan Kediri atau Panjalu berkuasa di wilayah Kediri pada tahun 1041-1222. Kerajaan ini memiliki daerah kekuasaaan yang berpusat di Dahanapura atau kini dikenal sebagai Kota Kediri.

Beberapa raja yang pernah memerintah di kerajaan Kediri adalah Jayawarsa, Bamerwara, Jayabaya, Sasweswara, Areswara, Kronsarayadipagandra, Kameswara, Kertajaya. Kerajaan Kediri mengalami keruntuhan setelah dikalahkan Ken Arok dari Desa Ganter.

6. Kerajaan Bali

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiapura besakih (Pixabay.com/Maria HZ)

Kerajaan Bali merupakan kerajaan Hindu Budha di Bali yang memiliki pengaruh dari Jawa Timur. Hal ini terjadi karena Bali pernah berada di bawah kekuasaan kerajaan Singasari dan Majapahit.

Berkat pengaruh kerajaan Hindu Budha, agama Hindu di Bali kini berkembang pesat. Beberapa peninggalan kerajaan Bali yang bisa kita lihat hingga saat ini adalah Pura Agung Besakih dan Candi Padas di Gunung Kawi.

Baca Juga: Hari Raya Nyepi, Filosofi hingga Pantangannya bagi Umat Hindu

7. Kerajaan Singasari

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiapeninggalan kerajaan singasari (dok. Sastra Wacana)

Kerajaan Singasari adalah kerajaan bercorak Hindu yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222. Kerajaan ini berada di Jawa Timur yang saat ini dikenal dengan Kota Malang.

Raja yang pernah memimpin kerajaan Singasari adalah Ken Arok, Anusapti, Panji Tohaya, Ranggawuni, dan Kertanegara. Kerajaan Singasari mengalami keruntuhan setelah diserang Jayakatwang dari Kediri.

8. Kerajaan Pajajaran

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiakerajaan pajajaran (dok. Guru Pendidikan

Kerajaan Pajajaran memiliki sebutan lain, yakni Negeri Sunda, Pasundan, atau Pakuan Pajajaran. Kerajaan ini merupakan kelanjutan dari kerajaan Taurmanegara, Sunda, Galuh, dan Kawali.

Wilayah kekuasaan kerajaan Pajajaran meliputi, Banten, Jakarta, Bandung, Sukabumi, dan Bogor. Peninggalan kerajaan ini adalah prasati Sanghyang Tapak, Kawali dan naskah Carita Parahyangan.

9. Kerajaan Majapahit

10 Kerajaan Hindu Budha di IndonesiaCandi Penataran (destinasiku.com)

Majapahit adalah kerajaan yang didirikan oleh Raden Wijaya di wilayah Jawa Timur. Kerajaan yang berdiri pada tahun 1293 ini merupakan kerajaan terakhir sejarah Hindu Budha di Indonesia.

Kerajaan Majapahit memiliki puncak kejayaan saat dipimpin oleh Hayam Wuruk (1350-1389). Kerajaan ini runtuh karena perang Paregreg yang dilakukan oleh Wikramawardhana dan Bre Wirabumi yang memperebutkan tahta kerajaan.

10. Kerajaan Sriwijaya

10 Kerajaan Hindu Budha di Indonesiakerajaan sriwijaya (dok. Lensa Sriwijaya)

Jika sebelumnya beberapa kerajaan Hindu Budha terletak di pulau Jawa, kerajaan Sriwijaya terletak di Sungai Kampar Sriwijaya, Sumatera Selatan. Kerajaan ini berada di Muara Takus yang pindah ke Jambi, kemudian ke Palembang dekat Sungai Musi.

Kerajaan ini runtuh karena serangan kerajaan Colamandala dari India, serangan Singasari, serangan Kerajaan Kediri dan berdirinya Majapahit. Raja yang pernah mempimpin adalah Dapunta Hyang Sri Jayanasa, Sri Maharaja Cudamani Warmadewa, Balaputradewa, dan Sanggrama Wijayattunggawarman.

Itu dia sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Beberapa peninggalannya bahkan masih ada hingga saat ini. Tertarik untuk mengunjunginya?

Baca Juga: 11 Makanan Indonesia yang Dulu Cuma Jadi Hidangan Kerajaan

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya