Comscore Tracker

Waktu yang Tepat untuk Menyembelih Hewan Qurban

Ketahui secara pasti

Waktu yang tepat untuk menyembelih hewan qurban perlu diperhatikan agar sesuai dengan syariat agama Islam. Hal ini wajib dipatuhi agar ibadah kurban sah dan tidak menjadi sia-sia mengingat perayaan kurban ini hanya diadakan satu tahun sekali.

Hewan kurban yang disembelih adalah sapi, kambing, unta, kerbau, atau domba. Penyembelihan hewan kurban ini hukumnya adalah sunnah muakkad yang artinya 'sunah yang sangat dianjurkan'. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menyembelih hewan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Waktu yang tepat untuk menyembelih hewan qurban

Waktu yang Tepat untuk Menyembelih Hewan QurbanPenyembelihan hewan kurban saat Idul Adha 1442 Hijriyah di di lingkungan RW 05 Perumahan Pasadena Kelurahan Kalipancur Ngaliyan Kota Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Waktu yang tepat untuk menyembelih hewan qurban adalah saat Hari Raya Idul Adha, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari Tasyrik yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Dalam periode tersebut, umat Islam dapat menyembelih sapi, kambing, kerbau, domba, atau kerbau.

Setelah itu, waktu yang tepat untuk menyembelih hewan kurban adalah hari pertama setelah salat Id hingga sebelum matahari tenggelam atau sebelum masuk waktu salat zuhur.

Penyembelihan hewan kurban ini dapat dilakukan setelah salat Id tanpa menunggu khotbah selesai. Namun, pastikan salat Id telah selesai agar kurban menjadi sah. Hal ini tercantum pada hadis riwayat Al-Bara’ bin ‘Azib bahwa Nabi Muhammad SAW berkata:

Sungguh yang pertama kali kami lakukan pada hari ini ialah salat, kemudian kami pulang dan setelah itu menyembelih hewan kurban. Siapa yang melakukan hal demikian (menyembelih setelah salat), maka dia telah memperolah sunah kami. Tetapi siapa yang menyembelih sebelum itu, maka penyembelihannya itu sebatas menyembelih untuk keluarganya sendiri dan tidak dianggap ibadah kurban. (HR Al-Bukhari).

Baca Juga: 5 Ketentuan Hewan Qurban, Pastikan Layak untuk Disembelih

2. Orang yang berhak menerima daging kurban

Waktu yang Tepat untuk Menyembelih Hewan QurbanPenyembelihan hewan kurban saat Idul Adha 1442 Hijriyah di di lingkungan RW 05 Perumahan Pasadena Kelurahan Kalipancur Ngaliyan Kota Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Pada Hari Raya Idul Adha, kamu perlu memerhatikan orang-orang yang berhak menerima daging kurban. Berikut ini ketentuannya:

  • Shohibul qurban adalah istilah untuk orang yang berkurban. Mereka berhak mendapatkan sepertiga bagian daging kurban.
  • Tetangga sekitar, teman, dan sahabat adalah orang yang berhak menerima daging kurban. Daging kurban dapat dibagikan ke orang terdekat dengan sepertiga daging kurban.
  • Fakir miskin juga berhak mendapatkan daging kurban dengan jatah sepertiga bagian. Para Shohibul qurban juga dapat meningkatkan jatah daging kurban pada fakir miskin. Kegiatan ini tentunya dilakukan sebagai salah satu upaya berbagi kepada sesama.

Itu dia waktu yang tepat untuk menyembelih hewan qurban dan orang yang berhak menerima daging kurban saat Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: Hukum Qurban, Syarat, dan Keutamaannya

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya