Comscore Tracker

5 Bentuk Ketulusan Cinta Orangtua untuk Anaknya, Tanpa Pamrih Lho!

Saking tulusnya, orangtua rela melakukan apapun demi anak

Bicara tentang keluarga, ada suatu ikatan istimewa antara orangtua dan anak yang sangat kuat jalinannya. Orangtua punya caranya sendiri dalam menyampaikan cinta, begitupun seorang anak. Akan tetapi ada beberapa bentuk ketulusan cinta yang konon dimiliki semua orangtua pada anaknya, lho.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya sebaiknya baca pembahasan di bawah ini, supaya tahu kalau secuek-cueknya orangtua pasti memiliki ketulusan cinta untuk anaknya. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Menunda keinginan pribadi demi memenuhi kebutuhan anak

5 Bentuk Ketulusan Cinta Orangtua untuk Anaknya, Tanpa Pamrih Lho!Pexels.com/Cottonbro

Bentuk ketulusan cinta orangtua pada anak yang pertama ialah keikhlasannya untuk mengalah dan menunda keinginan pribadi demi memenuhi kebutuhan anak. Terlepas bahwa merupakan tanggung jawab orangtua untuk memenuhi kebutuhan anak, akan tetapi dengan tidak bersikap egois dan mendahulukan anak adalah salah satu bentuk ketulusan cinta orangtua, lho.

2. Rela bangun pagi-pagi untuk memasak dan mengurus anak

5 Bentuk Ketulusan Cinta Orangtua untuk Anaknya, Tanpa Pamrih Lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu bentuk ketulusan cinta orangtua lainnya adalah ketika ia rela bangun pagi-pagi untuk memasak dan mengurus anak. Meski kelihatannya sepele, tapi tidak semua orang bisa melakukannya lho, jadi dengan adanya perasaan cinta itulah yang membuat orangtua telaten mengurus anak mulai dari pagi. Sebagai anak kamu mungkin tidak menyadari hal ini, namun percayalah bahwa itu merupakan salah satu bentuk cinta orangtua padamu.

Baca Juga: 5 Sikap Durhaka kepada Orangtua dalam Ajaran Islam, Harus Dihindari!

3. Kerja keras banting tulang supaya anak bisa hidup dengan nyaman

5 Bentuk Ketulusan Cinta Orangtua untuk Anaknya, Tanpa Pamrih Lho!Pexels.com/Yury Kim

Kemudian, kerja keras orangtuamu dan rela banting tulang demi membuat anaknya menjalani hidup dengan nyaman juga merupakan salah satu bentuk ketulusan cinta orangtua pada anak. Selain itu memang kewajibannya sebagai orangtua, namun tak dapat dipungkiri bahwa cinta terhadap anaklah yang menjadi kekuatan orangtua untuk berjuang. Bahkan biasanga orangtua rela merasakan sakit asalkan sang anak bisa tertawa dan bahagia dengan hidupnya.

4. Maafnya seperti tidak ada habisnya kalau anak berbuat salah

5 Bentuk Ketulusan Cinta Orangtua untuk Anaknya, Tanpa Pamrih Lho!Pexels.com/August De Richelieu

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk anak. Namun berapa kalipun seorang anak melakukan kesalahan dan belajar memperbaiki diri, orangtua akan selalu memaafkan dan menerimanya kembali. Itulah salah satu bentuk ketulusan cinta orangtua pada anaknya, ia melakukannya tanpa pamrih dan hanya berdasarkan keikhlasannya pada setiap tingkah anak.

5. Tidak menuntut apa-apa selama anaknya bahagia

5 Bentuk Ketulusan Cinta Orangtua untuk Anaknya, Tanpa Pamrih Lho!Pexels.com/Nicole Michalou

Lalu bentuk ketulusan cinta orangtua pada anak ialah bahwa ia tidak menuntut apa-apa selama anaknya bahagia. Kamu mugkin tidak sempurna, punya banyak kekurangan, dan memilih jalan hidup yang berbeda dengan orang pada umumnya, namun orangtua akan menerimamu meskipun kamu berbeda.

Karena yang terpenting baginya adalah kamu bahagia, bahkan saking tulusnya ia tidak akan menuntut banyak padamu jika kamu merasa bahagia dengan hidupmu.

Setiap orangtua memiliki ketulusan cinta untuk anaknya, dan hal itu biasanya terlihat dengan berbagai bentuk cinta yang ia lakukan demi sang anak seperti pada pembahasan tadi.

Baca Juga: 5 Macam Sisi Hidup Orangtua yang Patut Kamu Jadikan Pembelajaran Diri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya