Comscore Tracker

5 Cara Menunjukkan Rasa Sayang Kakak pada Adiknya tanpa Memanjakan

Sayang bukan berarti harus memanjakannya #IDNTimesLife

Keharmonisan keluarga sejatinya bukan hanya antara orangtua dan anak saja akan tetapi juga kerukunan anak dalam bersaudara. Sebagaimana orangtua yang punya cara sendiri dalam menyampaikan rasa sayangnya, seorang kakak juga memiliki cara dalam menunjukkan rasa sayang pada adiknya, lho.

Dan mungkin karena waktu kebersamaannya dengan adik lebih banyak dibanding orangtua, seorang kakak cenderung menunjukkan sayangnya pada adik seperti selayaknya sahabat. Yang mana jarang sekali memanjakan tapi dengan cara-cara lain yang tetap jelas menunjukkan rasa sayangnya. Berikut ini adalah lima contohnya.

1. Mengajarinya hal-hal penting dalam hidup

5 Cara Menunjukkan Rasa Sayang Kakak pada Adiknya tanpa MemanjakanIlustrasi diskusi(pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Cara pertama yang biasanya dilakukan seorang kakak dalam menunjukkan sayangnya pada sang adik ialah dengan mengajarinya hal-hal penting dalam hidup.

Contohnya seperti bagaimana caranya bergaul yang benar, memilih teman yang baik dan menjauhi yang buruk, menghadapi orang-orang yang berniat jahat, atau bahkan juga mengajadi adiknya untuk menyelamatkan diri sendiri ketika terancam bahaya ketika sendirian.

Hal ini menunjukkan kepedulian seorang kakak, karena meskipun dijaga oehnya namun sang adik jika harus bisa menjaga diri sendiri ketika berada di lingkungan sosial.

2. Mendukungnya meraih mimpi

5 Cara Menunjukkan Rasa Sayang Kakak pada Adiknya tanpa MemanjakanIlustrasi kerja sama(pexels.com/Armin Rimoldi)

Menjadi support system nomor satu adiknya dalam meraih mimpi juga merupakan salah satu cara seorang kakak menunjukkan rasa sayangnya. Karena ketika orangtua sibuk bekerja, kakaklah yang akan mendampingi susah dan senang adiknya dalam mengejar mimpi.

Dan cara ini sudah lebih dari cukup untuk membuat seorang adik merasa benar-benar dicintai dan disayang, sebab selalu ada kakak yang mendampingi dan menjadi tempat bersandarnya.

3. Menjadi pendengar yang baik dan mendampinginya ketika kesulitan

5 Cara Menunjukkan Rasa Sayang Kakak pada Adiknya tanpa MemanjakanIlustrasi menenangkan(pexels.com/SHVETS Production)

Cinta dan sayang itu gak melulu harus diungkapkan dengan kata-kata, dan salah satu cara seorang kakak dalam menunjukkan sayangnya pada adik ialah dengan menjadi pendengar yang baik dan mendampinginya ketika kesulitan.

Mungkin kelihatan sederhana, namun perhatian dan kepedulian seperti inilah yang sebenarnya dibutuhkan ketika bersaudara. Yang mana pada saat berada di titik terendahlah biasanya kita membutuhkan dukungan, kan.

Baca Juga: 5 Cara Simpel tapi Ngena untuk Menunjukkan Kasih Sayang pada Pasangan

4. Mengajarinya life skill dan kemandirian

5 Cara Menunjukkan Rasa Sayang Kakak pada Adiknya tanpa MemanjakanIlustrasi kakak adik(pexels.com/Liza Summer)

Menjadi seorang kakak itu gak mudah, dan salah satu bentuk rasa sayang dan kepeduliannya pada adik membuatnya mengajari sang adik tentang berbagai life skill dan kemandirian dalam hidup. Misalnya seperti bagaimana cara mengurus diri sendiri, membersihkan rumah, memasak, mengendarai kendaraan sendiri, dan hal-hal lain yang memang dibutuhkan. Daripada memanjakan adik, cara ini justru lebih penting untuk diajari pada adik atas dasar rasa sayangnya.

5. Bersikap bijak dengan tidak membenarkan saat dia berbuat salah

5 Cara Menunjukkan Rasa Sayang Kakak pada Adiknya tanpa MemanjakanIlustrasi bicara(pexels.com/Fauxels)

Seorang adik biasanya mencari dukungan dari saudaranya yaitu sang kakak ketika dirinya dimarahi orangtua. Tapi percayalah bahwa ketika kakakmu tidak mendukung dan membenarkan kesalahanmu bukan berarti dia tidak sayang, namun sikap bijaknya itulah yang menunjukkan kalau dia benar-benar sayang padamu. Karena dia ingin kamu menyadari kesalahanmu dan menjadi seseorang yang lebih baik, dibanding membenarkan kesalahanmu yang suatu saat malah bisa menjerumuskan.

Rasa sayangnya seorang kakak pada adiknya itu dapat disampaikan dengan berbagai macam cara, tapi lima cara di atas tadilah yang seringkali digunakan. Jadi jangan pernah berpikir kalau kakak tidak sayang padamu hanya karena dia tidak pernah mengatakannya, ya. Sebab rasa sayangnya gak melulu ditunjukkan dengan kata-kata.

Baca Juga: 6 Hal Terbaik yang Bisa Orangtua Berikan pada Anak, Bukti Sayang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya