Comscore Tracker

5 Hal Sederhana Ini Sebenarnya Termasuk Baktimu pada Orangtua, Lho!

Karena hal-hal ini menyenangkan hati mereka

Meskipun tak ada aturan ketat perihal bakti pada orangtua, namun sebagai anak yang mengingat jasa mereka dan bersyukur telah dibesarkan dengan baik memang sudah sepatutnya untuk berusaha berbakti.

Tapi maksudnya berbakti di sini gak harus memberi barang-barang mewah, tapi justru hal sederhana yang kamu lakukan untuk mereka pun sudah termasuk berbakti. Lalu apa sajakah itu? Nah, lima di antaranya ada dalam pembahasan di bawah ini. Yuk simak lebih jelasnya!

1. Mengabari mereka ketika jauh agar tidak khawatir

5 Hal Sederhana Ini Sebenarnya Termasuk Baktimu pada Orangtua, Lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hal sederhana pertama yang sebenarnya termasuk baktimu pada orangtua ialah tidak lupa untuk mengabari ketika sedang jauh. Entah itu pergi jauh karena menempuh pendidikan, urusan pekerjaan, atau bahkan karena telah menikah. Intinya, dengan mengabari dan tidak membuat mereka khawatir saja sudah termasuk dalam bakti anak pada orangtua.

2. Merawat dengan sabar ketika mereka menua

5 Hal Sederhana Ini Sebenarnya Termasuk Baktimu pada Orangtua, Lho!Pexels.com/Matthias Zommer

Mau merawat mereka saat menua dengan penuh kesabaran dan perhatian juga merupakan salah satu bentuk baktimu pada orangtua. Sebab ketika sudah menua tentunya kekuatan dan daya tahan tubuh mereka berkurang, sehingga kepedulian anak sangatlah berarti untuk membantu mereka menjalani hari-hari. Kelihatan sederhana tapi justru penting untuk dilakukan seorang anak untuk orangtuanya.

Baca Juga: 5 Sikap Sebaiknya Kamu dan Dia Tunjukkan agar Mendapat Restu Orangtua

3. Mau jika dimintai tolong untuk mengantar ke suatu tempat

5 Hal Sederhana Ini Sebenarnya Termasuk Baktimu pada Orangtua, Lho!Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Ketika mereka tidak bisa lagi pergi kemana-mana sendiri dengan kondisinya yang menua, tentunya anaklah yang akan dimintai tolong. Sederhana dan mudah banget untuk dilakukan, namun entah mengapa tak jarang ada anak yang justru malas mengantar orangtuanya ke suatu tempat. Padahal hal kecil seperti ini membuat mereka senang, lho.

4. Gantian merawat dan memperhatikan mereka ketika sakit

5 Hal Sederhana Ini Sebenarnya Termasuk Baktimu pada Orangtua, Lho!Pexels.com/Alex Green

Saat kamu sakit orangtualah yang akan mengurus semuanya. Sekarang gantian kamulah yang mengurus mereka ketika sakit dan tak berdaya. Kalau memang sudah terbiasa melakukan ini sejak kecil maka sudah akan menjadi hal yang mudah dilakukan ketika beranjak dewasa.

5. Mendengarkan nasehat baik dengan patuh dan tak membantah

5 Hal Sederhana Ini Sebenarnya Termasuk Baktimu pada Orangtua, Lho!Pexels.com/August De Richelieu

Terkadang, dimarahi atau diberi nasehat yang panjang mungkin terasa membosankan, namun tak ada salahnya untuk mendengarkan dan menjadikannya sebagai renungan diri. Lagi pula orangtua bahkan sudah merasa senang jika anaknya tak membantah, bukan menuntut untuk harus berubah menjadi lebih baik dengan cepat.

Itulah lima hal sederhana yang sebenarnya termasuk dalam baktimu pada orangtua. Jika belum bisa memberi hal-hal yang mahal, mulailah berbakti dari hal sederhana. 

Baca Juga: 5 Risiko Kamu Mengelak dari Obrolan Soal Masa Depan Sama Orangtua 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya