Comscore Tracker

5 Hal yang Menghancurkan Kesan Baikmu di Mata Mertua, Fatal Banget!

Sikapmu dinilai kurang pantas di matanya

Meluluhkan dan mengambil hati orangtua pasangan ketika pacaran memang penting untuk mendapatkan restu, akan tetapi menjaga kesan baikmu di mata mereka ketika sudah menjadi mertua sebenarnya lebih penting lagi. Sebab kehidupan pernikahan itu dijalani seumur hidup, jadi bakal gak nyaman rasanya kalau harus menjalani pernikahan dengan mertua yang tidak suka lagi kepadamu.

Kebanyakan orang lalai dan akhirnya bersikap sembarangan yang jadinya menurunkan nilainya sendiri di mata mertua. Contohnya seperti melakukan beberapa hal di bawah ini. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini. 

1. Mengkritik masakannya

5 Hal yang Menghancurkan Kesan Baikmu di Mata Mertua, Fatal Banget!ilustrasi makan bersama (pexels.com/Kampus Production)

Memberi kesan terhadap makanan yang kamu makan tentu tidak apa-apa, tapi kalau blak-blakannya mengkritik masakan yang disajikan mertua otomatis akan menurunkan nilainya kepadamu. Tindakan yang sangat tidak sopan untuk dilakukan, apalagi kepada mertuamu sendiri.

Kesan baikmu di mata mertua jadi hilang karena sikapmu yang tidak menghargai mereka itu. Karena memasak itu kan tidak mudah, dan mengkritik makanan sama saja dengan tak mensyukuri usaha mereka untuk menjamu dirimu. 

2. Menuntut pasangan untuk lebih memprioritaskan dirimu dibanding orangtuanya

5 Hal yang Menghancurkan Kesan Baikmu di Mata Mertua, Fatal Banget!ilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memang benar bahwa sedikit banyaknya kamu pasti memiliki rasa ingin diprioritaskan oleh pasangan ketika sudah menikah. Akan tetapi dengan terang-terangan menuntut pasangan untuk lebih mengutamakanmu dibanding orangtuanya bukanlah suatu hal yang benar. Karena sejatinya kedudukan mereka sebagai orangtua semestinya memang harus diutamakan meski anaknya sudah menikah.

Menjadikanmu prioritas bukan berarti dia harus mengabaikan orangtuanya, yang mana hal ini juga menghancurkan kesan baikmu di mata mertua. Kesannya seperti kamu hanya menginginkan anaknya saja dan tak ingin orangtua ada di dalam pernikahanmu. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Mertua Toxic, Gak Cuma Hobi Ikut Campur

3. Perhitungan perihal uang kepada mereka

5 Hal yang Menghancurkan Kesan Baikmu di Mata Mertua, Fatal Banget!ilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Terlalu perhitungan dengan uang kepada mertua juga akan menghancurkan kesan baikmu di mata mereka, lho. Misalnya saja seperti pasangan untuk memberi uang kepada orangtuanya untuk biaya bulanan, gak mau memberi perawatan mahal ketika sakit, atau mengungkit-ungkit uang yang sudah dikeluarkan untuk mereka.

Memang benar bahwa setelah menikah harus pandai mengelola uang dan mengatur pengeluaran agar biaya hidup tercukupi, akan tetapi ada kalanya kamu juga harus melonggarkan hal itu jika mertua sedang membutuhkan. Kesannya pelit banget kalau kamu sampai terlalu perhitungan sama uang yang digunakan untuk mereka. 

4. Lebih mementingkan diri sendiri ketika keluarga dilanda musibah

5 Hal yang Menghancurkan Kesan Baikmu di Mata Mertua, Fatal Banget!ilustrasi menatap (pexels.com/SHVETS Production)

Di saat mertua dan keluarga pasanganmu sedang kesusahan dan sangat butuh bantuan namun kamu seolah tak peduli dan gak mau ikutan susah. Bukan berarti kamu harus mengorbankan diri habis-habisan untuk membantu keluarga pasangan.

Akan tetapi sikapmu yang dingin dan egois ketika mereka sedang kesusahan tentu sama sekali tidak pantas untuk dilakukan. Jangan bikin keluarga kecewa karena sikapmu yang tak peduli itu. Ingat ketika sudah menikah, kamu pun bagian dari keluarga pasanganmu.

5. Melalaikan anak demi kepentingan sendiri

5 Hal yang Menghancurkan Kesan Baikmu di Mata Mertua, Fatal Banget!ilustrasi sibuk (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Hal kelima yang juga menghancurkan kesan baikmu di mata mertua adalah jika dirimu melalaikan anak demi kepentingan diri sendiri. Ini hal yang sangat tidak bertanggung jawab dan sangat mengecewakan bagi mertua jika memiliki menantu yang tidak bisa merawat anak, dia jadi berpikir kalau pilihan anaknya untuk menikah denganmu itu salah.

Misalnya, kamu membiarkan anak kelaparan karena sedang melakukan perawatan diri atau merias diri, atau membiarkan anak bermain dan menghabiskan waktu sendiri sedangkan kamu sibuk bekerja tanpa mempedulikannya. Mertua manapun pasti marah jika cucunya diabaikan seperti itu, kesan baiknya kepadamu jadi hilang karena ketidak becusanmu dalam mengurus anak.

Hati-hati, jangan sampai kamu lalai dan melakukan hal yang bisa menghancurkan kesan baikmu di mata mertua seperti lima poin di atas tadi. Tetap jaga adab dan etika, ya! 

Baca Juga: 7 Zodiak yang Selalu Beri Kesan Baik pada Calon Mertua, Ada Kamu?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya