Comscore Tracker

5 Kekhawatiran Orangtua saat Melepas Anaknya Pergi Merantau

Orangtua pasti cemas jika anaknya jauh dari pandangannya, wajar, guys!

Anak tidak akan selamanya kecil dan bergantung pada orangtua, yang mana cepat atau lambat, akan tiba saatnya ia tumbuh dewasa dan memilih jalan hidup sendiri.

Bahkan tidak jarang anak pergi jauh untuk merantau, entah itu tuntutan pendidikan atau pekerjaannya, dan orangtua pun harus bisa merelakan anaknya untuk pergi merantau.

Tapi meskipun rela demi masa depan sang anak, yang namanya orangtua pasti cemas dan memiliki kekhawatiran ketika anaknya jauh dari pandangan. Mulai dari mengkhawatirkan kesehatan hingga pola makan anak, berikut adalah lima kekhawatiran orangtua saat melepas anaknya pergi merantau. 

1. Mencemaskan keamanan anaknya karena hidup sendiri

5 Kekhawatiran Orangtua saat Melepas Anaknya Pergi Merantauilustrasi merenung (pexels.com/Cottonbro)

Meski orangtua merelakan anaknya untuk pergi merantau, namun ketika jauh dan mengetahui anaknya sendirian di tempat yang asing, orangtua pasti mengkhawatirkan keselamatan anaknya.

Memikirkan apakah sang anak berada di tempat yang aman dan bisa melindungi diri sendiri ketika jauh dari mereka. Meski tak semua orangtua menyampaikannya secara terbuka, tapi kekhawatiran ini pasti dimiliki setiap orangtua yang anaknya pergi merantau, lho. 

2. Baik atau tidaknya makanan yang dikonsumsi sang anak

5 Kekhawatiran Orangtua saat Melepas Anaknya Pergi Merantauilustrasi orang tua (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain keamanan anak, orangtua juga kerap mengkhawatirkan tentang makanan yang dikonsumsi sang anak ketika pergi jauh darinya. Apakah anaknya bisa makan dengan baik atau tidak, sehat atau tidaknya jenis makanan yang dikonsumsi, bahkan juga memikirkan apakah anaknya selera makan ketika sendirian ataukah tidak. Inilah yang menggambarkan bahwa rasa sayang orangtua pada anak itu sebenarnya sedalam ini. 

3. Tidak ada yang mengurus ketika sakit

5 Kekhawatiran Orangtua saat Melepas Anaknya Pergi Merantauilustrasi sakit (pexels.com/Cottonbro)

Kekhawatiran tentang tidak ada yang mengurus anaknya ketika sakit juga biasanya mereka miliki saat melepas anak pergi merantau. Karena ketika merantau, tentu sang anak harus mandiri, yang mana apa-apa jadi serba sendiri bahkan jika sedang sakit sekalipun.

Makanya tak jarang orangtua hanya memperbolehkan anaknya untuk merantau ke tempat yang ada saudara atau kenalannya di sana, supaya mereka bisa dimintai tolong untuk melihat dan mengurus sang anak ketika sakit. 

Baca Juga: Sebelum Merantau, Ini 5 Pola Pikir yang Wajib Kamu Tancapkan!

4. Tidak bisa membantu menjaga sang anak dari orang-orang yang berniat buruk

5 Kekhawatiran Orangtua saat Melepas Anaknya Pergi Merantauilustrasi takut (pexels.com/Keira Burton)

Bisa dibilang, bahwa hal yang keempat ini adalah yang paling dikhawatirkan orangtua, yaitu tidak bisanya mereka untuk menjagamu dari orang-orang jahat.

Apalagi kalau anak yang merantau itu perempuan, maka kekhawatiran orangtua terhadap hal ini bisa berkali lipat besarnya. Sebab anak perempuan jika sendirian di tempat asing bisa menjadi sasaran kejahatan, itulah yang sangat dikhawatirkan. 

5. Khawatir jika sang anak dekat dengan orang buruk, mau itu teman ataupun pacar

5 Kekhawatiran Orangtua saat Melepas Anaknya Pergi Merantauilustrasi pasangan (pexels.com/Cottonbro)

Terakhir, orangtua juga khawatir tentang orang-orang yang di dekat anaknya ketika di perantauan. Entah itu teman atau pacar, orangtua khawatir bahwa sang anak mungkin dekat dengan orang yang tidak baik.

Sebab, selain bisa berpengaruh buruk untuk anaknya, jika terjebak dengan orang yang buruk pun bisa-bisa malah membahayakan keselamatan. Sebab anak perantauan sendirian, tidak ada yang bisa diminta bantu untuk melindungi jika ada apa-apa. 

Intinya, mau serela apapun orangtua melepas anaknya untuk pergi merantau, beberapa kekhawatiran seperti tadi pasti dimiliki setiap orangtua yang anaknya jauh dari pandangan dan jangkauan. Benar? Jadi jangan risih, ya, hal ini wajar terjadi, kok. 

Baca Juga: Ini 6 Alasan Kamu Gak Perlu Takut Merantau, Demi Masa Depanmu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya