Comscore Tracker

Semakin Bonding, 5 Rekomendasi Kegiatan Asyik Bersama Anak

Hubunganmu dengan anak jadi lebih terikat kuat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempererat bonding dengan anak, yang paling ampuh ialah dengan melakukan kegiatan bersama. Karena ikatan orangtua dan anak otomatis akan jadi semakin erat ketika saling terlibat dalam satu kegiatan. Berikut ini rekomendasi kegiatan yang asyik untuk dilakukan bersama anak. Yuk, dicoba! 

1. Berkemah bersama

Semakin Bonding, 5 Rekomendasi Kegiatan Asyik Bersama Anakilustrasi anak (pexels.com/Kampus Production)

Kegiatan pertama yang bagus untuk mempererat hubunganmu dengan anak ialah dengan mengajaknya berkemah bersama. Baik ketika masih kecil ataupun sudah dewasa, berkemah tetap bisa dilakukan kapan pun. 

Jadi cobalah untuk meluangkan waktu di akhir pekan dan rencanakan camping di dekat hutan atau bukit yang luas. Kamu akan berinteraksi dan melakukan banyak hal bersama anak karena mereka jauh dari gadget. Mulai dari membangun tenda, mencari kayu bakar, bertualang, memasak hingga membaca buku, banyak banget momen yang kalian ciptakan. 

2. Buatlah proyek karya seni bersama dengan anak

Semakin Bonding, 5 Rekomendasi Kegiatan Asyik Bersama Anakilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Imajinasi seorang anak itu besar, maka dari itu gak ada salahnya untuk mencoba kegiatan yang satu ini yaitu membuat karya seni bersama. Baik itu karya seni berupa lukisan, patung dari tanah liat atau bahkan yang lainnya. 

Anak-anak akan senang sekali jika memiliki proyek bersama orangtuanya. Ada perasaan bangga tersendiri ketika ia berhasil membuat suatu hal bersama orang dewasa, dan kerja sama kalian selama melakukannya akan mempererat bonding tanpa disadari. 

Baca Juga: 5 Tips Membeli Pakaian untuk Anak-Anak Jangan Sampai Gak Muat!

3. Ikuti lomba dan bekerja sama untuk jadi juara

Semakin Bonding, 5 Rekomendasi Kegiatan Asyik Bersama Anakilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/RUN 4 FFWPU)

Ada banyak lomba yang diadakan untuk orangtua dan anak sebagai peserta, dan inilah salah satu kegiatan asyik yang juga bisa memperkuat ikatanmu dengan anak. Yang mana kalian akan bekerja sama untuk berkompetisi dan menjadi juara. 

Tidak hanya melatih jiwa kompetisi anak, anak juga akan merasa bahagia ketika ia bisa mencapai suatu hal bersama orangtuanya. Selain itu, mengikuti lomba seperti ini juga membuat hubunganmu dengan anak jadi sangat supportive dan sehat. Saling membantu dan menyemangati. 

4. Melakukan olahraga rutin

Semakin Bonding, 5 Rekomendasi Kegiatan Asyik Bersama Anakilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Kamaji Ogino)

Orangtua adalah panutan pertama anak, yang mana ia akan mencoba meniru supaya bisa tampak keren seperti orangtua yang ia kagumi. Maka dari itu sangat disarankan untuk memberi pengaruh yang baik pada anak, salah satunya ialah perihal olahraga. 

Lakukanlah kegiatan olahraga bersama rutin dengan anak. Selain mengajarkannya hal baik sejak kecil, hubunganmu dengan anak juga akan terjalin baik karena kalian punya rutinitas dan waktu kebersamaan yang banyak. Selain itu juga baik untuk mental ketika dibuat bahagia dengan tingkah anak yang semangat mengikutimu berolahraga. 

5. Bergabung dengan imajinasi anak dan ikut bermain bersamanya

Semakin Bonding, 5 Rekomendasi Kegiatan Asyik Bersama Anakilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kegiatan terakhir yang juga gak kalah asyik untuk dilakukan bersama anak ialah ikut bermain bersamanya. Bergabunglah dengan imajinasi anak dan bermain bersama mereka ketika menghabiskan waktu bersama. 

Selain membuat anak merasa dirinya dicintai, kegiatan ini juga berguna untuk mempererat bonding dengan anak. Mereka jadi merasa dekat dan begitu bahagia bersama orangtuanya. 

Kunci dari membangun ikatan yang kuat dengan anak sebenarnya cuma satu yaitu waktu. Jadi luangkanlah waktumu untuk bisa melakukan lima kegiatan tadi bersama anak sehingga hubungan kalian pun menjadi erat.

Baca Juga: 5 Bahaya Minum Kopi untuk Anak-anak, Bisa Hambat Pertumbuhan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya