Comscore Tracker

5 Sisi Positif Jika Orangtua Dapat Memahami Perasaan Anak dengan Baik

Kamu jadi tahu cara paling tepat dalam mendidiknya

Bicara tentang peran sebagai orangtua, kita sadar bahwa tidak semua orang bisa menjadi orangtua yang baik untuk anaknya. Tapi setidaknya semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi orangtua yang baik, padahal untuk mendapat predikat sebagai orangtua yang baik saja banyak yang harus dilakukan lho. Bukan hanya membesarkan atau mendidiknya, namun juga harus dapat memahami perasaannya.

Namun, memang semua itu memiliki manfaat dan sisi positif masing-masing, terutama memahami perasaan anak yang memang sangat perlu untuk dilakukan. Lima sisi positifnya pun ada di bawah ini, yuk disimak!

1. Anak jadi tidak takut untuk terbuka

5 Sisi Positif Jika Orangtua Dapat Memahami Perasaan Anak dengan BaikPexels.com/Elly Fairytale

Jika orangtua dapat memahami perasaan sang anak maka sisi positifnya yang utama ialah dia jadi tidak takut untuk terbuka. Karena keberanian anak untuk terbuka pada orangtuanya dipengaruhi oleh rasa aman, apakah orangtuanya dapat memahami dia atau tidak. Makanya gak jarang ada banyak anak-anak yang malah tertutup pada orangtuanya sendiri.

2. Orangtua jadi bisa mendidik anak dengan cara yang tepat

5 Sisi Positif Jika Orangtua Dapat Memahami Perasaan Anak dengan BaikPexels.com/Cottonbro

Sisi positifnya yang keempat dari orangtua yang dapat memahami perasaan anaknya adalah jadi bisa mendidiknya dengan cara yang tepat. Karena kamu paham apa yang ia rasakan, bagaimana moodnya, jadi cara mendidiknya pun bisa disesuaikan dengan kondisi emosionalnya.

3. Terjalinnya ikatan yang kuat

5 Sisi Positif Jika Orangtua Dapat Memahami Perasaan Anak dengan BaikPexels.com/Ketut Subiyanto

Ketiga, ikatan antara orangtua dan anak jadi makin erat kalau bisa memahami perasaannya. Sebab anak itu sebenarnya sangat peka dan sensitif, dia tahu apakah orang-orang di sekitarnya dapat mengerti dia atau tidak. Dan pemahamanmu ini jadi membuatnya merasa semakin dekat denganmu.

Baca Juga: 5 Pelajaran yang Didapat dari Perceraian Orangtua

4. Bisa Mengarahkan anak dengan lebih baik pada hal-hal positif

5 Sisi Positif Jika Orangtua Dapat Memahami Perasaan Anak dengan BaikPexels.com/Emma Bauso

Keempat, sebagai orangtua kamu bisa mengarahkan anak ke arah yang positif dengan lebih tepat jika dapat memahami diri dan perasaannya kan. Hal ini tentunya sangat penting san berpengaruh pada masa depannya, sebab kamu berperan besar pada jalan hidup anak.

5. Tidak asal menghakimi atau menyudutkan anak jika sesuatu terjadi

5 Sisi Positif Jika Orangtua Dapat Memahami Perasaan Anak dengan BaikPexels.com/August de Richelieu

Tidak asal menghakimi dan menyudutkan anak ketika ia melakukan sesuatu juga menjadi sisi positif dari memahami perasaan anak. Sebab akan sangat fatal akibatnya jika sebagai orangtua kamu malah tidak memahaminya dan menghakiminya sembarangan. Bagaimanapun juga orangtua merupakan pemberi support terbesar bagi anak. 

Peran dan tanggung jawab orangtua terhadap anak itu besar sekali, termasuk dalam hal memahami diri dan perasaan anak yang lima sisi positifnya ada pada pembahasan di atas.

Baca Juga: 5 Prinsip Orangtua Ini Berbahaya Ketika Diterapkan dalam Mendidik Anak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya