Comscore Tracker

5 Sisi Positif Membiasakan Anak Membuat Keputusan Sendiri

Dia jadi belajar bijak & memahami tanggung jawab sejak dini

Jika pada umumnya orangtua sering memilih dan memutuskan sesuatu sendiri demi kebaikan anaknya, maka kamu juga harus tahu bahwa ternyata ada baiknya jika orangtua membiarkan anak membuat keputusan sendiri. Kamu tetap akan membimbingnya, dan anak dibiasakan membuat keputusan untuk dirinya sendiri.

Selain melatih mentalnya agar lebih berani, ada banyak sisi positif lainnya yang didapat dari didikan seperti ini. Lima di antaranya ada dalam pembahasan di bawah, yuk simak!

1. Dia belajar tanggung jawab atas keputusannya sendiri

5 Sisi Positif Membiasakan Anak Membuat Keputusan SendiriPexels.com/Julia M Cameron

Sisi positif pertama dari membiasakan anak membuat keputusan sendiri ialah dia jadi belajar bertanggung jawab atas keputusannya sejak kecil. Bahwa dia akan menanggung apapun dari keputusan yang ia buat, dan ini sangat berguna sebagai pembelajaran hidup baginya lho.

2. Mengembangkan cara berpikir dan logika anak

5 Sisi Positif Membiasakan Anak Membuat Keputusan SendiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika anak sudah dibiasakan membuat keputusan sendiri maka dengan alami caranya berpikir pun akan berkembang. Ia akan belajar menggunakan logikanya agar jangan sampai membuat keputusan yang salah, bukankah sangat menarik melihat perkembangan anak seperti ini?

3. Memahami makna risiko sejak dini

5 Sisi Positif Membiasakan Anak Membuat Keputusan SendiriPexels.com/Ketut Subiyanto

Sisi positif yang ketiga adalah anak sudah belajar mengenai makna risiko sejak ia kecil. Ia tahu baik dan buruknya dari sebuah risiko akibat keputusannya, jadi saat dewasa ia bisa lebih hati-hati dan tidak sembarangan dalam memutuskan sesuatu.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Harus Rajin Menanyakan Anak Soal Harinya di Sekolah 

4. Gak takut untuk melangkah

5 Sisi Positif Membiasakan Anak Membuat Keputusan SendiriPexels.com/Gustavo Fring

Anak yang dibiasakan orangtuanya membuat keputusan sendiri akan menjadi sosok yang lebih berani untuk melangkah. Bukan karena ia tidak takut sedikit pun, akan tetapi ia berani karena tahu risiko dari setiap keputusannya dan ia siap untuk itu. Anak yang seperti ini juga biasanya lebih berani melakukan hal yang ia suka dan yakini.

5. Belajar dengan sendirinya untuk menjadi lebih bijak

5 Sisi Positif Membiasakan Anak Membuat Keputusan SendiriPexels.com/Matthias Cooper

Menjadi pribadi yang bijaksana itu bukan berdasarkan teori, akan tetapi hasil dari pengalaman dan pembelajaran sendiri dan berubah menjadi lebih bijak dengan kemauan diri. Ini juga merupakan sisi positif dari orangtua yang membiasakan anaknya mengambil keputusan sendiri, anak menjadi bijaksana karena belajar sejak kecil.

Sebagian besar orangtua mungkin takut membiarkan anak membuat keputusan sendiri karena ragu, namun percayalah bahwa ada sisi positif dari didikan cara ini yang bagus untuk perkembangan anak.

Baca Juga: Perlu Dihindari, 5 Akibat Orangtua Sering Membentak Anak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya