Comscore Tracker

5 Tips Mendidik Anak untuk Pelan-pelan Belajar Bersikap Dewasa

Karena orangtua tidak akan bisa selamanya ada untuk anak

Setiap orang pasti memiliki metodenya sendiri ketika mendidik anak, namun kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa digunakan oleh semua orangtua untuk pelan-pelan mengajarkan anak bersikap dewasa. Karena kita tidak bisa selamanya ada untuk anak, dan ada masa di mana mereka harus mandiri melakukan segalanya sendiri. Apa sajakah tipsnya? Yuk simak lima di antaranya berikut ini.

1. Meminta bantuannya mengurus adik

5 Tips Mendidik Anak untuk Pelan-pelan Belajar Bersikap DewasaPexels.com/Freestocks.org

Tips yang pertama adalah dengan meminta bantuannya menjaga atau mengurus adik. Cara yang satu ini terkenal cukup efektif untuk mengajarkan anak bersikap dewasa, karena selain mempererat hubungan saudara di antara keduanya, hal ini juga dapat membuat anak jadi berusaha menjadi sosok yang dapat diandalkan. Baik bagi adiknya ataupun untuk orangtuanya.

2. Mengajarkan cara menyelesaikan masalah dengan benar

5 Tips Mendidik Anak untuk Pelan-pelan Belajar Bersikap DewasaPexels.com/Victoria Borodinova

Ketika anak mengalami suatu masalah, mengajarkan cara penyelesaian yang benar pada anak adalah tugas penting orangtua. Karena ia akan belajar dari bagaimana yang orangtua ajarkan, dan menerapkannya jika kembali mengalami kesulitan. Jadi dia pelan-pelan tahu bersikap dewasa dan tak selalu bergantung pada orangtua.

Baca Juga: 5 Cara Menata Area Bermain Anak yang Mendukung Perkembangannya Juga

3. Tidak mengekangnya

5 Tips Mendidik Anak untuk Pelan-pelan Belajar Bersikap DewasaPexels.com/Rosemary Ketchum

Tips yang ketiga jika ingin mengajarkan anak untuk belajar bersikap dewasa adalah dengan tidak mengekangnya. Tidak harus sepenuhnya dilepas, namun membiarkan anak mengeksplorasi dan mencoba hal-hal baru untuk menambah wawasannya sendiri dan orangtua cukup mengawasi dari jauh. 

4. Meminta pendapatnya saat membuat keputusan

5 Tips Mendidik Anak untuk Pelan-pelan Belajar Bersikap DewasaPexels.com/Brett Sayles

Tips selanjutnya adalah dengan meminta pendapatnya untuk setiap keputusan ataupun pilihan yang dibuat. Hal ini melibatkan banyak komunikasi antara anak dan orangtua, yang mana anak dibebaskan membuat suatu pilihan dengan berdiskusi bersama orangtua. Dengan begitu anak juga belajar bagaimana dia harus bertanggung jawab atas segala keputusan dan pilihannya.

5. Menasehati jika dia berbuat salah dan tidak langsung menghakimi

5 Tips Mendidik Anak untuk Pelan-pelan Belajar Bersikap DewasaPexels.com/Ba Phi

Tips terakhir dan sangat penting adalah dengan tidak menghakimi anak ketika dia berbuat salah, namun menasehatinya dengan cara yang benar. Jika ingin anak pelan-pelan belajar bersikap dewasa maka orangtua tidak boleh membuat mentalnya jatuh dengan sikap menghakimi.

Beritahu dia tentang mana yang benar dan salah, lalu diskusikan bersama mengenai perbuatannya apakah itu suatu hal yang benar atau tidak. Dengan begitu anak bisa belajar dari setiap kesalahannya dan tahu alasan mengapa ia tidak baik melakukan hal itu.

Itulah beberapa tips yang konon sangat berguna bagi para orangtua untuk mengajarkan anak bagaimana bersikap dewasa.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Anak yang Hobinya Pilih-pilih Makanan, Dijamin Sukses

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya