Comscore Tracker

6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertua

Mending ngontrak sih!

Tinggal dengan mertua setelah menikah? Tampaknya hal ini udah menjadi kebiasaan di Indonesia. Walaupun nggak semua melakukannya sih, tapi nggak sedikit juga cowok ngajak istri buat campur sama keluarganya. Alasannya bisa macam-macam, mungkin mengikuti adat atau karena keadaan yang memaksa.

Sebenarnya tinggal dengan mertua bukanlah sesuatu yang salah. Tapi nggak bisa dipungkiri bila keputusan itu kerap membuat para istri jadi tak nyaman.

Nah, buat kamu para cowok, coba pahami nih bro sederet penyebab yang bikin cewek merasa gelisah saat tinggal dengan mertua! 

1. Gak bisa leluasa, selalu merasa segan karena istri mengangap dirinya hanya numpang

6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertuaimagenesmi. com

Kegelisahan paling umum yang kerap dialami cewek yang tinggal dengan mertuanya yakni sering merasa sungkan. Mau makan banyak sungkan, mau keramas tiap hari takut diomongin. Begitupun saat shopping, rasanya nggak enak kalau pas belanja banyak trus diliatin mertua. Hmm, intinya nggak bisa leluasa gitu!

Cewek ngerasa kalau dia tinggal di mertua hanyalah numpang. Jadi mau tak mau ya harus jaga perilaku walau kadang ia merasa agak lelah.

2. Kurang bisa nyantai. Demi gak dicap pemalas, harus rajin bantu-bantu

6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertuai'm. Idola.com

Bukan sekedar nggak leluasa, tinggal dengan mertua juga mengharuskan cewek buat jadi menatu yang rajin. Tiap hari harus bangun pagi. Bantu-bantu bersihin rumah, masak, semua dilakuin demi nggak dicap pemalas.

Sebenarnya hal ini bukan masalah besar. Tapi kadang istrimu juga punya kerjaan lain yang harus dilakuin. Kadang ia juga ingin nyantai dan leyeh-leyeh di kamar. Sayangnya, hal itu sulit ia dapatkan selama masih tinggal di mertua, ya lagi-lagi karena merasa sungkan.

3. Mertua kerap mengawasi segala hal, ini juga bikin istri tertekan

6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertuaevo ke. Ie

Satu lagi nih yang bikin cewek tertekan saat tinggal di rumah mertua, yaitu karena selalu diawasi. Dari urusan masak, nyuci baju, setrika, sampai naruh letak barang diawasi! Kalau seperti itu, kira-kira siapa sih yang nggak ngerasa capek?

Istrimu tentunya memiliki cara tersendiri untuk mengatur hidupnya. Sesekali memberikan nasehat bolehlah. Tapi kalau selalu diatur ya rasanya enggak bebas.

Baca Juga: 10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertua

4. Keberadaan ipar (terutama ipar cowok) seringkali membuat istri merasa gak nyaman, secara bukan muhrim loh!

6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan MertuaOakland post online.com

Keberadaan ipar di rumah mertua juga kerap memicu rasa tak nyaman. Terutama ipar cowok nih! Rasanya pasti sungkan tiap saat bertatapan dengan seseorang yang bukan muhrim.

Mau tak mau, istrimu juga harus selalu mengenakan pakaian tertutup dan sopan saat dalam rumah. Ia nggak bisa pilih baju sesuka hati.

5. Kadang cara pola asuh anak yang berbeda antara mertua dan istri juga bisa memicu pertikaian

6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertualiveabout.com

Kebanyakan mertua dan menantu memiliki cara pola asuh anak yang berbeda. Hal ini tak jarang menimbulkan perselisihan.

Meski kadang istrimu kerap mengalah, tapi sebenarnya ia tertekan loh! Nggak masalah kalau mertua ngasih masukan, namun jika sampai ngatur masalah anak pastinya itu bikin nyesek! Karena gimanapun istrimulah yang melahirkan anakmu. Dia lebih berhak atas buah hatinya.

6. Tak bebas bersuara, kadang harus menuruti kemauan mertua meski gak sesuai keinginan

6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertuawebtretho.com

Yang namanya mertua pastilah harus dihormati. Namun kadang yang bikin istrimu galau saat mertua menginginkan sesuatu yang bertolak belakang dengannya.

Mau nolak ya nggak enak. Dituruti pun nyiksa batin. Tapi apalah daya, karena nggak bisa bebas bersuara, mau tak mau istrimu tetap menuruti kemauan mertua walau itu tak sesuai dengan keinginannya.

7. Dan yang paling bikin galau adalah saat mertua ikut campur dengan urusan rumah tangga anaknya

6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertuarelationshipscope.com

Nah, alasan terakhir inilah yang paling bikin cewek gelisah yakni saat mertua ikut campur dengan urusan rumah tangganya. Gimanapun juga, istrimu butuh privasi. Dan untuk masalah rumah tangga, bukankah lebih baik diselesaikan sendiri? Keterlibatan orang tua dalam rumah tangga anak biasanya berisiko memicu pertikaian.

Okey, kira-kira itulah bro sederet kegelisahan yang sering dirasakan cewek saat tinggal bareng mertua. Bukannya ia benci orang tuamu ya! Hanya saja, istrimu butuh ruang tersendiri. Maka itu, mending ngontrak aja. Selain bikin istri lebih bahagia, kamu bisa belajar mandiri, bro!

Baca Juga: 5 Alasan Mengontrak Rumah Lebih Baik Daripada Tinggal sama Mertua

niya sym Photo Verified Writer niya sym

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya