Comscore Tracker

5 Hal Ini Dapat Menyakiti Perasaan Orangtua, Jangan Dilakukan Ya!

Hormati dan sayangi keduanya

Orangtua tentu sangat menyayangi anak-anaknya. Kasih sayang yang mereka berikan kepada buah hatinya selalu tulus. Mulai dari dalam kandungan hingga sang anak tumbuh dewasa, kasih sayang orangtua tak pernah memudar. Untuk itu sudah seharusnya seorang anak berbakti dan menyayangi orangtuanya.

Ketahuilah, orangtua semakin hari semakin beranjak usianya. Hal ini membuat kondisi mereka perlahan renta dan mulai lemah. Karenanya, seorang anak jangan sampai membuat perasaan mereka menjadi sedih.

Adapun salah satu bentuk bakti kita kepada orangtua yakni dengan tidak menyakiti perasaannya. Jangan sampai kita membuat hati mereka terluka dan kecewa ya.

Lalu apa saja hal yang dapat membuat perasaan orangtua bisa terluka? Berikut ini 5 hal tersebut.

1. Membentak dengan nada tinggi

5 Hal Ini Dapat Menyakiti Perasaan Orangtua, Jangan Dilakukan Ya!Unsplash.com/Icons8 team

Membentak orangtua tentu perbuatan tidak benar dan sebuah perilaku tercela, apalagi sampai mengeluarkan nada tinggi. Ingat, orangtua adalah mereka yang harus dihormati. Jangan sampai emosi atau amarah yang ada dalam diri membuatmu mudah untuk membentak keduanya.

Jikalau orangtuamu memarahi atau memberi nasihat padamu, jangan sampai membuatmu marah hingga membalas ucapan mereka dengan bentakan.

Ketahuilah, di balik kesuksesan seorang anak, semua tak lepas dari doa ibu bapak yang siang malam memohon pada Tuhan untuk kebaikan sang anak. Maka jangan buat hati mereka terluka dengan membentak-bentak keduanya, perlakukanlah mereka dengan sopan dan penuh kasih sayang.

2. Bersikap dingin

5 Hal Ini Dapat Menyakiti Perasaan Orangtua, Jangan Dilakukan Ya!Pixabay/Free-Photos

Jika kamu sedang tidak mood atau suasana hatimu sedang kacau, jangan sampai perasaan itu juga kamu bagikan saat bertemu dengan oran tua. Misalnya, jika kamu baru pulang dari kantor lalu masuk ke rumah tanpa menegur orangtua, tentu orangtuamu akan bertanya-tanya dan bingung dengan sikapmu.

Suasana hatimu yang kacau karena dimarahi atasan jangan sampai membuatmu jadi bersikap dingin pada orangtuamu saat di rumah. Mereka tentu sudah menunggumu hingga pulang ke rumah dengan selamat. 

Terkadang seorang anak yang sedang marah dengan orangtuanya pun bisa dengan mudah bersikap dingin pada mereka. Bahkan sang anak tega untuk tidak mau berbicara dengan mereka hanya karena emosi dan gengsi. Sikap seperti ini tentu membuat orang tuamu sedih.

Untuk itu, janganlah kamu bersikap dingin dengan orangtua. Cobalah untuk menciptakan suasana hangat saat bertemu atau berbincang dengan orangtuamu. Ingat, orangtua hadir bukan untuk menjadi musuh sang anak, namun sebagai salah satu kunci menuju surga. Maka jangan lelah berbakti pada mereka. 

Baca Juga: 5 Kekeliruan Pola Asuh Ini Biasa Dilakukan Orangtua Millennial

3. Menolak pemberian orangtua

5 Hal Ini Dapat Menyakiti Perasaan Orangtua, Jangan Dilakukan Ya!Unsplash.com/Александр Суслов

Salah satu perilaku yang bisa membuat perasaan orangtuamu terluka yakni dengan menolak pemberian mereka, apalagi jika menolaknya dengan cara yang kasar.

Orangtua tentu ingin menyenangkan hati anaknya, maka itu jangan sia-siakan dan hancurkan perasaan mereka dengan menolak sesuatu yang mereka beri. Meskipun pemberian mereka bisa kamu beli dengan uangmu sendiri, tetap hargai pemberian tersebut.

Ingat selalu bahwa orangtua membesarkanmu dengan sepenuh hati, maka jangan buat mereka tersakiti.

4. Tidak mau membantu orangtua

5 Hal Ini Dapat Menyakiti Perasaan Orangtua, Jangan Dilakukan Ya!Unsplash.com/OC Gonzalez

Terkadang anak bisa dengan mudah menyepelekan bahkan sampai tidak menghiraukan perintah atau permintaan dari orangtuanya. Ada saja alasan yang dibuat seorang anak demi menghindari perintah dari orangtua.

Jika orang tuamu meminta bantuanmu untuk berbelanja kebutuhannya, maka jangan ragu lagi untuk melaksanakan perintah itu. Begitu juga saat orangtua butuh bantuan lain, utamakan mereka dan lakukan dengan segenap kemampuanmu. Jangan sampai orangtuamu menjadi sedih karena sikapmu yang tak acuh terhadap permintaan mereka.

5. Berbohong

5 Hal Ini Dapat Menyakiti Perasaan Orangtua, Jangan Dilakukan Ya!Unsplash.com/Christian Erfurt

Perbuatan yang satu ini juga dapat membuat hati orangtuamu tersakiti, apalagi jika kebohongan yang kamu tutupi terbongkar sendiri dan diketahui oleh orang tuamu. Ingatlah, sekali berbohong, maka seseorang akan melakukan kebohongan yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Orangtua tidak patut untuk kita bohongi karena membuat perasaan mereka akan sedih.

Jangan sampai kamu berbohong pada orangtua demi memuaskan nafsumu, misalnya meminta uang pada orangtua untuk tujuan tertentu dengan memakai alasan 'bayar uang kuliah'. Kebohongan seperti ini pasti sangat menyakitkan hati setiap orangtua. Bayangkan, peluh orangtua mengumpulkan uang siang hingga malam akhirnya habis tak bersisa hanya untuk tujuan yang sia-sia. 

Untuk itu, tinggalkan kebiasaan berbohong pada orangtuamu. Bersikap jujur adalah yang terbaik.

Demikianlah 5 hal yang dapat membuat perasaan orangtua tersakiti. ingat, mereka adalah intan permata yang harus kita jaga, jangan sampai kita baru tersentuh untuk berbakti pada mereka saat keduanya telah tiada di dunia ini. Selagi orangtuamu masih ada, jangan sia-siakan mereka untuk berbakti sepenuh hati.

 

Baca Juga: 5 Film Tentang Anak dan Orangtua yang Dibintangi Aktor MCU

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You