Comscore Tracker

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik dari Bahasa Jawa Kuno, Penuh Makna!

Dijamin cocok untuk putri kesayangan  

Kehadiran buah hati tentu menjadi kebahagiaan bagi orang tua. Buah hati diharapkan menjadi sosok yang baik dan bermanfaat bagi sesamanya. Maka dari itu, orang tua selalu memilihkan nama dengan arti yang baik sebagai simbol do'a dan harapan.

Berikut ini adalah inspirasi nama anak perempuan dengan makna indah. Nama-nama ini berasal dari Bahasa Jawa kuno atau yang biasa dikenal dengan Bahasa Kawi dan Sansakerta. Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Citra Paramitha

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik dari Bahasa Jawa Kuno, Penuh Makna!unsplash.com/yuritasso

Setiap orang tua tentu berharap segala yang terbaik untuk putrinya. Nama Citra Paramitha bisa menjadi alternatif do'a. Citra bermakna gambaran, sedangkan paramitha bermakna kesempurnaan. Citra Paramitha diartikan sebagai:

Gambaran kesempurnaan.

2. Tanaya Respati

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik dari Bahasa Jawa Kuno, Penuh Makna!unsplash.com/yuritasso

Tanaya diartikan sebagai anak, sementara respati diartikan sebagai indah atau cantik. Nama ini bisa menjadi do'a pengharapan orang tua agar kelak ananda menjadi sosok yang indah baik fisik dan hatinya. Tanaya Respati diartikan sebagai:

Anak yang indah

3. Ripta Nayaka

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik dari Bahasa Jawa Kuno, Penuh Makna!unsplash.com/tiomp

Setiap orang tua berharap jika anaknya bisa memiliki sikap kepemimpinan dan menuntun. Nama Ripta Nayaka bisa digunakan sebagai pilihan nama anak perempuan ayah dan bunda. Ripta bermakna pikiran dan nayaka bermakna penuntun. Ripta Nayaka dimaknai sebagai:

Pikiran seorang penuntun

4. Dira Apsari

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik dari Bahasa Jawa Kuno, Penuh Makna!unsplash.com/carolinehdz

Dira bermakna kukuh dan berani sedangkan apsari berarti dewi. Dengan nama ini diharapkan sang anak kelak bisa memiliki perilaku baik layaknya seorang dewi tapi juga memiliki sikap berani dan berpendirian. Dira Apsari diartikan sebagai :

Dewi yang pemberani

Baca Juga: Bingung Cari Nama Anak Laki-laki, 10 Nama Klasik Ini Bisa Kamu Pilih

5. Pradnya Parameswari

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik dari Bahasa Jawa Kuno, Penuh Makna!unsplash.com/suketran

Memiliki anak yang dilimpahi keberkahan dan kemuliaan seperti ratu tentu keinginan setiap orang tua. Selain itu mereka juga berharap sang anak bisa memiliki akal cerdas dan pintar. Nama Pradnya Parameswari sangat pas sebagai simbolisasi harapan ini untuk buah hati. Pradnya diartikan sebagai pintar dan parameswari dimaknai sebagai ratu atau pemimpin. Pradnya Parameswari artinya:

Ratu yang pintar

6. Jana Nirmala

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik dari Bahasa Jawa Kuno, Penuh Makna!unsplash.com/jey_photography

Jana diartikan sebagai orang dan nirmala diartikan suci. Dengan nama ini diharapkan agar buah hati menjadi orang yang suci, selalu berbuat baik dan berhati mulia. Jana Nirmala dimaknai sebagai:

Orang yang suci

7. Nala Kanaka

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik dari Bahasa Jawa Kuno, Penuh Makna!unsplash.com/jentheodore

Hati merupakan arti dari nala sedangkan emas adalah makna dari kanaka. Dengan nama ini, diharapkan sang buah cinta memiliki hati yang baik dan indah, selalu bersinar dengan kebaikan dan kesabaran. Nala Kanaka diartikan sebagai:

Hati yang bersinar

Nah itu tadi rekomendasi nama bayi perempuan dari Bahasa Kawi. Semoga dengan menggunakan nama-nama di atas, sang buah hati bisa tumbuh berkembang dan membanggakan kedua orang tua!

Baca Juga: 10 Artis Beri Nama Anak Terinspirasi dari Nama Tokoh Alkitab

Annisa Marifah Photo Verified Writer Annisa Marifah

INFJ | indonesian | music enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya