Comscore Tracker

Bisa Ditiru, Ini 6 Cara Didik Anak ala Song Ilkook, Ayah Song Triplets

Yuk, belajar parenting dari ayahnya Daehan, Minguk, Manse!

Agar dapat berhasil dalam mendidik anak, peran orang tua tentunya sangat dibutuhkan. Memang, mendidik anak bukanlah hal yang mudah, apalagi kalau punya anak kembar tiga seperti Song Il Gook. Dalam acara The Return of Superman yang pernah dibintanginya beberapa tahun lalu, Song Il Gook banyak menunjukkan cara ia dalam mendidik ketiga putranya.

Enggak melulu serius dan marah-marah, Song Il Gook atau Song appa (ayah Song) membuktikan kalau mendidik anak bisa dilakukan sambil bercanda dan bermain. Nah, buat kalian para orangtua yang masih punya anak kecil, cara Song appa mendidik si kembar tiga, Daehan, Minguk, Manse ini, dapat kalian tiru.

1. Selalu mengajarkan berbagi terhadap sesama

Bisa Ditiru, Ini 6 Cara Didik Anak ala Song Ilkook, Ayah Song TripletsYoutube.com/KBS World TV

Sikap peduli dalam diri seorang anak, dapat dipupuk melalui kegiatan berbagi dengan sesama. Jika dibiasakan berbagi dengan orang lain, maka kemungkinan seorang anak tidak akan memiliki sikap egois yang dominan. Begitu juga yang dilakukan Song appa, ia selalu mengajarkan ketiga anaknya untuk saling berbagi, baik makanan, ataupun benda-benda lainnya.

2. Membiarkan anak mandiri dalam beraktivitas

Bisa Ditiru, Ini 6 Cara Didik Anak ala Song Ilkook, Ayah Song Tripletscyberspaceandtime.com

Sedari triplets balita, Song appa telah membiasakan anak-anaknya untuk makan sendiri. Meskipun belepotan dan berantakan, tetapi tindakan ini baik dilakukan agar anak terbiasa mandiri dan tidak melulu bergantung dengan orang lain.

Tidak hanya itu, Song appa juga mengajarkan Song triplets untuk mandiri dalam berpakaian. Jika ingin mencontohnya, tetap perhatikan kesanggupan anak dalam melakukannya ya, dan tetap harus dalam pengawasan kalian sebagai orang tua.

Baca Juga: Pernah di The Return of Superman, Ini 10 Potret Song Triplets Sekarang

3. Tidak ragu untuk memberikan pujian atas pencapaian sang anak

Bisa Ditiru, Ini 6 Cara Didik Anak ala Song Ilkook, Ayah Song Tripletssoompi.com

Pencapaian anak bukan hanya sebatas nilai sekolah yang bagus saja, tetapi juga ketika ia melakukan suatu tindakan terpuji. Enggak ada salahnya kok buat memuji anak yang kedapatan melakukan suatu tindak terpuji, seperti membantu pekerjaan rumah, atau terlihat menunjukkan kepeduliannya terhadap orang lain.

Seperti Song appa yang tak ragu memuji anak-anaknya jika dianggap telah berkelakuan terpuji. Tak hanya lewat kata-kata semata, pujian yang diberikan juga bisa disertai dengan kontak fisik, seperti mencium, mengusap kepala, atau dengan cubitan kecil di pipi.

4. Alih-alih memukul dan membentak, lebih baik menghukum

Bisa Ditiru, Ini 6 Cara Didik Anak ala Song Ilkook, Ayah Song TripletsYoutube.com/KBS World TV

Dibandingkan membentak dan memukul anak, akan lebih baik rasanya jika memberikan sebuah hukuman bagi anak yang tengah berbuat salah. Pilihlah hukuman yang masuk akal dan tidak memberikan trauma psikologis bagi anak. Jangan menghukum anak dengan menguncinya dalam suatu ruangan, karena bisa berbahaya bagi anak.

Contoh hukuman yang dapat dilakukan, yaitu menyuruh anak melakukan pekerjaan rumah tertentu, atau seperti yang dilakukan Song appa, yaitu menyuruh anaknya duduk diam sambil merenungkan kesalahan yang diperbuat selama beberapa menit.

5. Memberi anak kepercayaan untuk melakukan suatu tugas tertentu

Bisa Ditiru, Ini 6 Cara Didik Anak ala Song Ilkook, Ayah Song Tripletsnaver.com

Bagi kalian penggemar Song triplets sejak masih di acara The Return of Superman, pasti pernah lihat kan Daehan yang ditugaskan untuk membuat sarapan? Nah, dengan tugas-tugas kecil seperti itu, anak dilatih untuk bertanggung jawab terhadap suatu kepercayaan yang diberikan. Setelah memberikan anak suatu tugas dan mereka berhasil melakukannya, jangan lupa untuk memberikan sedikit reward berupa pujian atau pelukan.

6. Membiasakan anak aktif bergerak

Bisa Ditiru, Ini 6 Cara Didik Anak ala Song Ilkook, Ayah Song Tripletspinterest.com

Setiap kali punya waktu luang, Song appa enggak ragu untuk menghabiskan waktu bermain dengan tiga putranya. Dari mulai main kejar-kejaran, pergi ke taman, berenang dan lain-lain.

Semua yang dilakukan Song appa bersama Song triplets pasti menuntut gerak aktif dari anggota tubuh. Kalau kalian penonton setia mereka saat masih di The Return of Superman, pasti tahu deh kalo Daehan, Minguk, Manse itu jarang memainkan mainan yang membuat mereka pasif, misalnya main gadget.

Nah, hal ini wajib banget nih dicontoh sama orang tua zaman sekarang. Jangan lagi mendiamkan anak yang rewel dengan gadget, ya.

Itu dia 6 cara mendidik anak yang bisa para orang tua tiru dari Song appa. Mendidik anak itu memang enggak mudah, tapi tentu saja harus dilakukan. Meskipun gak langsung kelihatan hasilnya, tapi jika kalian sungguh-sungguh dalam mendidik anak, maka usaha dan kerja keras para orangtua bakal terbayar indah di masa depan.

Baca Juga: 11 Pelajaran Berharga yang Diajarkan Song Triplets Kepada Kita Semua

Ar Farhan Photo Verified Writer Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya