Comscore Tracker

6 Cara Makin Akrab sama Saudaramu, Biar Gak Canggung Kalau Ketemu!

Tetap akrab meski jarang ketemu

Baik dekat maupun tidak, kalian tidak bisa menghindari fakta kalau saudaramu adalah keluargamu dan dengan begitu merupakan part yang penting di dalam hidupmu. Sayangnya, banyak di antara kita yang mungkin merasa keakraban dengan saudara-saudara kita hanya berlangsung saat kita masih kecil saja. Meski demikian, bukan tidak mungkin lho untuk membangun kedekatan dan keakraban di saat kalian mulai beranjak dewasa. Penasaran gimana caranya?

1. Selalu upayakan untuk meluangkan waktumu bersama mereka

6 Cara Makin Akrab sama Saudaramu, Biar Gak Canggung Kalau Ketemu!hancinema.net

Banyak orang bilang waktu adalah kado terbaik yang bisa kamu berikan kepada orang yang kamu sayangi. Untuk itu, jika kamu merindukan masa-masa keakraban kamu dan saudaramu seperti saat kecil dulu, mungkin ini saatnya buat kamu mulai meluangkan waktu dengan mereka.

Terkadang kamu mungkin tidak menyadari jika saudaramu membutuhkan seseorang untuk mendengar keluh kesahnya, atau sekadar seseorang yang bisa menemani berbelanja dan nonton bareng. Percaya deh, kedekatan kalian bisa bertumbuh karena hal-hal kecil seperti ini!

2. Hindari menyalahgunakan role atau posisimu di dalam keluarga

6 Cara Makin Akrab sama Saudaramu, Biar Gak Canggung Kalau Ketemu!pinterest/hancinema.net

Seiring berjalannya waktu, role atau posisi yang selalu kamu jadikan tameng di masa kecilmu mungkin tidak akan lagi memiliki pengaruh yang sama saat kamu dan saudaramu beranjak dewasa. Kini kalian memiliki kebebasan dan keleluasaan yang sama besar dalam menentukan hidup masing-masing.

Oleh karena itu, apabila kamu seorang kakak, kamu tidak boleh bertindak semaumu terhadap adikmu. Jika kamu seorang adik, kamu harus mengurangi keegoisanmu terhadap saudaramu yang lain. Kalau kamu dan saudaramu bisa saling memahami satu sama lain, dijamin deh kalian bisa akur terus dan bahkan dekat layaknya sahabat!

3. Buatlah grup chat khusus dirimu dan saudaramu

6 Cara Makin Akrab sama Saudaramu, Biar Gak Canggung Kalau Ketemu!Hancinema.net

Kamu seseorang yang memiliki banyak saudara di rumah? Kalau gitu ini saatnya buat kamu dan saudara-saudaramu membentuk keakraban serta kekompakan kalian, nih. Kalau pun agak sulit untuk kalian agar bisa sering berkumpul bersama, kalian bisa lho membuat grup chat khusus yang memang hanya berisikan kamu dan saudara-saudaramu sebagai member-nya.

Dengan begitu, jaringan komunikasi kalian bisa tetap terjaga satu sama lain. Kalian bisa membagikan banyak hal di grup tersebut, mulai dari yang serius sampai inside jokes yang memang hanya kalian yang mengerti. Asyik, kan?

4. Saling mendukung dan teruslah menjalin komunikasi yang sehat dengan mereka

6 Cara Makin Akrab sama Saudaramu, Biar Gak Canggung Kalau Ketemu!dramabeans.com

Dengan perkembangan teknologi yang semakin mumpuni, berkomunikasi dengan orang lain menjadi hal yang amat mudah. Meski sudah serba canggih, namun apabila itu berkaitan dengan keluarga, seperti misalnya saudaramu sendiri, komunikasi face-to-face tetaplah merupakan bentuk komunikasi yang paling baik bagi kalian.

Secanggih apa pun bentuk komunikasi yang menggunakan perantara teknologi, kehadiran langsung dirimu dan saudaramu tidak akan pernah bisa tergantikan. Dan hal ini bisa menumbuhkan rasa persaudaraan yang lebih kuat, lho! Selain itu, berusahalah untuk hadir ketika saudaramu sedang mengalami fase penting dalam hidupnya.

5. Lepaskan rasa sakit hati atau kepahitan di masa lalu

6 Cara Makin Akrab sama Saudaramu, Biar Gak Canggung Kalau Ketemu!soompi.com

Setiap orang pasti memiliki luka atau kepahitan di masa lalu, hal ini juga bisa berlaku di antara saudara kandung, lho. Jika sekiranya kamu memiliki rasa sakit hati yang belum tuntas terhadap saudaramu di masa lalu, kamu harus bisa belajar mengikhlaskan dan melepaskan kepahitan itu.

Kalaupun ingin menyelesaikannya, kamu bisa bicarakan hal itu baik-baik sambil bernostalgia, bahkan bisa juga kamu jadikan bahan candaan sebagai pembuka agar tidak terlalu tegang. Ingat, kalian saat ini bukanlah orang yang sama dengan saat kalian masih anak-anak atau remaja. Keterbukaan dan saling memaafkan satu sama lain adalah kunci untuk membangun hubungan baru yang lebih sehat.

6. Alih-alih sibuk sama ponsel masing-masing, coba cari kegiatan seru saat sedang berkumpul bersama

6 Cara Makin Akrab sama Saudaramu, Biar Gak Canggung Kalau Ketemu!themoviedb.org

Apa sih yang biasa kalian lakukan saat sedang kumpul bersama? Sibuk dengan ponsel masing-masing? Well, coba deh sekarang cari kegiatan yang bisa menimbulkan rasa kebersamaan.

Banyak kok kegiatan asik yang bisa dimainkan dengan keluarga, dari mulai main game board, recreate foto lama, sampai menonton film keluarga. Dijamin rasa kekeluargaan di dalam diri kalian bakal muncul kembali. Cara ini juga ampuh meruntuhkan rasa canggung saat kalian sudah lama gak ketemu lho.

Sekarang udah tahu, kan, hal-hal penting apa saja yang perlu kamu lakukan kalau mau akrab sama saudaramu? Yuk, semangat membangun ikatan persaudaraan yang lebih positif!

Baca Juga: Ini 5 Tips Memilih Lip Cream yang Baik Menurut Dr. Maharani Prima

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya