Comscore Tracker

Agar Masa Depan Anak Gemilang, Orangtua Harus Lakukan 5 Kewajiban Ini!

Sudah siap menjadi orangtua yang terbaik?

Setiap orangtua yang ada di dunia ini pasti selalu menginginkan anaknya memilki masa depan yang gemilang. Untuk mewujudkan hal itu, bukan hanya melulu mengenai sekolah atau pun pengetahuan akademis si anak. Tetapi pentingnya pendidikan karakter yang ditanamkan kepada anak melaui orangtua menjadi hak yang lebih penting dari segalanya.

Nah, kira-kira kewajiban apa sajakah yang harus dilakukan oleh orangtua agar masa depan anak menjadi cemerlang dan gemilang. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1.  Memberikan kasih sayang 

Agar Masa Depan Anak Gemilang, Orangtua Harus Lakukan 5 Kewajiban Ini!Unsplash/Bruno Nascimento

Kewajiban pertama yang perlu dilakukan oleh orangtua agar masa depan anak gemilang adalah memberi kasih sayang terhadap anak. Ingatlah! Untuk jangan pernah membedakan antara satu dan lainnya, serta jangan pilih kasih pada anak.

Kasih sayang gak selamanya berupa materi, namun kasih sayang itu juga dapat ditunjukkan dari tutur kata yang sopan dan tidak menyakitkan, juga perlakuan yang memanusiakan manusia. Kamu sebagai orangtua haruslah tahu bagaimana cara yang benar untuk memperlakukan anak sesuai kondisi mental dan keadaan anak pada saat itu.

Selain itu, orang tua juga harus bisa menjadi seorang pemimpin yang mengarahkan jalan mereka, menjadi seorang sahabat yang mendengarkan cerita mereka, pengagum yang memberikan pujian atas usaha mereka dan menjadi orang bijak yang memberikan nasehat mana yang benar dan salah.

2.  Menjadi teladan bagi anak 

Agar Masa Depan Anak Gemilang, Orangtua Harus Lakukan 5 Kewajiban Ini!Unsplash/CDC

Perlu kamu sadari, bahwa kamu sebagai orangtua adalah sosok pertama yang bakal menjadi contoh untuk anak. Mereka akan belajar hal yang benar dan salah dari kamu. Baik itu cara berbicara, tingkah laku sehari-hari, hingga cara memperlakukan orang lain.

Bukan hanya saja teori yang perlu kamu berikan kepada anak-anak, melainkan memberikan praktik pun juga perlu diterapkan. Praktik dapat dilakukan dengan cara memberikan teladan bagi anak dalam keseharian. Alhasil, hal ini akan membuat anak tumbuh menjadi sosok yang baik sesuai ajaran agama, sopan santun dan bermoral.

3. Memberikan pengarahan terhadap pergaulan 

Agar Masa Depan Anak Gemilang, Orangtua Harus Lakukan 5 Kewajiban Ini!thecollaborativecounselingcenter.com

Kamu harus sadar, bahwa dirimu tidak akan bisa menemani anak-anak selama 24 jam nonstop. Hal inilah yang menunjukkan bahwa kamu memilki keterbatasan dakam mengontrol mereka. Namun, dengan memberikan pengarahan dan pemahaman dalam memilih teman serta lingkungan pergaulan yang baik juga sangat perlu untuk dilakukan. Hal ini ditujukan agar anak tidak mendapat pengaruh buruk dari luar.

Apalagi lingkaran pertemanan, juga ikut menentukan akan menjadi apa anakmu. Oleh karena itu, mulai sekarang berilah mereka pengarahan dengan memaparkan sisi positif dan negatif dari lingkungan pertemanan yang kelak ia pilih.

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Lebih Berani Bebas Beropini dan Berkarya

4. Membiarkan mereka berpendapat 

Agar Masa Depan Anak Gemilang, Orangtua Harus Lakukan 5 Kewajiban Ini!hellomagazine.com

Banyak sekali orangtua yang membatsi anaknya untuk mengemukakan pendapat dan merasa bahwa anak tidak berhak dalam berbicara atau pun menyampaikan pendapat. Hal seperti inilah yang bisa memberikan dampak negatif bagi kehidupan anak.

Jika mereka dari kecil tidak dibiasakan untuk menyampaikan pendapat, maka nantinya bisa membuat mereka menjadi pasif berdiskusi atau berpendapat dalam kelas atau kelompok belajar. Lalu, saat besar nanti ia juga dapat mendatangkan permasalahan yang lebih pelik lagi.

5. Mendidik 

Agar Masa Depan Anak Gemilang, Orangtua Harus Lakukan 5 Kewajiban Ini!Unsplash/National Cancer Institute

Sudah menjadi hal yang wajib sebagai orangtua, kamu harus memberikan pendidikan kepada anak, sebagai pondasi awal bagi anak. Bukan hanya saja mengenai pendidikan akademis di sekolah, namun pendidikan karakter yang dapat mengarahkan anak untuk memiliki karakter terpuji sehingga dapat terjun ke dalam masyarakat dengan baik.

Perlu kamu ketahui bahwa pendidikan dalam rumah tangga bukan hanya saja menjadi kewajiban seorang ibu, tetapi ayah juga perlu mengambil peran. Jangan sampai, karena kamu dan pasangan terlalu sibuk bekerja, maka kewajiban tersebut dialihkan ke mbak pengurus anak. Hal tersebut jangan sampai terjadi, ya!

Oleh karena itu, cobalah luangkan waktu beberapa jam setiap harinya untuk anak dan saat bersana anak, kamu bisa sambil menanaman nilai agama dan moral yang berlaku di masyarakat.

Nah, sekarang sudah tahu kan, jika kamu sebagai orangtua ingin melihat anakmu sukses dan memilki masa depan cemerlang, maka cobalah mulai saat ini untuk terapkan kelima kewajiban yang ada di atas. Percayalah, belum ada kata terlambat untuk bisa menjadi orangtua yang terbaik bagi anak-anakmu. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Dikenal Ibu yang Baik dalam Mendidik Anaknya

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya