Comscore Tracker

Selain Bahagia, Ini 6 Suka Duka yang Hanya Dipahami Si Ibu Baru

Perjuangan seorang ibu emang gak mudah

Menjadi seorang ibu merupakan kebahagiaan tiada tara bagi setiap perempuan di muka bumi ini. Terlebih bagi yang baru dikaruniai anak pertama. Hari-hari penuh suka cita akan dimulai seiring dengan pertumbuhan si baby.

Walaupun bahagia luar biasa, ada juga nih beberapa pengalaman menarik soal menjadi seorang ibu baru. Dari sekian banyak suka dukanya, umumnya sih begini ya, moms.

1. Suka bingung kalau anak rewel tiba-tiba

Selain Bahagia, Ini 6 Suka Duka yang Hanya Dipahami Si Ibu Barupexels.com/Pixabay

Anak yang baru lahir tentu belum mampu bicara dan mengungkapkan apa yang dia inginkan. Disinilah perjuangan menjadi ibu dimulai. Seorang ibu yang sudah berpengalaman sekalipun akan kesusahan saat anaknya tiba-tiba rewel. Entah karena sang bayi sakit perut, badannya gatal, popoknya basah, dan lain sebagainya.

Intinya adalah tetap tenang dan jangan panik, moms. Cobalah mengira-ngira penyebab sang anak rewel, dan atasi segera.

2. Masih beradaptasi sama jam tidur yang gak teratur

Selain Bahagia, Ini 6 Suka Duka yang Hanya Dipahami Si Ibu Barupexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Bayi yang baru lahir memiliki pola tidur yang berbeda-beda. Umumnya, bayi biasanya malah terjaga saat tengah malam. Memang tidak mudah untuk menyesuaikan jam tidur saat si bayi masih sangat kecil.

Yang penting, tetap istirahat yang cukup dan jangan stress ya, biar si kecil dan mommy sehat selalu

3. Sering dikomentarin sama orang tua atau mertua soal cara mengurus anak

Selain Bahagia, Ini 6 Suka Duka yang Hanya Dipahami Si Ibu Barupexels.com/Josh Willink

Orang tua ataupun mertua biasanya sangat bersemangat saat mempunyai cucu. Keberadaan mereka sangat membantu dalam mengurus si buah hati yang mana ibu baru biasanya masih kebingungan. Tapi yang jadi masalah adalah jika orang tua selalu memberikan komentar negatif soal cara kita memperlakukan anak, kan jadi tambah pusing ya.

Intinya, jangan terlalu dimasukkan ke hati. Ikuti saran mereka yang bermanfaat, tapi jika kamu punya cara sendiri yang menurutmu lebih baik, gak ada salahnya kok.

Baca Juga: Anak Rantau, Ini Bahaya 'Empty Nest Syndrome' bagi Orangtuamu

4. Deg-degan banget kalau anak tiba-tiba badannya panas

Selain Bahagia, Ini 6 Suka Duka yang Hanya Dipahami Si Ibu Barupexels.com/Wayne Evans

Jika anak rewel saja si ibu sudah panik, apalah jadinya jika baby tercinta mulai panas badannya. Ibu baru akan gelagapan mencari bantuan. Tenang moms, ingat bahwa hal yang harus dilakukan pertama kali adalah berpikir dengan tenang. Hilangkan pikiran-pikiran negatif, dan segera cari jalan keluar.

5. Berasa gak punya waktu untuk mengurus diri sendiri, pokoknya keperluan anak itu nomor satu

Selain Bahagia, Ini 6 Suka Duka yang Hanya Dipahami Si Ibu Barupexels.com/Pixabay

Seorang ibu sejati akan mencurahkan seluruh dirinya pada sang buah hati. Bahkan gak jarang mulai melupakan kepentingannya sendiri. Gak salah kok, karena semua ibu juga pasti begini.

Tapi, perlu diingat bahwa dirimu sendiri juga sama pentingnya. Menjaga kesehatan, makan teratur, dan beristirahat setiap ada kesempatan wajib banget dilakukan. Gak cuma buat kamu, ini juga akan berpengaruh pada kesehatan bayimu lho. Apalagi kalau masih dalam periode ASI eksklusif.

6. Meskipun capek dan rasanya pengen nangis, tapi melihat perkembangan baru si anak setiap harinya mampu bikin lupa segala kelelahan

Selain Bahagia, Ini 6 Suka Duka yang Hanya Dipahami Si Ibu Barupexels.com/Daria Shevtsova

Siapa bilang jadi ibu baru itu gak capek? Mengurus anak siang dan malam, belum lagi mencuci popok, dan urusan rumah yang lain. Tentu semua ini akan menguras energi dan sangat melelahkan. Tapi, disitulah seninya menjadi ibu. Ketika sang anak mulai menunjukkan perkembangan-perkembangan kecil saja, semua kelelahan akan sirna dan tergantikan dengan kebahagiaan luar biasa.

Suka duka apalagi nih yang paling memorable, moms?

Baca Juga: 3 Tips Merawat Anak Paling Tepat bagi Orangtua Beda Keyakinan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya