Comscore Tracker

Sering Dibilang Manja, Anak Bungsu Ternyata Punya 7 Sifat Positif Ini

Siapa bilang anak bungsu cuma punya sifat manja aja?

Menjadi anak bungsu biasanya lekat dengan predikat manja yang susah sekali dibantah. Banyak banget anak bungsu yang merasa kesal dengan predikat ini. Seakan-akan mereka gak bisa melakukan apapun sendiri. 

Padahal, anak bungsu juga punya beberapa kelebihan yang gak bisa diabaikan begitu saja, lho. Ini dia beberapa di antaranya.  

1. Bisa mandiri juga kok disaat terpaksa

Sering Dibilang Manja, Anak Bungsu Ternyata Punya 7 Sifat Positif Inipexels/MinAn

Anak bungsu sejatinya bisa kok menjadi mandiri. Selama ini mereka hanya terlalu terbiasa dengan kehadiran orang tua dan kakak-kakak yang selalu menawarkan bantuan. Padahal, saat keadaan memaksanya untuk melakukan suatu hal sendirian, mereka cukup bisa diandalkan kok. 

2. Biasanya memiliki kemampuan multi-tasking

Sering Dibilang Manja, Anak Bungsu Ternyata Punya 7 Sifat Positif Inipexels/bruce mars

Anak bungsu biasanya suka disuruh-suruh sama kakak-kakak dan orang tuanya nih. Dari sinilah dia belajar untuk melakukan berbagai kerjaan dalam satu waktu. Alhasil, mereka jadi cukup ahli dalam multi-tasking ini tanpa mereka sadari.

3. Mampu menghidupkan suasana

Sering Dibilang Manja, Anak Bungsu Ternyata Punya 7 Sifat Positif Inipexels/Juan Mendez

Gak bisa dibantah lagi, kalau anak bungsu sering dinantikan kehadirannya, baik diantara teman-temannya atau dalam forum keluarga. Hal ini karena dia pandai sekali menghidupkan suasana. Hal ini juga biasanya karena dia lebih dimaklumi meskipun memberikan guyonan yang agak menyinggung perasaan.

Baca Juga: Ini 5 Stereotip yang Paling Sering Melekat pada Anak Bungsu! 

4. Meskipun suka ngambek, dia teman yang setia

Sering Dibilang Manja, Anak Bungsu Ternyata Punya 7 Sifat Positif Inipexels/Min An

Selain manja, sifat khas anak bungsu lainnya adalah suka ngambek. Meledeknya sedikit saja, kamu bisa diambekin satu bulan, lho. Makanya harus hati-hati. Tapi, walaupun begitu, anak bungsu adalah teman yang setia dan sangat penyayang. Begitu dia menganggapmu sebagai sahabatnya, akan banyak kebahagiaan yang kamu rasakan berkat kehadirannya, lho.

5. Pendengar yang baik

Sering Dibilang Manja, Anak Bungsu Ternyata Punya 7 Sifat Positif Iniunsplash.com/rawpixel

Anak bungsu juga merupakan pendengar yang baik. Walaupun mereka agak cerewet dalam kesehariannya, tapi ketika ada seorang teman yang membutuhkan tempat curhat, dia akan mampu menjadi tempat curhat yang menyenangkan. Dia juga gak gampang menyalahkan dan lebih bisa melihat segala hal dari berbagai sisi.

6. Terkadang bisa bijak juga, lho

Sering Dibilang Manja, Anak Bungsu Ternyata Punya 7 Sifat Positif Iniunsplash/cuttersnap

Anak bungsu gak melulu bersikap gak dewasa. Mereka juga bisa menjadi bijak terutama saat keadaan mengharuskannya menjadi dewasa. Malah, anak bungsu bisa menjadi lebih dewasa dibanding kakak-kakaknya dalam beberapa situasi tertentu.  

7. Sifat kekanak-kanakannya malah bikin dia jadi pribadi yang asik dan menyenangkan

Sering Dibilang Manja, Anak Bungsu Ternyata Punya 7 Sifat Positif Inipexels/Matthias Cooper

Kepribadian anak bungsu sangat tercermin dari perlakuan yang didapatnya di rumah. Jika dia mendapat kasih sayang penuh dari orang tua dan kakak-kakaknya, maka dia akan tumbuh menjadi seorang yang periang dan selalu enerjik. Dia juga anak yang asik dan menyenangkan sehingga siapapun akan senang berteman dengannya.

Sifat yang mana nih yang kamu banget? Tulis di kolom komentar ya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bersahabat sama Anak Sulung Itu Menyenangkan Banget

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You