Comscore Tracker

Bukan Manja! Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi Pemberani

Terima kasih, kakek nenek!

Banyak yang beranggapan sebaik-baiknya didikan adalah yang dirawat dan dibesarkan orang tua sendiri. Tetapi kalau kita memang harus dirawat sejak kecil oleh kakek nenek karena orang tua yang sibuk bekerja, apakah menjadi sebuah masalah? Banyak yang mengatakan, kalau anak yang tidak dididik orang tua besarnya nanti memiliki sifat keras kepala, suka cari perhatian, dan terutama lebih manja.

Tetapi jangan salah lho, kalau kita dididik dengan benar dari kecil oleh kakek nenek, apalagi kita terbiasa dengan aturan keras serta disiplin. Pastinya kita juga akan memiliki sifat perilaku serba taat dan rapi. Selain hal itu, ada banyak kelebihan lain yang seharusnya kita bangga dan berterimakasih dengan kakek nenek yang sudah membesarkan kita.

Hanya saja terkadang kita tidak menyadari kulalitas itu di diri kita. Nih beberapa kulitas yang harus kita pahami dan harus bisa kita pertahankan sampai kapanpun yah.

1. Memiliki banyak teman

Bukan Manja! Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi PemberaniPexels/ELEVATE

Kalau dibesarkan nenek atau kakek kita akan lebih dibebaskan untuk bermain, asalkan waktu bermainnya tidak melebihi batas jam yang telah disepakati. Dengan kebebasan tersebut kita bisa memperluas relasi pertemanan kita dimanapun dan siapapun itu. Semakin banyak teman akan semakin besar juga kecerdasan sosial kita.

2. Lebih pengertian dan dewasa

Bukan Manja! Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi PemberaniPexels/João Jesus

Kita akan terbiasa pengertian dengan keadaan yang ada, dari segi keuangan bahkan makanan. Biasanya hidup dengan kakek nenek akan mengajarkan kita untuk hidup sederhana dan mandiri. 

Sederhana dengan makan masakan rumah serta cara berpakaian yang pastinya akan diatur kesopannya. Mandiri untuk terbiasanya menyelesaikan masalah kita sendiri. Sehingga kita akan terbiasa untuk menjadi sosok yang pengertian dengan segala keadaan dan bersikap lebih bijaksana dalam menghadapi masalah.

Baca Juga: Karena Hidup dengan Orangtua Cuma Sementara, Ini Saatnya Kamu Mandiri!

3. Ceria serta humoris

Bukan Manja! Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi PemberaniPexels/bruce mars

Kakek dan nenek pastinya memberikan kita banyak kebahagiaan, meskipun kita dituntut untuk menepati segala aturan rumah tetapi mereka tidak akan tega membuat kita bersedih bahkan menangis. Hidup dengan mereka kita akan lebih banyak meluangkan waktu untuk berbicara santai dan mendengarkan cerita masa lalu dari mereka yang terkadang lucu.

Dari kebiasan inilah kita akan menjadi sosok yang lebih ceria dan senang mendengarkan bahkan bercerita terhadap siapapun. Sedangkan humoris adalah nilai plus tersendiri dari kebiasaan bercerita dan mendcerita lucu dari orang-orang yang kita kenal.

4. Teratur dengan hidup disiplin

Bukan Manja! Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi PemberaniPexels/bruce mars

Kita akan terbiasa untuk pulang tepat waktu saat selesai kegiatan sekolah ataupun bermain ke rumah teman. Kita dibiasakan untuk bangun lebih awal agar tidak terlambat sekolah. 

Selain itu, mau tidak mau kita pasti membantu kakek nenek meringankan pekerjaan rumah, seperti menyapu halaman atau sekedar membereskan kamar sendiri. Dengan semua kebiasaan tersebut tanpa kita sadari, hidup kita menjadi rapi, teratur dan disiplin bukan?

5. Peduli dan bersimpati pada lansia

Bukan Manja! Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi PemberaniPexels/Matthias Zomer

Ketika kita di jalan dan melihat lansia berjualan atau membutuhkan bantuan, pastinya rasa iba kita akan lebih besar untuk segera ingin membantunya. Apalagi kalau kita membaca berita atau sesuatu hal tentang lansia yang membutuhkan bantuan atau sakit, rasanya pasti kita ingin menangis bukan? 

Karena kedekatan kita dengan kakek nenek dari kecil inilah membuat kita membayangkan bagaimana kalau itu terjadi dengan kakek nenek kita sendiri.

6. Merasa senang kalau dibutuhkan

Bukan Manja! Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi PemberaniPexels/rawpixel.com

Karena terbiasa membantu pekerjaan rumah atau membantu kakek nenek ketika ada acara di rumah, pastinya kita akan sangat senang bisa membantu orang yang memerlukan bantuan dari kita. 

Sama halnya dengan kita membantu kakek nenek yang sudah tidak kuat melakukan kegiatan yang berat, hanya dengan melihat senyum mereka yang senang karena sudah dibantu saja kita sudah terharu dan senang bukan? 

Jadi ketika kita bisa membantu pekerjaan apapun dan kepada siapapun itu, rasanya seperti ada kepuasan tersendiri di hati.

7. Lebih menghargai waktu dan kebersamaan

Bukan Manja! Ini 7 Bukti Didikan Kakek Nenek Bikin Kita Jadi PemberaniPexels/rawpixel.com

Secara tidak langsung kita akan menganggap kebersamaan itu penting. Karena kita juga sangat menghargai saat kakek nenek ingin bercerita apapun itu. Dengan kebiasaan itulah kita akan menjadi pendengar yang baik, dan menghargai waktu kebersamaan sebaik mungkin. Selagi bisa bertemu dan berbicara dengan siapapun itu, tanpa kita sadari kita akan fokus dengannya dan meninggalkan ponsel untuk sejenak.

Sadar atau tidak, tetapi kebiasaan saat kecil tinggal dan tumbuh dewasa dengan kakek nenek akan membuat kita memilki sifat yang lebih baik. Intinya, tidak semua anak yang dibesarkan kakek nenek itu manja lho.

Baca Juga: Girls, Meskipun Manjamu Sedang Kumat Jangan Pernah Lakukan 5 Hal Ini

Dev Photo Community Writer Dev

Temukan Jati Diri dan Bangun Semangat Baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You