Comscore Tracker

5 Polemik yang Akan Kamu Hadapi di Kehidupan Pasca Menikah

Kamu harus paham dulu tentang seluk beluknya

Pernikahan merupakan momen di mana kamu memulai babak baru dalam menjalani hidup bersama pasangan sahmu. Meski begitu, bukan berarti setelah menikah kehidupan kalian akan selalu diisi dengan momen yang manis dan romantis saja.

Namun kelak kamu akan sadar dan baru mengerti bahwa kehidupan sepasca nikah tak selalu indah seperti yang ada dalam bayanganmu selama ini. Dan dari situ kamu akan dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Sehingga dari pengalaman-pengalaman ini bisa mendewasakanmu dalam segi pola pikir.

Maka dari itu, sebelum memutuskan menikah, setidaknya kamu harus paham dulu tentang seluk beluk pernikahan sebagai bekal untuk mematangkan persiapanmu baik secara fisik dan mental.

Dan kamu perlu tahu, bahwa lima polemik ini pasti akan kamu temui di kehidupan sepasca nikah.

1. Kurang memiliki kebebasan waktu

5 Polemik yang Akan Kamu Hadapi di Kehidupan Pasca Menikahunsplash.com/Charlie Foster

Hal pertama yang akan kamu rasakan di kehidupan sepasca nikah adalah kurang memiliki kebebasan waktu. Sebab setelah menikah skala prioritasmu akan berubah. Di mana fokus utamamu akan lebih tertuju untuk mengurus rumah tangga dan juga bertanggung jawab dalam mengurus si buah hati. Sehingga waktumu akan lebih banyak tersita untuk keluarga kecilmu.

Jadi, bagi kamu yang belum menikah, gunakan masa mudamu dengan banyak melakukan kegiatan yang kamu sukai ya agar gak mendatangkan penyesalan di kemudian hari.

2. Watak asli pasanganmu akan semakin terlihat

5 Polemik yang Akan Kamu Hadapi di Kehidupan Pasca Menikahunsplash/Radu Florin

Hal baru yang juga akan kamu temui di kehidupan sepasca nikah adalah kamu akan semakin tahu bagaimana karakter sejujurnya dari pasanganmu.

Jika saat masih pacaran banyak pasangan yang terkesan menjaga image dan menutupi kekurangan dalam diri. Setelah menikah perlahan karakter asli pasanganmu yang sesungguhnya baru akan terlihat.

Sehingga dari sini kalian harus bisa beradaptasi untuk dapat saling menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pasangan masing-masing. Tentu di awal-awal tidak mudah menyatukan dua kepala yang berbeda. Namun dibutuhkan sikap dewasa dan kendali diri yang baik untuk menyesuaikan itu semua.

Jadi saat dalam masa pengenalan, kamu harus kenali betul karakter pasanganmu lebih dalam agar bisa lebih memantapkan hati kamu untuk melangkah kedepannya.

Baca Juga: Jangan Lekas Memutuskan Menikah Jika 5 Alasan Ini Jadi Penyebabnya!

3. Meski sudah hidup mandiri bersama pasangan, kadang masih ada orangtua yang suka mencampur tangani kehidupan rumah tangga anaknya

5 Polemik yang Akan Kamu Hadapi di Kehidupan Pasca Menikahunsplash.com/Priscilla Du Prezz

Ada dua tipikal orangtua, pertama yang tidak mau terlibat di kehidupan rumah tangga anaknya dan yang kedua gemar mencampur tangani kehidupan rumah tangga anak mereka.

Jika kelak kamu mengalami opsi kedua, tentu dampak yang didapat bisa membuat salah satu pihak dari kalian merasa tidak nyaman.

Jika tak segera disikapi dengan bijak bisa menimbulkan ketidakcocokan antar anak, menantu dan orangtua lho. Meski maksud beliau baik, tapi setelah berumah tangga orangtua tidak punya ranah lagi dalam mengatur apalagi mengendalikan kehidupan rumah tangga anak mereka. Kecuali perannya hadir hanya untuk memberi nasehat dan masukan-masukan yang baik.

Jadi, jika setelah menikah kamu mengalami hal ini, sebagai anak kamu harus bisa memberi pengertian ke orangtuamu bahwa kalian sudah memiliki kehidupan sendiri dan kalian sudah cukup dewasa untuk menimbang serta menentukan langkah terbaik untuk dijalani bersama. 

4. Faktor ekonomi yang juga menjadi pikiran sepasca nikah

5 Polemik yang Akan Kamu Hadapi di Kehidupan Pasca Menikahunsplash.com/Christian Dubovan

Faktor ekonomi juga memberi pengaruh besar dalam keberlangsungan kehidupan rumah tangga kamu kedepannya. Karena setelah menikah kebutuhan kamu akan semakin kompleks dan beragam. 

Tak jarang faktor ekonomi juga menjadi salah satu penyumbang stres setelah menikah. Disamping sisi juga bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga kalian kedepannya.

Jadi yang perlu kamu pahami, jatuh bangun ekonomi dalam menjalani kehidupan rumah tangga adalah hal biasa. Kalau komitmen sejak awal menikah kalian sudah lurus maka segala ujian hidup bisa kalian lalui bersama dalam suka dan duka.

Maka dari itu bekal kematangan emosi dan kedewasaan pola pikir sebelum menikah akan membuatmu bijak dalam menghadapi berbagai persoalan dikehidupan rumah tanggamu kedepannya.

5. Tanggung jawab dalam mendidik dan mencukupi segala kebutuhan anak

5 Polemik yang Akan Kamu Hadapi di Kehidupan Pasca Menikahunsplash.com/Brittany Simuangco

Kamu nantinya juga memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik dan mencukupi kebutuhan anak kalian di masa depan. Maka dari itu perencanaan keuangan yang matang untuk membiayai kebutuhan sang anak dari lahir sampai dia mampu untuk mandiri merupakan tantangan besar yang akan dihadapi setiap orangtua.

Di samping sisi kamu juga memiliki amanah yang lebih besar dalam mendidik anak-anak kalian menjadi seorang yang bermoral. Tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilalui ketika kamu sudah menjadi orang tua.

Jadi, setelah menikah kamu harus siap menghadapi dan menerima dari kelima tantangan di atas.

Baca Juga: Meski Sudah Menikah, Jangan Terlalu Membatasi Pasangan Dari 5 Hal Ini

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You