Comscore Tracker

Arti Nama Tiga Anak Budayawan Sujiwo Tedjo, Indah dan Filosofis

Paduan bahasa Jawa kuno dan Sansekerta

Dikenal sebagai seniman senior serba bisa, nama Sujiwo Tejo tentu sudah gak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pria asal Jember ini adalah ayah dari tiga orang anak. Kreativitas dan jiwa seninya nampak jelas pada nama ketiga anaknya. Bernuansa Jawa-Sansekerta, berikut nama lengkap anak Sujiwo Tejo dan arti mendalam di baliknya.

1. Rembulan Randu Dahlia

Arti Nama Tiga Anak Budayawan Sujiwo Tedjo, Indah dan FilosofisInstagram.com/randudahlia

Menikah dengan Rosa Nurbaiti pada tahun 1989, Sujiwo Tejo dikaruniai dua anak perempuan dan satu laki-laki. Anak sulungnya berprofesi sebagai jurnalis, bernama Rembulan Randu Dahlia.

“Rembulan” memiliki arti bulan, sementara “Randu” adalah sebutan untuk pohon kapas dalam bahasa Jawa. Pohon kapas sifatnya meneduhkan, banyak ditemukan di tepi ruas jalan raya untuk meredam teriknya sinar  matahari di siang bolong.

“Dahlia” adalah nama bunga, kelopaknya berbetuk seperti daun dengan bagian ujung yang runcing. Keindahan bunga dahlia tersaji dalam beberapa warna seperti putih, merah muda, merah darah, dan keunguan.

Jika dimaknai secara lengkap, nama “Rembulan Randu Dahlia” menggambarkan sosok perempuan yang indah layaknya bunga, sifatnya meneduhkan bagi sesama, dan sesekali bersinar seterang rembulan.

Baca Juga: 7 Inspirasi Nama Jawa-Sansekerta dari Keluarga Besar Djaduk Ferianto

2. Kennya Rizki Rinonce

Arti Nama Tiga Anak Budayawan Sujiwo Tedjo, Indah dan FilosofisInstagram.com/kennyarinonce

Anak kedua Sujiwo Tejo berjenis kelamin peremuan dan memiliki nama lengkap Kennya Rizki Rinonce. Darah seni sang ayah mengalir kuat dalam diri Kennya, ia kini aktif di dunia teater dan seni peran sambil menyelesaikan studinya di University College London.

Nama “Kennya” bermakna wanita terhormat. “Rizki” dalam bahasa Arab-Islami dimaknai sebagai rezeki. Ditutup dengan “Rinonce” yang diambil dari kata ‘ronce’, dalam bahasa Jawa bermakna rangkaian.

Arti nama lengkapnya bagus banget nih, wanita terhormat dengan rangkaian rezeki yang gak putus-putus.

3. Jagad Narendra

Arti Nama Tiga Anak Budayawan Sujiwo Tedjo, Indah dan FilosofisInstagram.com/kennyarinonce

Anak bungsu Sujiwo Tejo bernama Jagad Narendra, satu-satunya anak lelaki di keluarga ini. Namanya diambil dari bahasa Jawa dan Sansekerta dengan makna mendalam.

“Jagad” dalam bahasa Jawa memiliki arti bumi atau alam. “Narendra” diambil dari bahasa Sansekerta yang terususun dari ‘nara’ dan ‘indra’. ‘Nara’ bermakna orang, sementara ‘indra’ menggambarkan kekuatan dewa.

Arti di balik nama “Jagad Narendra” filosofis banget, alamnya orang-orang sekuat dewa. Maknanya terdengar gagah, ya.

Nama-nama yang dipilihkan Sujiwo Tejo untuk ketiga anaknya sangat menarik. Lafal dan maknanya sangat indah. Bisa dijadikan referensi pemilihan nama anak, nih. Tertarik?

Baca Juga: 5 Ide Nama Baptis dari Keluarga Djaduk Ferianto, Maknanya Dalam Sekali

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You