Comscore Tracker

Awas Kangen, Ini 7 Film tentang Saudara Kandung yang Mengharu Biru 

Dari drama sampai crime

Selain percintaan antara dua sejoli, karakter bersaudara sering jadi tokoh utama dalam film. Hubungan persaudaraan justru lebih kompleks dan memiliki banyak spektrum yang bisa dikembangkan, dan itulah daya tariknya.

Banyak yang fiktif, tetapi banyak pula yang terinspirasi dari kisah nyata dan pengamatan sehari-hari, ini enam film tentang saudara kandung yang mengharu biru. Awas kangen saudaramu! 

1. People Like Us (2012)

Awas Kangen, Ini 7 Film tentang Saudara Kandung yang Mengharu Biru imdb.com

Diangkat dari kisah nyata seorang laki-laki muda bernama Sam yang bekerja tiba-tiba mendapat kabar bahwa ayahnya meninggal. Ayahnya yang seorang musisi terkenal meninggalkannya sebuah surat wasiat yang berisi bahwa ia harus menemukan seorang perempuan bernama Frankie. 

Sam pun harus mengulik lebih dalam ke masa lalu sang ayah hingga akhirnya menemukan fakta bahwa Frankie adalah saudara tirinya yang tak pernah ia ketahui. 

2. Little Woods (2019)

Awas Kangen, Ini 7 Film tentang Saudara Kandung yang Mengharu Biru nziff.co.nz

Ini adalah film tentang dua kakak beradik yang selama ini tak pernah dekat satu sama lain.

Ollie yang hendak mencari kerja justru terlibat kasus penyelundupan narkoba. Ia akhirnya bertemu lagi dengan sang adik di pemakaman ibu mereka. Sang adik, Deb sendiri sedang mengalami masa sulit. Deb yang sedang hamil berada di bawah tekanan sang kekasih yang suka melakukan KDRT.

Ollie pun dihadapkan pilihan sulit, kembali mengurus dirinya sendiri atau bekerjasama dengan sang adik untuk menemukan kebebasan dan ketentraman yang selama ini tak pernah mereka miliki.

Film ini dapat banyak ulasan positif untuk isunya yang sensitif dan penggambarannya yang realistis. 

3. Good Time (2017)

Awas Kangen, Ini 7 Film tentang Saudara Kandung yang Mengharu Biru rollingstone.com

Ini adalah kisah Constantine, otak di balik perampokan bank. Parahnya, ia justru membuat adiknya tertangkap dan dijatuhi hukuman untuk kejahatan Constantine. Merasa bertanggungjawab, ia pun merencanakan misi pembebasan sang adik. Namun, semua tak sesederhana rencananya. Dikejar dengan masalah lain yang saling tumpang tidih, ia harus berpacu dengan waktu demi misi pembebasan itu. 

Baca Juga: 5 Film Bertema Pengadilan Buat Kamu Penyuka Film Serius

4. Melancholia (2011)

Awas Kangen, Ini 7 Film tentang Saudara Kandung yang Mengharu Biru npr.org

Melancholia adalah film dengan alur kembar yang berkutat pada kehidupan dua kakak beradik dengan kondisi mental tertentu. Di suatu masa keduanya harus menghadapi bencana yang dipercaya akan segera menghancurkan dunia karena planet bernama Melancholia akan menabrak bumi.

Film ini menggambarkan perbedaan preferensi Justine dan Claire saat menghadapi krisis dalam hidupnya. Dikisahkan Justine dan Claire sama-sama memiliki gejala depresi dengan tipe yang berbeda. 

5. Mustang (2015)

Awas Kangen, Ini 7 Film tentang Saudara Kandung yang Mengharu Biru hollywoodreporter.com

Film ini berlatar sebuah pedesaan Turki yang masih memegang erat budaya Timur Tengah, yaitu menikahkan anak perempuan di usia yang sangat belia. Hal ini yang terjadi pada lima bersaudara yang masih remaja.

Satu hari seusai ujian sekolah, mereka bermain bersama beberapa anak laki-laki dan sontak jadi pergunjingan tetangga. Hal ini membuat nenek dan paman mereka akhirnya menikahkan mereka satu per satu mulai dari anak tertua.

Namun, sang anak bungsu, Lale ternyata merencanakan sebuah rencana besar untuk kabur dari rumah itu. 

6. Our Little Sister (2016)

Awas Kangen, Ini 7 Film tentang Saudara Kandung yang Mengharu Biru variety.com

Tiga kakak beradik bernama Sachi, Yoshino, dan Chika selama ini tinggal bersama di sebuah rumah bersama ayah mereka. Suatu hari ayah mereka meninggal dan mereka sadar bahwa ayahnya memiliki anak lain yang jauh lebih muda dari ketiga putrinya.

Mereka pun bertekad mencari adik tiri mereka dan mengajaknya tinggal bersama. Suzu yang merupakan gadis pemalu, akhirnya menerima ajakan ketiga saudari yang baru ia temui dan akhirnya menemukan kenyamanan menjadi empat bersaudara. 

7. Phantom Halo (2015)

Awas Kangen, Ini 7 Film tentang Saudara Kandung yang Mengharu Biru moviecracy.blogspot.com

Film ini merupakan pengembangan dari film pendek berjudul My Left Handman. Masih menggandeng aktor aslinya, Thomas Sangster, film ini dikemas dengan beberapa perubahan yang menimbulkan pro kontra. Banyak yang menganggap versi pendeknya jauh lebih mengena.

Dikisahkan Samuel dan Beckett adalah kakak beradik yang harus tinggal dengan sang ayah yang pemabuk dan hobi judi. Samuel mencari uang dengan mendongeng di tengah kota, sementara kakaknya, Beckett memanfaatkan kerumunan penonton untuk mencopet. Entah bagaimana pun mereka berusaha, uang yang mereka kumpulkan tak kunjung cukup untuk membayar hutang sang ayah. Menarik sekali untuk ditonton ya! 

Nah, bagi kamu yang bosan dengan ide film yang biasa saja, beberapa judul film di atas patut untuk kamu tonton.

Baca Juga: Dibawa Tegang Terus, 5 Alasan Kamu Harus Nonton Film Hotel Mumbai!

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You