Comscore Tracker

5 Alasan Ibu Juga Butuh Me Time, demi Kebaikan Keluarga

Komunikasikan dengan suami selama me time untuk bagi tugas

Saat masih lajang, me time bisa dengan mudah dilakukan. Namun, ini bisa sangat berubah saat menjadi ibu. Saat menjadi ibu, banyak perempuan mengira bahwa mereka harus menggunakan seluruh waktu dan tenaga untuk mengurus anak dan rumah. Bahkan, kadang ibu merasa bahwa meminta me time adalah sesuatu yang egois.

Padahal, siapa pun kamu, tetap membutuhkan me time sesekali. Begitu pula untuk ibu. Me time bagi seorang ibu memiliki banyak manfaat bagi perempuan sebagai pribadi maupun ibu. Berikut adalah beberapa alasan ibu juga membutuhkan me time.

1. Meningkatkan energi

5 Alasan Ibu Juga Butuh Me Time, demi Kebaikan Keluargailustrasi ibu merasa stres (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh ibu adalah energi. Meluangkan beberapa waktu untuk me time adalah cara yang bagus untuk mendapatkan energi kembali.

Beberapa orang, khususnya seorang introver, menemukan bahwa menghabiskan banyak waktu di sekitar orang lain dapat dengan cepat menguras energi mereka. Introver biasanya merasa menjadi jauh lebih bersemangat setelah menghabiskan waktu sendirian, entah untuk beristirahat, merenung, membaca, merawat diri, atau apa pun.

2. Memperbaiki suasana hati

5 Alasan Ibu Juga Butuh Me Time, demi Kebaikan Keluargailustrasi me time (pexels.com/RODNAE Productions)

Kesibukan ibu dalam mengurus keluarga dan kurangnya istirahat, dapat membuat ibu lebih emosional. Memiliki suasana hati yang buruk dapat membuat ibu sangat mudah tersinggung, sehingga anak-anak mungkin menjadi sasaran kemarahan ibu. Tentunya, kamu tidak ingin, kan, tanpa sadar menjadi ibu yang seperti ini?

Sebaliknya, saat ibu mendapatkan waktu untuk bersantai dan merenungi hidupnya sebagai seorang seorang ibu, suasana hati akan meningkat secara dramatis. Pikiranmu akan lebih jernih dan kamu akan merasa lebih baik tentang diri sendiri.

Kamu akan sadar bahwa dirimu telah menjadi ibu yang hebat dan bersyukur telah memiliki anak-anak yang menyayangimu sebagai ibu. Nantinya, ini akan membuat kamu menjadi ibu yang lebih baik dalam prosesnya.

3. Memberikan kesempatan bagi suami untuk membentuk ikatan dengan anak-anak

5 Alasan Ibu Juga Butuh Me Time, demi Kebaikan Keluargailustrasi ayah menemani anak-anak bermain (pexels.com/Monstera)

Ketika kamu meluangkan waktu untuk me time, mau tidak mau suami harus mengambil alih tugas-tugasmu dalam mengurus anak. Me time ini dapat menciptakan peluang besar bagi ayah untuk menghabiskan waktu dan membentuk ikatan yang lebih baik dengan anak-anak.

Dalam prosesnya, suamimu akan memahami beberapa masalah yang juga kamu hadapi saat mengurus anak-anak. Ini tidak hanya akan membantu untuk membentuk ikatan anak-anak dengan ayah mereka, tetapi juga membuat suami lebih menghargai tanggung jawabmu sebagai ibu, dan membangun hubungan yang lebih baik antara kamu dan suami.

Baca Juga: 5 Kiat Mencegah Rumah Tangga dari Ancaman Perceraian, Auto Bahagia!

4. Menumbuhkan cinta

5 Alasan Ibu Juga Butuh Me Time, demi Kebaikan Keluargailustrasi ibu memeluk dan mencium anak (pexels.com/Any Lane)

Saat ibu bersama anak-anak sepanjang hari, ini membuat hubungan ibu dan anak terasa biasa. Keluar dari rumah dan berada jauh dari anak-anak selama beberapa saat dapat membantu kamu menyadari, betapa kamu sangat mencintai anak-anak dan sebenarnya sangat ingin bersama mereka.

Atau, jika kamu melakukan me time bersama suami, kamu pasti akan menyadari bahwa beberapa kali percakapan beralih ke anak-anak. Apa yang mereka katakan, hal-hal lucu yang mereka lakukan, dan sebagainya.

Nantinya, kamu akan kembali dengan cinta yang lebih besar. Begitu pula dengan anak-anak yang semakin menyadari, betapa sayangnya mereka pada ibu.

5. Menjadi penolong yang lebih baik

5 Alasan Ibu Juga Butuh Me Time, demi Kebaikan Keluargailustrasi ibu dan anak sedang berpelukan (pexels.com/Ivan Samkov)

Memiliki waktu untuk diri sendiri mengajarkan kepada kamu bagaimana membantu diri sendiri. Ini secara langsung memberdayakanmu untuk mengetahui bagaimana cara merawat orang lain. Dalam peranmu sebagai seorang ibu, ini akan membantu kamu memahami cara merawat anak-anak dan menjadi ibu yang lebih baik.

Jadi, apakah kamu sudah meluangkan waktu untuk me time secara rutin? Jika belum, diskusikan hal ini dengan suami agar ia memahami pentingnya me time, bagi kebaikan keluarga dan bisa berbagi tugas mengurus anak saat kamu sedang me time.

Baca Juga: 5 Hal yang Seringkali Membuat Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Sulit Hemat

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya