Comscore Tracker

5 Hal yang Seringkali Membuat Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Sulit Hemat

Anggaran jadi banyak keluar untuk hal tersebut, deh

Setiap keluarga tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda setiap bulannya. Kebutuhan ini tentunya berkaitan dengan apa yang perlu dibeli dan apa yang harus menjadi konsumsi bagi keluarga.

Sayangnya, tak semua orang dapat mengatur pengeluaran rumah tangga dengan baik. Hal-hal berikut ini ternyata bisa membuat kebutuhan rumah tangga jadi sulit hemat.

1. Mudah terpancing diskon besar

5 Hal yang Seringkali Membuat Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Sulit HematIlustrasi diskon baju (Unsplash/Artem Beliaikin)

Kesalahan paling umum yang banyak dilakukan adalah ketika mudah tergiur dengan diskon. Padahal diskon sebenernya tidak bisa menjadi patokan untuk berhemat.
Kamu tentunya perlu membandingkan banyak hal ketika memutuskan untuk berbelanja. Jangan sampai tergoda diskon, padahal harga di tempat lain justru lebih murah.

2. Memiliki kebiasaan berutang

5 Hal yang Seringkali Membuat Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Sulit HematIlustrasi membayar hutang (Pexels/Karolina Grabowska)

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan untuk berutang atau menggunakan sistem kredit. Hal ini dinilai efektif dan bahkan memudahkan orang.

Kenyataannya jelas tidak demikian sebab kebiasaan berhutang dapat membuatmu kesulitan dalam membayar. Sementara, kebiasaan kredit justru akan membuat harganya jadi tambah mahal.

3. Memiliki lingkungan yang juga boros dalam belanja

5 Hal yang Seringkali Membuat Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Sulit HematIlustrasi orang-orang sedang piknik (Pexels/Elina Fairytale)

Gaya berbelanja dan menggunakan keuangan dari setiap orang tentunya berbeda dan bisa ditentukan oleh orang-orang di sekitar. Kebiasaan borosmu bisa jadi karena orang di sekitarmu juga demikian.

Meski orang-orang di sekitarmu memiliki kebiasaan yang demikian, maka selektiflah dalam menentukan langkahmu. Jangan sampai justru kebiasaan borosmu menyulitkan finansialmu.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Pendapatan Sampingan di Luar Gaji, Jangan Boros!

4. Sulit mengatasi lapar mata

5 Hal yang Seringkali Membuat Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Sulit HematIlustrasi berbelanja (Unsplash/Joshua Rawson-Harris)

Kadang kala memang penyebab dari sulitnya seseorang mengontrol keuangan disebabkan karena lapar mata. Kebiasaan lapar mata ini juga sering sekali terjadi pada saat membelanjakan kebutuhan rumah tangga.

Kamu perlu mengatasi hal ini untuk memastikan keuangan tetap terjaga. Selain itu, kamu juga jadi lebih berhati-hati dalam menentukan apa yang akan dibeli.

5. Tidak memiliki pertimbangan dan perencanaan saat belanja

5 Hal yang Seringkali Membuat Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Sulit HematIlustrasi menghitung kenaikan gaji (Pexels/olia danilevich)

Meski hanya sekadar berbelanja semata, namun kamu perlu melakukan pertimbangan dan perencanaannya. Hal ini tentu dimaksudkan untuk memastikan apa yang kamu beli telah sesuai.

Memiliki pertimbangan yang kurang dengan perencanaan yang tidak matang akan membuatmu sulit dalam berbelanja secara tepat. Efeknya tentu keuangan akan lebih boros.

Tentunya jangan menganggap remeh hal-hal seperti ini sebab akan membuat keuanganmu menjadi sulit hemat. Jangan begini, ya!

Baca Juga: 5 Pertanyaan Paling Umum tentang Keuangan Rumah Tangga

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya