Comscore Tracker

Lakukan 6 Hal Ini Bersama Pasangan Agar Anak-anakmu Gemar Baca Buku

Mulailah mengoleksi buku-buku menarik untuk anak-anakmu!

Membaca buku berbeda dengan gemar membaca buku. Seorang anak bisa saja membaca buku ketika ia diminta gurunya untuk melakukan hal itu misalnya. Namun, menuruti permintaan gurunya untuk membaca buku, tidak berarti ia kemudian bisa dianggap telah gemar membaca buku. Ketika seorang anak telah menganggap buku sebagai sesuatu yang berharga dan ia tidak bisa meninggalkan kecintaannya terhadap buku, juga kegiatan membacanya dalam jangka waktu yang lama, saat itulah seorang anak sudah bisa dikatakan gemar membaca buku.

Akan terasa mudah mengajak seorang anak yang telah gemar membaca untuk membaca buku. Namun, bagaimana kalau anak tersebut belum atau bahkan sama sekali tidak tertarik membaca? Sebagai orang tua, haruskah kita mengajaknya dengan cara memaksanya?

Tentu saja tidak. Cara semacam itu bukan hanya akan membuat seorang anak makin menganggap bahwa aktivitas membaca itu menyebalkan, tapi juga bisa membuat ia tidak merasa nyaman berada dekat-dekat dengan orang tuanya.

Keenam cara yang bisa kamu lakukan bersama pasanganmu berikut ini barangkali bisa membantu agar anakmu gemar membaca buku.

1. Penuhi rumahmu dengan buku

Lakukan 6 Hal Ini Bersama Pasangan Agar Anak-anakmu Gemar Baca BukuBurst.shopify/Matthew Henry

"Buku memang tidak diciptakan untuk menjadi perabot rumah tangga, tapi tak ada hal lain yang dapat menghias sebuah rumah secantik buku."---Henry Ward Beecher

Memenuhi rumah dengan buku di sini maksudnya bukan mengganti semua perabot rumah tanggamu dengan buku, tapi jadikanlah buku sebagai bagian yang tak terpisahkan dari rumahmu dan pasanganmu. Letakkan buku di mana pun di setiap sudut dalam rumah agar buku menjadi benda yang terasa tak asing lagi di mata anakmu. Kamu bisa meletakkan buku-buku di ruang tamu, di kamar tidur anak, di teras, di sudut dapur, bahkan di kamar mandi jika memungkinkan.

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan itu semua. Tidak mesti ditempatkan dalam rak buku khusus. Cukup tempatkan buku-buku tersebut di dalam keranjang besar yang bisa kamu letakkan di dekat set meja dan kursi ruang tamumu misalnya, atau manfaatkan slot dalam lemari hiasmu yang masih kosong. Bisa juga menyusun buku-buku tersebut sedemikian rupa sebagai dekorasi di atas meja, termasuk meja pajangan atau meja belajar yang terdapat dalam kamar anakmu.

2. Lakukan read aload dengan anakmu minimal 10 menit setiap harinya

Lakukan 6 Hal Ini Bersama Pasangan Agar Anak-anakmu Gemar Baca BukuPexels/Tookapic

"Di pangkuan orang tua merekalah anak-anak dibentuk menjadi seorang pembaca."---Emilie Buchwald

Read aload adalah kegiatan membacakan buku kepada anak dengan suara keras. Menurut Paul Jennings dalam bukunya The Reading Bug and How You Can Help Your Child to Catch It, membacakan buku untuk anak adalah salah satu hal yang paling berharga yang dapat kita lakukan untuk mereka. Aktivitas membacakan buku untuk anak tidak hanya bisa menciptakan ikatan antara orang tua dan anak menjadi lebih dekat, tapi juga dapat membiasakan bahasa anak dengan bahasa buku, sehingga kelak anak-anak akan siap dengan struktur kalimat sebuah buku ketika ia sudah bisa membaca sendiri.

Tidak butuh waktu lama, cukup 10 menit setiap harinya. Aktivitas read aload bisa dilakukan dari sejak anak masih berada dalam kandungan hingga usia berapa pun. Bahkan hingga saat anakmu sudah mampu membaca buku sendiri sekalipun.

Temukan waktu dan tempat yang tepat agar kegiatan read aload bersama anakmu bisa berlangsung nyaman dan mengasyikkan. Bisa juga diselingi dengan melakukan permainan tebak-tebakan misalnya. Kamu bisa melakukannya secara bergantian dengan pasanganmu atau melakukannya bersama-sama.

Penting untuk membacakan buku yang satu atau dua tingkat di atas kemampuan membaca anak. Penting juga untuk mengetahui buku apa saja yang menarik perhatian anakmu.

3. Berikan anakmu hadiah buku yang berkaitan dengan minatnya setiap kali ia berhasil melakukan sesuatu

Lakukan 6 Hal Ini Bersama Pasangan Agar Anak-anakmu Gemar Baca BukuPixabay/congerdesign

Setiap kali anakmu berhasil melakukan sesuatu, sekecil apa pun, hargailah dan beri apresiasi atas usahanya itu dengan cara memberikannya hadiah buku. Kamu bisa memberikannya buku-buku yang disukai dan diinginkannya. Dengan begitu ia akan terbiasa menganggap bahwa buku adalah sesuatu yang istimewa dan berharga.

Memilih buku-buku yang isinya ada kaitannya dengan minatnya bisa sangat membantu memunculkan kecintaannya terhadap buku dan terhadap aktivitas membaca buku.

Baca Juga: Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Buku

4. Bawalah buku ke mana pun kamu dan anakmu pergi bersama

Lakukan 6 Hal Ini Bersama Pasangan Agar Anak-anakmu Gemar Baca BukuBurst.shopify/Matthew Henry

Upaya mendekatkan buku kepada anak tidak hanya bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa melakukannya di mana pun kamu dan anakmu berada dengan cara mengupayakan agar tak sampai lupa menyertakan buku ke mana pun kalian pergi.

Memanfaatkan waktu untuk membaca buku ketika menunggu misalnya, secara tidak langsung akan menanamkan kecintaan dan kebiasaannya membaca buku. Kebiasaan yang sudah tertanam sejak kecil akan memengaruhi kebiasaannya saat ia dewasa kelak.

Dengan membiasakan diri menyertakan buku dan kegiatan membaca buku ke mana pun kamu dan anakmu pergi, anakmu akan mengerti bahwa kegiatan membaca buku adalah aktivitas yang penting, yang dilakukan bukan sekadar untuk membunuh waktu luang, melainkan lebih dari itu, membaca buku juga dapat dijadikan sebagai bentuk menghargai diri sendiri.

5. Tunjukkan kepadanya kalau kamu dan pasanganmu juga gemar membaca buku

Lakukan 6 Hal Ini Bersama Pasangan Agar Anak-anakmu Gemar Baca BukuBurst.shopify/Shopify Partners

Anak-anak biasanya mencontoh apa saja yang dilakukan orang dewasa. Di rumah, sebagai orang tuanya, kamu dan pasanganmulah yang perilakunya akan lebih banyak dicontoh olehnya. Maka, sebelum membuat anakmu gemar membaca buku, penting untuk mencontohkan lebih dulu bahwa kamu dan pasanganmu adalah orang tua yang gemar membaca. Dengan begitu ia akan terbiasa melihat aktivitas orang membaca buku.

Cara semacam ini adalah cara termudah untuk membuatnya tertarik pada buku sebelum kemudian berlanjut pada kegemarannya membaca. Selain melalui read aload yang bisa kamu lakukan sejak anakmu masih berada dalam kandungan, melalui cara inilah kamu dan pasanganmu bisa mulai mengenalkannya pada aktivitas membaca buku.

6. Tunjukkan kepadanya orang-orang hebat yang memiliki kegemaran membaca buku

Lakukan 6 Hal Ini Bersama Pasangan Agar Anak-anakmu Gemar Baca Bukuvox.com

Menunjukkan kepadanya orang-orang hebat yang memiliki kegemaran membaca buku, secara tidak langsung memberitahunya bahwa betapa kegiatan membaca buku bisa begitu bermanfaat dan berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang sehingga ia terpacu dan termotivasi untuk juga bisa mencontoh mereka.

Untuk membuat seorang anak gemar membaca buku memang tidak mudah. Butuh kerja sama yang solid antara dirimu dan pasanganmu untuk saling mendukung upaya yang kalian lakukan bersama. Maka jangan ragu untuk saling berkomunikasi dan berdiskusi tentang apa saja terkait perkembangan kegemaran membaca anakmu.

Tertarik mencoba? Mulailah mengoleksi buku-buku yang menarik untuk anak-anakmu!

Baca Juga: Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Buku

El Rui Photo Verified Writer El Rui

Penghuni Pluto. Gemar menulis hal-hal remeh dan berpikir aneh-aneh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya