Comscore Tracker

Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Buku

Karena membaca adalah jendela dunia

Apakah salah satu resolusimu di tahun 2019 ini adalah bisa lebih rutin membaca buku? Jika iya, bagaimana progresnya hingga hari ini? Bila sampai detik ini kamu masih kesulitan mencari celah agar lebih terbiasa dengan kegiatan membaca, agaknya kamu perlu coba tips sederhana ini.

Tapi ingat, tips ini hanya berlaku kalau kamu benar-benar berkomitmen untuk bersahabat dengan buku ya. Berani coba?

1. Luangkan waktu untuk baca buku di pagi hari sebelum memulai beraktivitas

Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Bukupexels.com/Pixabay

Saat pagi hari, kondisi tubuh dan pikiran masih segar dan jernih. Apalagi sesaat setelah kamu mandi atau sarapan. Cuaca yang sejuk akan makin membuatmu bersemangat untuk beraktivitas.

Nah, sebelum kamu disibukkan dengan kegiatan rutin di kantor atau kampus, kamu bisa sempatkan dulu membaca 10-15 lembar halaman buku yang ingin kamu baca. Ini akan jadi awal yang baik untuk memulai hari barumu.

2. Bawalah buku yang sedang kamu baca ke kantor, ke kampus, atau ke mana pun kamu pergi

Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Bukuunsplash.com/Vadim Fomenok

Agar buku yang sedang kamu baca bisa lekas tamat dibaca, solusinya adalah membawanya ke mana pun kamu pergi. Dengan begitu, kapan saja kamu punya waktu luang, kamu bisa langsung ambil bukumu dan membacanya.

Ketika istirahat siang di kantor, kamu bisa sempatkan baca beberapa halaman. Saat menunggu dosen datang, kamu bisa lanjutkan 3-5 halaman. Bahkan kamu bisa membacanya saat menunggu transportasi umum yang akan kamu naiki.

Baca Juga: 10 Kebaikan Hakiki Kenapa Membaca Itu Perlu Ditekuni

3. Coba luangkan waktu untuk membaca buku sebelum tidur

Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Bukupexels.com/Lina Kivaka

Alih-alih buka feed Instagram untuk kepoin akun si dia, kamu bisa memanfaatkan momen sebelum tidur untuk meneruskan membaca buku yang sedang ingin kamu rampungkan.

Tempat tidur menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk bersantai sekaligus baca buku. Gak perlu muluk-muluk baca sampai ratusan halaman. Kalau matamu dirasa sudah lelah dan mengantuk, kamu bisa lanjutkan baca esok hari.

4. Bila kamu bosan dengan suasana di rumah atau kantor, kamu bisa sempatkan datang ke perpustakaan untuk melanjutkan aktivitas baca bukumu

Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Bukupexels.com/Pixabay

Kamu yang sudah gak lagi kuliah, pasti sudah jarang ya pergi ke perpustakaan. Padahal, jalan-jalan ke perpustakaan bisa jadi salah satu motivatormu untuk lebih rutin baca buku lho.

Kamu bisa gunakan waktu luang di akhir pekan untuk berkunjung ke perpustakaan daerah atau perpustakaan di kampus tempat kamu dulu kuliah. Selain suasananya lebih tenang, kamu bisa meluangkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan membaca buku.

5. Terakhir, kamu bisa ciptakan pohon literasi untuk makin menyemangatimu membaca buku

Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Bukuzielusiana.com

Kamu bisa gambar sebuah pohon literasi di selembar kertas karton lalu memajangnya di dinding kamar. Pohon literasi ini akan tumbuh makin subur kalau kamu rutin menyiramnya dengan halaman demi halaman buku yang kamu baca. Dari pohon ini kamu bisa melihat progres aktivitas baca bukumu setiap hari atau setiap minggu. Semakin banyak daun dan buahnya, artinya makin rajinlah kamu baca buku setiap hari.

Asyik kan?

Percayalah, membaca buku itu gak mesti dilakukan berjam-jam dalam sekali waktu kok. Kamu bisa melakukannya walau hanya 30 menit setiap kali membaca.

Sesuatu yang hanya dilakukan sebentar namun rutin akan lebih baik daripada gak dilakukan sama sekali. So, ayo lebih semangat baca buku tiap hari dengan tips-tips tadi ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Menulis Buku Harian Bisa Membantu Melegakan Pikiran

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya