Comscore Tracker

5 Alasan Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Dini

Sesuaikan pemahaman tentang  seks berdasarkan usia anak

Membicarakan masalah seks dengan anak masih menjadi hal yang rabu bagi sebagian besar orang tua. Namun, dengan memberikan pemahaman tentang seks kepada anak-anak sejak dini dapat mengurangi risiko seks bebas ketika anak sudah beranjak dewasa.

Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, di mana kasus seks bebas dan hamil di luar nikah mengalami peningkatan setiap tahunnya, terutama di kalangan remaja. Tentunya hal tersebut terjadi karena sang anak kurang mendapatkan pemahaman dari bahaya seks bebas tersebut.

Nah, berikut 5 alasan mengapa pendidikan seks perlu diterapkan sejak usia dini.

1. Agar anak memahami dan menerima perubahan fisik dan emosional yang ia alami

5 Alasan Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Dinipexels.com/iqwan alif

Alasan pertama mengapa pendidikan seks perlu diterapkan sejak usia dini adalah agar anak dapat memahami dan menerima perubahan fisik dan emosional yang ia alami. Pendidikan seks gak hanya membahas tentang hubungan seks saja lho, namun juga membahas tentang perubahan apa saja yang akan terjadi pada saat masa pubertas, seperti perubahan fisik dan emosional.

Sebaiknya orang tua memberikan pemahaman secara terperinci mengenai perubahan-perubahan apa saja yang akan dialami sang anak ketika ia nanti memasuki masa pubertas, serta hubungan dari perubahan tersebut dengan perilaku seks, agar nanti sang anak tidak terkejut dan bersikap bijaksana saat ia memasuki masa pubertas.

Orang tua juga harus lebih memperhatikan lingkungan pergaulan sang anak ketika ia sudah beranjak remaja, karena faktor lingkungan pergaulan juga berdampak besar bagi masa depan sang anak. 

2. Agar anak memiliki kesadaran akan pentingnya masalah seksualitas

5 Alasan Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Dinithejakartapost.com

Para orang tua tidak perlu khawatir akan dampak dari pemberian pendidikan seks sejak dini, karena pendidikan seks dapat disesuaikan dengan usia sang anak sehingga akan lebih memudahkan bagi sang anak untuk mencerna pemahaman yang diberikan orang tua padanya.

Sebaiknya, berikan penjelasan pada sang anak tentang bagian tubuh mana saja yang boleh dilihat orang lain, dan yang tidak boleh dilihat orang lain, serta bagian tubuh mana saja yang boleh dipegang orang lain dan yang tidak boleh dipegang. Selanjutnya, beri ia pemahaman akan kemungkinan bahaya yang akan terjadi jika hal-hal yang tidak boleh tersebut dilanggar. 

Dengan demikian, sang anak akan lebih berhati-hati dalam menjaga dirinya dan tidak melakukan hal tersebut pada orang lain, sehingga risiko pelecehan seksual terhadap anak pun dapat dihindari.

3. Meningkatkan percaya diri anak dalam pergaulan

5 Alasan Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Dinipexels.com/samer daboul

Dengan adanya pendidikan seks dari orang tua, maka secara tidak langsung kepercayaan diri anak akan tumbuh. Ia akan lebih percaya diri pada lingkungan pergaulannya. Selama ia bisa menjaga dirinya dengan baik, dan memahami batasan apa saja yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan, maka bergaul dengan lawan jenis pun tetap akan membuat mereka merasa aman dan nyaman. 

Baca Juga: BKKBN: Film Dua Garis Biru Membantu Sosialisasikan Pendidikan Seks

4. Menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat

5 Alasan Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Dinipexels.com/victoria borodinofa

Nah, ini dia salah satu alasan terpenting adanya pendidikan seks pada usia dini, yaitu agar dapat menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat. Di era yang digital ini tidak sulit bagi anak-anak untuk mendapatkan informasi seputar seks dari internet. Pengaruh dari lingkungan pergaulan memiliki peranan yang cukup besar dalam mengakses konten-konten dewasa tersebut.

Oleh sebab itu, selain memberikan edukasi tentang seks pada anak, sebaiknya hindarkan anak dari pergaulan yang kurang baik, dan batasi pergaulan anak dengan orang dewasa kecuali dari pihak keluarga. 

5. Mampu mengomunikasikan secara terbuka masalah seks dengan orang tuanya

5 Alasan Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Diniverywellmind.com

Pembicaraan tentang seks merupakan hal yang sangat sensitif, apalagi jika dibicarakan pada anak yang mulai pubertas. Namun sebaiknya hal tersebut tetap harus dilakukan orang tua agar anaknya tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menghilangkan kecanggungan dengan anak, sebaiknya orang tua memosisikan dirinya sebagai sahabat anaknya, dan memberikan penjelasan tentang seks dengan gaya bahasa yang santai dan tidak ada unsur menghakimi.

Dengan demikian, anak akan lebih nyaman membicarakan tentang seks dengan orang tua, yang nantinya bisa membuat anak menjadi pribadi yang jujur dan terbuka pada orang tuanya. 

Nah, itulah 5 alasan mengapa perlunya menerapkan pendidikan seks sejak usia dini. Semoga bermanfaat ya! 

Baca Juga: 6 Manfaat Pendidikan Seks Sejak Dini Untuk Anak

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya